REVIEW

Uniknya Jadi Pengatur Lalu Lintas Terbaik dalam Intersection Controller

Andy Chan   21 Nov 2017
Uniknya Jadi Pengatur Lalu Lintas Terbaik dalam Intersection Controller

Kemacetan diakibatkan padatnya kendaraan di jalanan tentunya sudah menjadi santapan sehari-hari bagi para pengendara mobil di kota-kota besar, terutama di ibukota negara Indonesia, yakni Jakarta. Belum lagi jika ditambah dengan orang-orang yang merasa jalanan itu milik orangtuanya sendiri, sehingga dengan beraninya melanggar aturan lalu lintas, seperti menerobos lampu merah, melawan arus, dan sebagainya.

Namun, pernahkan Anda membayangkan bagaimana rasanya apabila Andalah yang bertugas untuk mengatur lampu lalu lintas di persimpangan yang sibuk di tengah kepadatan kendaraan? Itulah tema yang dibawakan oleh ShadowTree dalam sebuah game mengatur lampu lalu lintas yang unik dan berjudul Intersection Controller.

Intersection Controller membawa Anda menjadi pengatur lampu lalu lintas di berbagai macam persimpangan yang disediakan, baik itu buatan ShadowTree sendiri atau pun buatan komunitas dari game ini. Mode utama dari game ini adalah mengatur lalu lintas sampai bisa mencapai target nilai tertentu, namun juga ada mode untuk bermain selamanya dengan bebas serta mode highscore untuk mengadu skor dengan para pemain lainnya dari seluruh dunia.

Pengendalian permainannya benar-benar sederhana, pemain hanya perlu menyentuh lampu lalu lintas yang diinginkan saja untuk mengubahnya dari warna hijau menjadi warna kuning dan sebentar kemudian menjadi warna merah, membuat para pengemudi berhenti, atau menyentuh lampu warna merah agar menjadi warna hijau dan para pengendara mobil pun bisa kembali lanjut berjalan.

Kecelakaan akan terjadi apabila pemain melakukan kesalahan dalam mengatur lalu lintas, sehingga dua kendaraan pun beradu dan menyebabkan kecelakaan beruntun serta kemacetan. Bangkai kendaraan tersebut akan hilang setelah beberapa waktu, dan pemain pun bisa melanjutkan permainan dengan menyentuh kendaraan yang berhenti agar mereka bisa berjalan kembali. Tapi, setiap kecelakaan ini terjadi, skor pemain akan berkurang, sehingga ada baiknya untuk mencegah agar kecelakaan jangan sampai terjadi apabila ingin mendapatkan skor tertinggi.

Selain mode normal, juga tersedia mode Simulasi dimana pemain bisa menikmati pemandangan lalu lintas tanpa perlu khawatir mengenai kecelakaan atau pun mengatur lampu sama sekali. Juga, ada mode untuk menciptakan sebuah persimpangan jalan sendiri, lengkap dengan level editor dan kemampuan untuk berbagi peta tersebut dengan para pemain lainnya via Internet.

Intersection Controller memiliki tampilan yang dilihat dari atas, dengan mobil-mobil yang bagaikan miniatur dalam sebuah maket dan diorama. Mobil-mobil ini bergerak dengan mulus, dan setiap kecelakaan akan mengakibatkan terhentinya lalu lintas. Pemandangan dari Intersection Controller ini juga benar-benar dinamis. Ada siang dan malam, bahkan ada perubahan cuaca yang terjadi secara real time, yang menyebabkan perubahan pencahayaan yang memukau. Game-nya juga bisa dimainkan secara portrait mau pun landscape, sesuai dengan selera.

Game pengaturan lampu lalu lintas buatan ShadowTree ini merupakan sebuah game free-to-play yang sebenarnya membutuhkan koneksi Internet. Namun, apabila dia tidak menemukan ketersediaan Internet untuk urusan skor tertinggi secara global serta menyajikan peta-peta buatan orang lain, maka game ini bisa dimainkan secara offline. Sesekali bakal dihadirkan video iklan, namun secara garis besar, tidak akan sampai mengganggu. Tidak ada mikrotransaksi sama sekali di dalam game-nya, dan juga tidak ada sistem stamina, jadi bisa dimainkan secara bebas, kapan pun, di mana pun.

Memang, mendengar sebuah game mengenai pengaturan lalu lintas, rasanya seperti sesuatu yang membosankan. Namun, jangan salah, karena ada satu cara lagi untuk memainkan Intersection Controller, yaitu pada mode Unlimited, dimana Anda justru bisa dengan sengaja menyebabkan sebanyak mungkin kecelakaan pada persimpangan jalan yang padat. Dan, percayalah, hal tersebut jauh lebih asyik jika dibandingkan dengan mendapatkan skor tertinggi. Benar-benar sebuah game yang cocok untuk menghilangkan stress. Segeralah install game mungil yang berukuran 30MB Intersection Controller ini di ponsel pintar Anda sekarang juga!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top