NEWS

Uji Kemampuan Bedakan Berita Asli atau Hoax dengan Factitious!

Dikdok   09 Jul 2017
Uji Kemampuan Bedakan Berita Asli atau Hoax dengan Factitious!

Berita hoax telah menjadi ancaman serius bagi para pengguna internet sekarang ini. Pasalnya, selain memberikan penyimpangan opini bagi masyarakat, berita hoax ini juga terus menyebar dengan sangat cepatnya, sehingga masyarakat jadi tidak bisa membedakan mana informasi yang akurat dan yang hoax. Mirisnya lagi, berbagai media sosial raksasa yang dirasa cukup kompeten pun tampaknya cukup kerepotan dalam menghadapi mau pun menanggulangi permasalahan ini.

Sepertinya turut merasakan ancaman tersebut, seorang mantan jurnalis asal Amerika Serikat (AS) yang bernama Maggie Farley telah mencoba untuk menciptakan sebuah permainan yang mengajak para pemainnya untuk bisa mengidentifikasi hoax atau tidaknya sebuah berita.

Dinamakan sebagai Factatious, permainan ini memiliki tampilan antarmuka yang terasa mirip dengan aplikasi kencan online Tinder. Cara bermainnya pun cukup sederhana. Sebagaimana dilansir dari Ubergizmo, pemain akan diberikan berbagai artikel berita. Setelah membaca artikel-artikel tersebut, pemain harus menentukan apakah artikel berita tersebut adalah asli atau hoax. Pemain bisa melakukan swipe ke arah kiri jika menilai artikel berita itu sebagai hoax. Sebaliknya, bisa dilakukan swipe ke arah kanan jika artikel berita tersebut menurut mereka adalah asli.

Setelah melakukan swipe ke arah kiri atau ke kanan, mereka nantinya akan mendapatkan feedback berupa salah atau benar, serta sumber dari mana artikel berita itu diambil.

Farley pun menjelaskan adanya sisi yang menarik mengenai pembuatan permainan ini. Menurutnya, walau pun bisa dimainkan oleh semua umur, permainan ini sebenarnya lebih ditujukan bagi generasi milenial dan Z yang kini berada di bangku sekolah dan universitas. Farley beranggapan bahwa kedua generasi tersebut merupakan mereka yang kini harus bisa melek akan berita-berita yang ada.

Bersama dengan rekannya Bob Hone, Farley menggarap Factitious dengan dukungan dari Knight Foundation. Ia juga berencana untuk mengajak anggota-anggota redaksi dari berbagai media, para guru, dan bermacam organisasi untuk ikut bermain game ini, agar mereka lebih menyadari akan ancaman berita hoax di internet.

Untuk dapat memainkan permainan ini, pengguna bisa langsung memainkannya dari smartphone atau juga desktop via browser. Untuk memainkannya, Anda bisa langsung masuk pada tautan berikut.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top