NEWS

Tokopedia Luncurkan Gerakan Rabu Nabung Mulai dari Rp 5 Ribu

Christa   06 Sep 2020
Tokopedia Luncurkan Gerakan Rabu Nabung Mulai dari Rp 5 Ribu

Belum lama ini, aplikasi marketplace kenamaan asal Indonesia, Tokopedia meluncurkan program baru. Bertajuk ‘Rabu Nabung,’ program ini ditujukan untuk meningkatkan kebiasaan menabung atau investasi bagi masyarakat Indonesia. Setiap hari Rabu, pengguna dapat membeli reksa dana di Tokopedia, dan mendapatkan gift card sampai Rp 75 ribu. Selain reksa dana, juga ada program menabung emas, yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan cashback hingga Rp 250 ribu.

VP of Fintech and Payment Tokopedia, Vira Widiyasari menjelaskan bahwa pengguna dapat berinvestasi emas di Tokopedia mulai dari Rp 5 ribu. Sementara, reksa dana mulai dari Rp 10 ribu.

“Lewat inisiatif ini kami berharap, menabung bisa tetap menjadi sebuah kebiasaan walau di tengah pandemi karena melalui Tokopedia masyarakat bisa berinvestasi dengan mudah, aman dan terjangkau. Mulai dari Rp 5.000 untuk emas dan Rp 10 ribu untuk reksa dana, siapa saja bisa menjadi investor,” ujar Vira.

Ia melanjutkan tentang alasan Tokopedia memilih kedua jenis investasi tersebut. Emas dianggap sebagai bentuk investasi jangka panjang, serta memiliki harga yang cenderung naik ke depannya. Sementara reksa dana berisiko rendah, namun memiliki keuntungan tinggi. Kedua jenis investasi ini diharapkan mampu mendorong masyarakat untuk mengenal lebih jauh tentang pentingnya menabung dan berinvestasi, serta inklusi keuangan di Indonesia.

Pada tahun 2018, Tokopedia mengadakan kerjasama dengan pihak Bareksa, dan diawasi oleh OJK dalam meluncurkan program Tokopedia Reksa Dana.

“Selama dua tahun ke belakang, transaksi Tokopedia Reksa Dana bertumbuh hampir 27 kali lipat. Jumlah pengguna yang terdaftar di Tokopedia Reksa Dana pun bertumbuh lebih dari 57 kali lipat,” ujar Senior Lead Fintech Tokopedia, Marissa Dewi.

Ada beberapa faktor yang mengakibatkan Tokopedia Reksa Dana mengalami peningkatan. Di antaranya adalah dari segi proses pendaftaran, pencairan instan, tidak dikenakan biaya transaksi, keuntungan yang mencapai 6,5% per tahun, hingga bersih dari pajak. Selain itu, program Tokopedia Reksa Dana juga menawarkan fitur Dana Impian dan Langganan Reksa Dana. Kedua fitur tersebut diharapkan mampu mendorong masyarakat untuk terbiasa berinvestasi reksa dana secara teratur, hingga meningkatkan manajemen keuangan demi tujuan finansial.

Di samping Tokopedia Reksa Dana, juga ada Tokopedia Emas. Program ini sudah ada sejak tahun 2019, di mana Tokopedia bekerjasama dengan Pegadaian dan diawasi oleh OJK.

“Sama halnya dengan reksa dana, emas pun semakin diminati masyarakat. Terbukti dari data internal Tokopedia yang menunjukkan bahwa selama satu tahun ke belakang, jumlah pengguna yang terdaftar di Tokopedia Emas bertumbuh hampir 20 kali lipat. Transaksi Tokopedia Emas pun bertumbuh hampir 30 kali lipat,” kata Marissa.

Serupa dengan program Tokopedia Reksa Dana, Tokopedia Emas memiliki fitur seperti Pembulatan Emas dan Langganan Emas. Pembulatan Emas memungkinkan pengguna dapat belanja di Tokopedia, sembari menabung emas dengan membulatkan nominal belanja pada checkout mulai dari Rp 500. Sementara Langganan Emas merupakan fitur untuk mendorong masyarakat dalam mengatur pembelian emas, yang bisa dilakukan secara harian, mingguan, hingga bulanan. Menariknya lagi, Tokopedia Emas juga telah memenuhi prinsip-prinsip syariah, sehingga aman bagi pengguna dalam berinvestasi emas di platform ini.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top