REVIEW

TV Empire Tycoon: Mengurus Stasiun TV secara Idle

Andy Chan   19 Feb 2021
TV Empire Tycoon: Mengurus Stasiun TV secara Idle

Apakah kalian siap untuk membangun sendiri kerajaan TV kalian? Cobalah untuk terjun ke dunia bisnis pertelevisian dan buat sendiri acara TV kalian. Apakah kalian bisa mendapatkan rating yang tinggi? Itulah sekilas mengenai game yang berjudul TV Empire Tycoon, persembahan dari Codigames.

Menjadi Manager Bisnis Pertelevisian

Sesuai judulnya, dalam TV Empire Tycoon, pemain akan berperan sebagai seorang pemilik stasiun TV yang berusaha untuk meningkatkan rating acara TV-nya. Mulailah menjalankan sebuah acara TV dan tingkatkan reputasi stasiun TV tersebut, lalu rubahlah studio TV mu yang kecil itu menjadi studio TV yang besar dan sukses.

Tipe Permainan Idle

Nah, sampailah pada cara memainkan TV Empire Tycoon, yang ternyata sebenarnya adalah sebuah game idle. Meskipun begitu, game ini tidak bisa dibilang sebagai game idle belaka, karena pemain memiliki kendali yang sangatlah rumit dan cukup kompleks. Untuk menghasilkan sebuah acara berita misalnya, pertama-tama pemain harus merekrut seorang presenter, lalu seorang kameraman. Mereka akan secara otomatis memproduksi acara tersebut, dan kemudian menghasilkan uang untuk membeli upgrade pada studio yang digunakan.

Mengurus sebuah Studio TV

Tapi pemain tidak berhenti di situ saja, karena ada banyak elemen-elemen di bagian belakang layar yang harus diurus olehnya. Misalnya membeli ahli rias untuk merias si presenter, lalu merekrut cleaning service untuk membersihkan ruang istirahat, atau bahkan merekrut seorang teknisi untuk memastikan agar alat-alat yang digunakan untuk shooting itu senantiasa berjalan dengan baik.

Manajemen Keuangan

Selain mengurus kelancaran bisnis pertelevisian, pemain juga harus senantiasa memperhatikan antara untung-rugi usahanya. Jangan sampai merekrut orang terlalu banyak, padahal pemasukan masih belum memadai, karena hal itu akan membuat keuangan menjadi rugi dan bisa-bisa menyebabkan kebangkrutan.

Melanjutkan ke Network berikutnya

Apabila pemain sudah mencapai rating 40%, maka mereka akan bisa melanjutkan ke TV network berikutnya. Ini boleh dibilang sebagai sistem prestise dari TV Empire Tycoon, di mana macam acara yang bisa diproduksi di masing-masing network itu berbeda-beda, dan pastinya akan menarik untuk disimak.

Tampilan Isometris yang Menawan

Seperti game-game idle dari Codigames lainnya, TV Empire Tycoon juga ditampilkan dengan menggunakan sudut pandang isometris. Kerennya, para karakter di dalam game ini akan berjalan ke tempat di mana mereka diperlukan secara nyata, diiringi dengan lagu yang cukup oke, meskipun agak monoton. Yang paling menarik dari game ini adalah banyaknya acara yang bisa diproduksi, seperti acara berita, acara masak-memasak, dan masih banyak lagi.

Loading Awal yang Lama

Sayangnya, meskipun game-nya free-to-play, namun Codigames memaksa pemain untuk menghubungkan diri ke Internet agar bisa main. Kalau tidak, pemain akan mentok di layar judul yang mengeluhkan mengenai koneksi Internet. Game ini juga cukup banjir iklan, meskipun hanya akan muncul kalau dipanggil saja, misalnya untuk mendapatkan bonus uang. Apabila diperlukan, pemain bisa membeli berbagai hal di toko, seperti paket murah, multiplier, hingga mata uang premium Gems, yang berguna untuk mempercepat pembangunan ruangan.

Secara garis besar, TV Empire Tycoon tidaklah jelek, bahkan boleh dibilang cukup menarik. Namun permainannya agak kompleks, sehingga mungkin tidak terlalu cocok bagi mereka yang ingin main game idle secara biasa saja. Nah, apakah kalian siap membangun sendiri kerajaan pertelevisian kalian? Cobalah TV Empire Tycoon!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top