REVIEW

Toy Blast, Menawannya Puzzle Match-Three dengan Tema Mainan

Andy Chan   05 Dec 2019
Toy Blast, Menawannya Puzzle Match-Three dengan Tema Mainan

Mainan adalah sebuah barang yang digunakan untuk bermain, dan biasanya sangat menarik untuk anak-anak. Ada berbagai macam mainan yang ada di dunia, mulai dari boneka-bonekaan, mobil-mobilan, dan sebagainya. Bermain dengan mainan adalah hal penting di masa pertumbuhan anak karena mereka akan bisa belajar serta melatih saraf motoriknya. Tapi dalam kesempatan ini, yang akan dibahas bukanlah mainan dalam bentuk fisik, melainkan sebuah game puzzle match-three yang menggunakan tema mainan.

Berkenalan dengan Toy Blast

Mari berkenalan dengan Toy Blast, sebuah game puzzle match-three yang disajikan secara free-to-play oleh Peak. Meskipun puzzle match-three nya sendiri tidaklah berbentuk mainan, namun tema mainan di dalam Toy Blast hadir dari berbagai macam mainan yang menghiasinya.

Menggunakan Sistem Blast

Tidak seperti puzzle match-three biasanya yang harus menggeser-geser gems di medan permainan, untuk melakukan matching pada Toy Blast, pemain cukup menyentuh kubus berwarna sama yang berderet dua atau lebih. Seperti biasa, apabila pemain berhasil melakukan matching pada lima atau lebih kubus yang berwarna sama, maka akan ada power up yang tercipta, yaitu roket, TNT, hingga item yang bisa membersihkan layar dari warna tertentu.

Menggabungkan Power Up

Power Up yang sudah tercipta akan bisa digabungkan dengan Power Up lain yang bersebelahan dengannya. Gabungan Power Up ini akan menghasilkan efek menarik, seperti dua buah roket akan membuatnya menembak ke samping dan ke atas, sementara roket dan TNT akan membuat roket raksasa, atau dua buah TNT akan membuat bom raksasa.

Goal dan Komplikasi Permainan

Di setiap level-nya, pemain akan diberikan sebuah goal, dan untuk bisa mencapai goal ini, pemain diberikan sejumlah langkah yang terbatas. Semakin lama, goal tersebut akan semakin sulit, karena pemain akan perlu memikirkan bagaimana caranya menjatuhkan sebuah mainan dari atas medan permainan hingga ke bagian bawah, membersihkan bola pantai, dan lain sebagainya.

Boosters dan Tools

Sebagai alat pembantu menyelesaikan level, disediakanlah berbagai macam booster dan tools yang berguna. Apabila pemain menyalakan booster, maka akan ada Power Up yang langsung tersedia di medan permainan. Sementara itu, selama permainan berlangsung, pemain akan bisa menggunakan berbagai Tools seperti Alat Bor untuk menghancurkan satu kubus di layar, atau kereta api untuk membersihkan satu kolom. Tentu saja, boosters dan tools ini jumlahnya terbatas, jadi sebaiknya digunakan seperlunya saja.

Sistem Tiga Bintang

Di setiap level-nya, pemain bisa mendapatkan tiga buah bintang. Namun meskipun sepertinya ketiga bintang ini hanyalah dekorasi belaka, namun ternyata pemain akan bisa menggunakannya untuk membuka sebuah peti harta lho! Akan ada hadiah-hadiah menarik di dalam peti harta tersebut seperti koin serta Life.

Grafis Menawan bertemakan Mainan

Sebagai sebuah game bertemakan mainan, Toy Blast tampil secara menawan dengan mainan-mainan bervariatif di mana-mana. Pemain juga akan ditemani oleh seorang anak perempuan imut yang akan senantiasa menghiasi layar serta karakter-karakter imut lainnya, didukung dengan lagu yang menyenangkan serta efek suara yang khas. Singkat kata, Toy Blast adalah sebuah paket permainan yang berpenampilan sangat menawan.

Tidak Perlu Online

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Toy Blast hadir secara free-to-play, dan serunya, sama sekali tidak perlu koneksi Internet untuk bisa dimainkan. Meskipun begitu, game-nya menggunakan sebuah sistem Life yang akan berkurang apabila pemain gagal menyelesaikan sebuah level. Mikrotransaksi dihadirkan dalam bentuk pembelian koin serta power up dengan harga yang cukup miring.

Dengan total lebih dari 1500 buah puzzle untuk diselesaikan, serta keberadaan Event harian kalau pemain memainkannya secara online, Toy Blast adalah game wajib bagi para penggemar puzzle match-three.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top