NEWS

Training Gratis dari Google di 10 Kota bagi UKM Indonesia

en19ma   16 May 2017
Training Gratis dari Google di 10 Kota bagi UKM Indonesia

Kemarin, tanggal Jakarta, 15 Mei 2017, Google mengumumkan dimulainya Gapura Digital, sebuah program training gratis yang ditujukan bagi para pemilik usaha kecil dan menengah (UKM), di 10 kota di Indonesia.

Sejak peluncurannya di tahun 2014 lalu, Gapura telah menjangkau sebanyak 7.000 UKM di 6 kota di Indonesia sebagai usaha untuk membantu para pemilik UKM dalam memperkenalkan merek-merek mereka di Internet, dan memberikan tips untuk memaksimalkan internet dalam mengembangkan usaha mereka.


Veronica Utami (Head of SMB Marketing Google Indonesia), Rudy Salahudin (Deputi Menteri KEMENKO
Perekonomian RI), Rudiantara (Menteri Komunikasi & Informatika RI), Tony Keusgen (Managing Director
Google Indonesia), dan Fida Heyder (Head of SMB Marketing Google Indonesia)

Lebih dari 100 juta masyarakat Indonesia telah menggunakan internet untuk mencari informasi serta menemukan produk dan tempat-tempat baru. Sebuah riset dari Deloitte Access Economics telah menunjukkan bahwa para pemilik UKM Indonesia yang memanfaatkan internet dalam memasarkan bisnis mereka bisa memperoleh peningkatan pendapatan sampai dengan 80%.


Tony Keusgen (Managing Director Google Indonesia) menyampaikan komitmen Google
dalam membantu UKM untuk membawa usaha mereka ke ranah digital pada acara
Peluncuran Gapura Digital di Jakarta

“Google berkomitmen dalam membantu UKM untuk membawa usaha mereka ke ranah digital dan membantu Indonesia untuk menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara,” ucap Tony Keusgen, Managing Director untuk Google Indonesia.

“Kami telah mendukung lebih dari 700.000 bisnis online. Dan, melalui Gapura Digital, kami akan membantu lebih banyak lagi masyarakat Indonesia untuk mengembangkan bisnis mereka dengan memanfaatkan kemampuan internet,” tambahnya.

Training di 10 Kota

Kelas pertama akan diadakan pada bulan Mei ini di Jakarta, Bandung, dan Surabaya, melalui kerjasama tersendiri dengan sejumlah penyedia co-working space di kota-kota tersebut. Kelas-kelas selanjutnya akan diadakan di Semarang, Malang, Yogyakarta, Denpasar, Makassar, Pontianak, dan Medan.


Willyhono (Pemilik Toserda), Tony Keusgen (Managing Director Google Indonesia),
dan Rudiantara (Menteri Komunikasi & Informatika RI) membahas mengenai manfaat go digital
yang dapat dicapai oleh UKM Indonesia dalam memasarkan bisnis mereka

Pelatihan ini diberikan secara gratis dan siapa pun dapat mendaftarkan diri di g.co/gapuradigital. Melalui pelatihan ini, para peserta akan mempelajari beragam informasi untuk memanfaatkan internet dalam memasarkan bisnis mereka, dengan materi-materi seperti:

  • Petunjuk untuk memasarkan bisnis di YouTube
  • Tips terkait SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing)
  • Petunjuk untuk menggunakan produk-produk dari Google

Peluncuran Situs Web Gratis dari Google Bisnisku di Indonesia

Mesin pencarian seperti Google tetaplah menjadi pilihan pertama ketika konsumen berniat mencari informasi tentang produk atau pun jasa yang dibutuhkan. Maka, para pemilik usaha yang ingin mengembangkan bisnis perlu memastikan bahwa merek-merek mereka dapat ditemukan saat konsumen mencarinya di internet. Namun sayangnya, masih banyak pemilik usaha di Indonesia yang merasa ragu atau pun mengalami kesusahan untuk membuat situs web. Alasannya adalah rumit, mahal, atau memakan waktu yang lama.

Menjawab kebutuhan ini, Google mengumumkan sebuah layanan situs web gratis dari Google Bisnisku yang diluncurkan untuk pertama kalinya di Indonesia.


Rudiantara (Menteri Komunikasi & Informatika RI) bersama dengan Veronica Utami (Head of SMB Marketing
Google Indonesia) dan Tony Keusgen (Managing Director Google Indonesia) mencoba sebuah layanan
situs web gratis dari Google Bisnisku yang diluncurkan untuk pertama kalinya di Indonesia

Layanan ini dapat diakses oleh semua UKM yang telah mendaftarkan bisnis mereka di Google Bisnisku. Cukup dengan smartphone dan waktu selama 10 menit saja, maka para pemilik bisnis dapat dengan mudah membuat situs yang terlihat profesional. Dan, yang terpenting, bisa diakses di semua perangkat secara cepat. Dalam situs ini, para pemilik bisnis bisa mencantumkan informasi lebih banyak tentang bisnis mereka, seperti informasi lokasi toko, cara membuat janji, memesan meja, atau mendaftar untuk menerima newsletter.

Dengan lebih dari 55 juta UKM yang telah berkontribusi terhadap 60% GDP dan hampir 97% lapangan kerja di Indonesia, sektor perekonomian ini jelas memiliki potensi yang besar. Karena itu, Google berharap bahwa program Gapura Digital dapat membantu semakin mempercepat peningkatan ekonomi Indonesia dengan cara memastikan agar para pemilik UKM memiliki kesiapan untuk berkembang di lingkungan bisnis yang semakin mengarah ke dunia digital.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top