LOADING
REVIEW

Uji Ketepatan & Kecepatan Jarimu di Game Dropple

Litalia   16 Nov 2016
Uji Ketepatan & Kecepatan Jarimu di Game Dropple

Game dimainkan orang atas berbagai alasan. Me-refresh kembali kinerja otak, memanfaatkan waktu senggang, mengalihkan perhatian, dan berbagai alasan lainya. Masing-masing orang memiliki kesenangan atas tipe game yang berbeda pula.

Secara sederhana, game umumnya bisa dibedakan atas beberapa kategori. Ada game yang berfokus untuk mengasah kecerdasan otak pengguna, ada yang mengasah strategi perencanaan pengguna, dan ada pula yang menguji kecepatan dan ketepatan jari pengguna. Dropple adalah game dengan kategori yang ketiga, dimana kemenangan akan didapat jika Anda memiliki kecepatan dan ketepatan dalam menyusun balok sebagai tangga pijakan bola yang turun ke bawah. Jika Anda salah menekan alias tak tepat meletakkan balok, bola akan tergelincir jatuh dan permainan berakhir. Lantas, mengulang dari awal.


Tampilan depan Dropple

Ya, aturan dasar permainan Dropple adalah Anda sebagai seorang pemain harus membantu bola untuk memantul menuruni sebuah tangga panjang yang akan Anda buat. Buatlah pijakan-pijakan di depannya seiring dengan kecepatan yang terus meningkat. Ketuk untuk meletakkan pijakan di depan bola yang akan memantul, tapi pastikanlah agar Anda dapat menempatkannya sesuai dengan sudut mengikuti arah jatuhnya bola. Jika tidak, permainan akan selesai. Meletakkan terlalu jauh ke samping, dan bola Anda akan mengenai pijakan pada suatu sudut dan terpental jauh. Tetapi, jika Anda ragu-ragu dan memakan waktu terlalu lama untuk meletakkan pijakan, bola akan memantul jauh dari tepi tangga. Di situlah tantangan permainan Dropple untuk Anda taklukkan.

Apakah sebagai seorang pemain, Anda akan bermain dengan bagus dan pelan? Memastikan setiap pijakan diletakkan dengan tepat? Atau, bermain lebih cepat dan meletakkan beberapa pijakan dengan cepat untuk mengawalinya lebih dulu? Dropple mungkin tampak sederhana pada awalnya, tetapi strategi tentu saja memiliki peran tersendiri. Selain itu, kecepatan dan ketepatan Anda mengikuti pergerakan bola sangat menentukan hasil akhir permainan Anda.

Dropple sebenarnya adalah sebuah game hasil adaptasi dari Stairway. Aplikasi ini cocok untuk segala usia dengan arah permainan yang menarik. Dengan tampilanya yang menggunakan grafis 3D penuh warna-warni dan memikat, Dropple akan terlihat dan terasa hebat serta menantang lebih dan lebih, seiring kemajuan Anda dalam permainan ini.

Dropple, The Mascoteers dan Ciri Khasnya

Seperti mungkin sudah diketahui, sejak Anda mengklik Dropple untuk masuk ke dalam permainannya, tampilan pertamanya adalah tulisan “The Mascoteers.” Tak lain merupakan pengembang dari Dropple, The Mascoteers adalah perusahaan pengembang game dari Australia. Mereka adalah sebuah tim yang berdedikasi penuh atas pengerjaan proyek. Terdiri atas individu-individu yang kreatif serta berbakat dengan keterampilan luar biasa, The Mascoteers terletak di Melbourne dan Dhaka.

Fokus The Mascoteers adalah mengembangkan game dengan tujuan menghibur atau sarana rekreasi. Kesenangan dalam bermain menjadi tujuan utama dalam pengembangan game. Hal ini jelas terlihat pada beberapa game yang menjadi keluaran The Mascoteers. Seperti pada game 360 Degree, Swiperoo, Circlify, dan juga Dropple. Selain pada OS Android, The Mascoteers juga mengembangkan game pada Apple.


Perbandingan permainan antara
360 Degree, Circlify, dan juga pada Dropple

Kalau coba dicermati, setiap game keluaran The Mascoteers setidaknya memiliki ciri khas yang menonjol. Yakni, menguji kecepatan dan ketepatan pemain dalam memainkan game. Sebut saja pada game 360 Degree, Circlify, dan juga pada Dropple. Masing-masing memiliki ciri khas yang sama.

  1. 360 Degree: Memantul dalam lingkaran

Sebelum dikeluarkannya Dropple, The Mascoteers sebenarnya telah banyak mengeluarkan game dengan ciri permainan yang sama. Salah satunya adalah 360 Degree. Game ini memiliki alur permainan, bola memantul di dalam lingkaran untuk mengenai sebuah berlian di tengah. Selain mengarahkan bola agar memantul mengenai berlian, syaratnya sebagai pemain, Anda juga harus menjaga agar bola Anda tak memantul pada gigi-gigi tajam yang menempel pada lingkaran. Gigi-gigi ini jumlah dan letaknya tak menentu. Selalu berubah setelah bola memantul. Jika bola terkena gigi-gigi tajam ini, dipastikan bola akan meledak dan permainan berakhir.

Terlihat bahkan kemasan dalam permainan 360 Degree berbeda dengan Dropple. Tetapi, yang diuji dalam kedua permainan sebenarnya sama. Yakni, ketepatan dan kecepatan Anda dalam mengarahkan.

  1. Circlify: Tembakan Sinar

Satu lagi game keluaran The Mascoteers yang memiliki kemasan berbeda, tetapi memiliki cara permainan yang serupa dengan Dropple. Menguji kecepatan dan ketepatan, yakni Circlify. Dalam permainan game Circlify, Anda sebagai pemain akan dipaksa mengarahkan sinar pada patahan lingkaran. Ceritanya, sinar itu berasal dari sorot lampu yang berada di tengah lingkaran. Lingkaran memiliki patahan yang tak tertutup. Dalam kondisi lingkaran yang berputar ke kanan dan ke kiri, pemain harus mengarahkan sinar tepat pada patahan tersebut. Sekali pemain gagal, permainan akan berulang alias mulai dari awal.

Jika dibandingkan dengan Dropple, antara 360 Degree dan Circlify sebenarnya memiliki tipe permainan yang sama. Hanya kecepatan dan ketepatan Anda yang diuji. Tetapi, apakah ketika mampu menaklukkan 360 Degree atau Circlify, Anda secara otomatis juga mampu menaklukan Dropple? Semua patut dibuktikan sendiri.

Ujian dalam Dropple dan Game Sejenis

  1. Ketepatan

Setidaknya, hal yang akan menyebabkan pemain keluar sebagai pemenang dalam permainan Dropple adalah ketepatannya dalam menekan layar smartphone untuk meletakkan tangga. Jika tangga diletakkan dalam posisi yang tepat, permainan akan terus berlanjut sampai pemain menuntaskan misi menurunkan bola tanpa tergelincir. Sebaliknya, ketepatan yang buruk dalam permainan ini tidak akan pernah menyelesaikan misi. Sepertinya, terdengar sederhana, tetapi jika pemain tak pernah menguji ketepatannya, permainanya dipastikan akan cepat berakhir.

  1. Cepatan

Kecepatan selalu berkaitan dengan tingkat konsentrasi pemain. Makin berkonsentrasi, makin cepat pula permainanya. Itulah mengapa, peneliti dari Universitas Rochester mengungkapkan bahwa game akan mampu meningkatkan tingkat fokus seseorang saat dibutuhkan. Perhatian visualnya akan semakin meningkat. Sama juga dalam permainan Dropple, kecepatan anda dalam menekan layar smartphone anda jadi kunci keberhasilan anda.

  1. Keberanian

Selain pada kecepatan dan ketepatan, ketika bermain game Dropple, Anda pasti seolah-olah menjadi bola atau tangga itu sendiri. Jadi, selama proses permainan, Anda seolah-olah takut untuk jatuh. Apalagi ketika permainan telah pada tingkat yang manarik, tekanan untuk jatuh akan semakin besar. Maka, pastikanlah Anda memiliki keberanian untuk mengambil pilihan.

Dropple tetaplah permainan yang menarik bagi Anda yang menyukai tipe game dengan tampilan sederhana. Anda hanya akan disuguhi bola yang menurun mengikuti tangga yang Anda buat. Meski demikian, Anda pasti akan terhibur.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top