istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
porno izleporno izleporno izleporno izleporno izlepornopornopornopornopornopornopornoporniocoolpornpornspotsex pornosex pornosex pornosex hikayesex hikaye
NEWS GADGET

UniPin Prediksikan Industri Esports Akan Capai Puncak di 2022

NanaMiku   14 Jan 2022
UniPin Prediksikan Industri Esports Akan Capai Puncak di 2022

Menyambut tahun 2022, UniPin Community (UNITY) menyelenggarakan webinar bulanan. Webinar di Januari 2022 ini memiliki tajuk “Esports: Potret Kondisi dan Prediksi Trend di 2022” yang akan membahas proyeksi dan trend esports di 2022 secara mendalam. Webinar ini dilakukan secara online lewat Zoom dan ditayangkan secara langsung di kanal YouTube UniPin Gaming pada Jumat, 7 Januari 2022.

Perubahan gaya hidup dan kebiasaan masyarakat akibat pandemi yang terus berlangsung hingga dua tahun ini. Berbagai perubahan yang menjadi peluang sekaligus ancaman bagi berbagai industri, termasuk industri esports. Webinar ini memprediksi tren dan perubahan apa saja yang dialami industri esports di 2022, dan pembicaranya adalah Irliansyah Wijanarko selaku Co-Founder & Chief Growth Officer RevivaLTV dan Ricky Setiawan selaku Founder & Chief Executive Officer GGWP.ID.

Berdasarkan data yang dihimpun tim GGWP.ID per November 2021, Ricky memaparkan bahwa pertumbuhan jumlah gamers sejak tahun 2016 hingga 2020 meningkat secara drastic, salah satunya karena dirilisnya berbagai game mobile seperti Mobile Legends (2016), Free Fire (2017), dan PUBG Mobile (2018). Sebuah studi yang dilakukan Vero dan Decision Lab baru-baru ini mencatat jumlah stakeholder industri esports di Indonesia sudah mencapai 52 juta orang, baik sebagai pemain, pelatih, analis, dan sebagainya. Jumlah ini tentunya diprediksi akan terus meningkat di kemudian hari.

Esports 2022, Bertumbuh Cepat dan Menjadi Bagian dari Gaya Hidup

Hingga 2021, genre game esports yang masih digemari di Indonesia adalah MOBA dan survival dengan total 54% market share diperoleh Mobile Legends dan 25% diraih oleh Free Fire. Namun hal ini tidak menutup peluang masuknya dna berkembangnya game dengan genre lainnya di 2022 ini.

“Generasi yang lebih tua akan mulai bermain game esports. Peluang untuk genre alternatif selain MOBA dan game survival untuk berkembang akan semakin besar. Selain itu, game esports untuk pasar gamer perempuan memiliki prospek yang sangat baik memasuki tahun-tahun yang akan datang,” terang Ricky.

Irli dari RevivaLTV mendukung pertanyaan tersebut tentang pertumbuhan industri dan pasa esports. Menurutnya, kegiatan yang berkaitan dengan industri gaming dan esports kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Di 2022, Irli memprediksi industri esports akan menjadi bagian dari gaya hidup, tidak hanya bagi para penggemar game, tetapi juga masyarakat secara umum.

Jika anak-anak kelahiran tahun 90-an tumbuh dengan menonton tayangan kartun televisi di Minggu pagi, atau game konsol dan PC dengan fitur yang masih terbatas, generasi kelahiran 2000-an tumbuh dengan gadget dan smartphone di tangannya. Difasilitasi teknologi, esports dan game online tumbuh beriringan bersama generasi muda saat ini, sehingga kegiatan bermain game yang semula hanya dilakukan untuk hiburan dan melepas stress, kini bisa menjadi salah satu alternatif pilihan karir yang menjanjikan.

“Di tahun 2022 ini, esports akan banyak merambah ke bagian dari lifestyle. Tidak hanya soal kompetisi, tapi juga menyentuh lifestyle para gamers. Barang-barang seperti merchandise, smartphone dengan fitur yang mendukung kegiatan bermain game, outfit yang mirip dengan para gamers idola, akan menjadi produk yang laku di 2022,” terang Irli.

Setiap bulannya, UNITY aktif mengadakan wadah edukasi mengenai industri esports. Seluruh webinar UNITY yang terselenggara rutin setiap bulannya bisa kalian tonton kembali di kanal YouTube UniPin – UniPin Gaming. Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan UNITY, UniPin Academy, dan webinar lainnya bisa kalian dapatkan langsung dari akun Instagram resmi UniPin Community @unipincommunity.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top