LOADING
REVIEW

Toon Blast, Menawannya Sebuah Game Puzzle dengan Tokoh-tokoh Kartun

Andy Chan   04 Jan 2018
Toon Blast, Menawannya Sebuah Game Puzzle dengan Tokoh-tokoh Kartun

Perkenalkan ketiga tokoh kartun yang gila, yakni Bruno Bear sang beruang, Wally Wolf sang serigala, serta Cooper Cat sang kucing. Mereka adalah para tokoh utama dari sebuah game puzzle kartun di dalam sebuah dunia kartun tergila dan terlucu yang berjudul Toon Blast. Well, paling tidak, itulah yang diklaim oleh pihak pengembangnya, Peak Games.

Kalau disimak dengan baik-baik, Toon Blast ini sebenarnya adalah salah satu derivasi dari game puzzle match-three pada umumnya. Tugas pemain bukanlah untuk menyusun tiga atau lebih icon yang ada di layar, melainkan hanya perlu menyentuh dua atau lebih icon yang memiliki warna sama saja untuk menghilangkan mereka dari medan permainan. Pemain sama sekali tidak bisa menggeser-geser apa pun di layar.

Seperti biasa, ada jumlah khusus untuk menghasilkan item-item unik. Menghilangkan lima atau enam icon berwarna sama akan menghasilkan sebuah roket untuk membersihkan satu kolom atau satu baris, membersihkan tujuh icon berwarna sama akan menghasilkan sebuah bom, dan kalau berhasil membersihkan sembilan icon secara sekaligus akan menghasilkan strobe. Malah, kalau berhasil menggabungkan dua bom akan menghasilkan bom raksasa, dan menggabungkan bom dengan strobe akan menciptakan banyak bom di layar!

Setiap level biasanya memiliki target mengenai berapa banyak dari salah satu warna yang harus dibersihkan. Pemain juga memiliki langkah terbatas untuk menyelesaikannya, dan harus berhasil mencapai target yang diminta sebelum langkahnya sampai habis. Terkadang, pemain juga diminta untuk membersihkan benda yang bukan icon, misalnya balon yang hanya bisa dibersihkan dengan membersihkan warna di dekatnya, atau disuruh menjatuhkan sebuah benda ke bagian bawah layar.

Setelah menyelesaikan sebuah level, akan terjadi yang namanya "Toon Blast!", dimana sisa langkah yang masih ada akan dijadikan roket secara acak di medan permainan. Roket ini pun akan ditembakkan secara berbarengan untuk meningkatkan skor dengan signifikan. Pemain juga akan mendapatkan bintang setelah menyelesaikan satu level. Nah, bintang ini bisa digunakan untuk membuka sebuah loot box bernama Star Chest yang isinya variatif, bisa berupa koin, bisa juga berupa berbagai booster untuk membantu permainan, seperti bom atau roket.

Namun, apabila pemain sampai gagal dalam menyelesaikan level, maka Life counter pun akan berkurang satu. Inilah sistem stamina yang digunakan oleh Toon Blast. Bukan batasan untuk memainkan game, melainkan batasan untuk kalah. Pemain bisa menghindari hilangnya Life dengan cara membayar menggunakan koin untuk menambahkan 5 move.

Setelah menyelesaikan level 20, pemain pun akan mendapatkan akses menuju fitur Team. Dalam Team ini, pemain bisa membuat sebuah tim atau pun ikut dengan tim lain, dimana para anggota di dalam sebuah tim bisa mendapatkan Life gratis, koin gratis, serta bisa saling chat dengan pemain lain.

Sesuai namanya, Toon Blast memiliki tampilan kartun yang menawan. Masing-masing karakter, baik Bruno Bear, Wally Wolf mau pun Cooper Cat memiliki artwork kartun yang lucu, mereka pun memiliki sedikit animasi ketika sedang melihat Anda memainkan game puzzle-nya. Sayang, animasi wajah tokoh-tokoh kartun tersebut tidak berubah apabila terjadi kekalahan.

Toon Blast merupakan sebuah game free-to-play yang tidak diganggu oleh iklan. Anda bisa memainkan game-nya tanpa membutuhkan koneksi Internet, dan meski pun ada mikrotransaksi untuk pembelian berbagai macam booster, hal tersebut tidak mutlak dibutuhkan oleh game ini. Sistem stamina berupa Life ini pun cukup fair, karena apabila Anda kompeten dalam menyelesaikan semua level-nya, maka tidak perlu ada waktu tunggu sama sekali. Apabila Anda terkoneksi dengan Internet, maka Anda pun bisa melihat Leaderboard dari Toon Blast, yang dibagi berdasarkan dunia, atau pun berdasarkan wilayah Anda, yang tentu saja di sini adalah Indonesia. Kecuali, Anda tidak tinggal di Indonesia, ya.

Namun, gembar-gembor dari sang developer Peak Games mengenai game petualangan puzzle kartun terlucu, dunia kartun yang gila, level yang edan, serta petualangan terliar di hidupmu tersebut sama sekali tidak tersirat dalam game ini. Toon Blast tetaplah sebuah varian dari game puzzle match-three yang dikemas dengan tema kartun. Tidak ada yang spesial, tidak ada yang lucu. Meski pun begitu, variasi dari puzzle match-three ini cukup unik, dan tidak ada salahnya untuk dicoba. Dan, hey, kapan lagi ada game puzzle yang tidak ada iklannya seperti Toon Blast?

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top