REVIEW

Tube Spin, Menantangnya Sebuah Game Bola Pantul yang Sederhana

Andy Chan   02 Jul 2019
Tube Spin, Menantangnya Sebuah Game Bola Pantul yang Sederhana

Tastypill dikenal dengan game-game mereka yang sederhana namun menantang. Ada "simulasi" supir taksi online Pick Me Up, ada lempar-lempar botol dalam Bottle Flip 3D, sampai ke game puzzle memecahkan gelas, Spill It. Nah, mengikuti pola tersebut, kini hadir satu game sederhana lagi dari mereka, yang berjudul Tube Spin.

Mengenal Tube Spin

Dalam Tube Spin, pemain bertugas untuk membimbing sebuah bola yang memantul-mantul agar bisa mencapai ujung dari sebuah vorteks berbentuk pipa. Pemain harus berhasil mencapai ujung vorteks tersebut tanpa sang bola jatuh dari lajur yang diberikan. Kedengarannya mudah, namun sebenarnya hal ini sangat menantang lho!

Layar Sentuh sebagai Kendali

Pemain tidaklah mengendalikan bola yang memantul di dalam game ini. Bola tersebut akan memantul dan maju ke arah depan secara otomatis tanpa input apapun dari pemain. Yang dikendalikan oleh pemain adalah vorteks di dalam pipa itu sendiri, di mana terdapat pijakan-pijakan yang bisa membuat sang bola memantul. Pemain cukup menyentuh dan menggeser jari untuk menggeser pijakan tersebut di layar. Apabila bola sampai gagal mendarat di pijakan, maka terjadilah game over. Sederhana, kan?

Tapi masalahnya, pengendalian layar sentuh ini sangatlah sensitif. Apabila pemain tidak hati-hati dalam menggeser sentuhannya, bisa jadi pergeseran pijakan terjadi terlalu cepat, dan jatuhlah bola tersebut. Perlu sedikit penyesuaian pada gerakan jari agar bisa menguasai game ini dengan penuh.

Meningkatkan Skor dengan Target Tertentu

Di sepanjang lajur pijakan, pemain seringkali akan melihat sebuah kotak kecil berwarna putih di atasnya. Kotak kecil ini akan menghasilkan skor tinggi apabila sang bola berhasil memantul di atasnya. Namun tentu saja, dengan sensitifnya kendali game ini, bisa-bisa mencoba secara tepat memantulkan bola di titik tersebut malah membuat pemain meleset dan mengakibatkan game over. Apalagi kecepatan bola semakin lama semakin kencang, sehingga kecekatan pemain wajib dibutuhkan.

Grafis 3D Minimalis

Seperti biasanya game-game Tastypill, Tube Spin juga tampil secara minimalistik, meskipun grafisnya sendiri 3D. Sedikit kustomisasi diberikan dalam bentuk model bola yang bisa diganti-ganti. Ada 18 macam bola yang disediakan, termasuk bola standar, bola golf, bola berbentuk buah jeruk, pelampung air, bintang, dadu, bola sepak, bola pantai, dan lain sebagainya. Tapi selain itu, permainan cenderung sunyi senyap tanpa lagu, hanya efek suara saja yang terdengar.

Penuh Iklan ala Tastypill

Bagi yang pernah main game keluaran Tastypill, pasti sudah tidak asing dengan keberadaan iklan yang tidak kira-kira banyaknya di dalamnya. Maka sebab itu, ada baiknya untuk memainkan game free-to-play Tube Spin ini secara offline agar tidak terganggu oleh iklan. Tidak ada mikrotransaksi sama sekali selain untuk membayar "hilangkan iklan" saja.

Secara garis besar, Tube Spin tidaklah mengecewakan dan cukup menantang. Namun tidak adanya mode lain untuk dimainkan dan permainan yang cenderung monoton, membuat pemain akan cepat bosan. Game ini boleh dicoba, tapi mungkin hanya untuk dimainkan sebentar saja sebelum akhirnya kalian bosan dan dihapus dari ponsel pintarmu.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top