NEWS

Tmall Global Tingkatkan Dukungan untuk Pebisnis yang Ingin Masuki Tiongkok

en19ma   21 Jan 2021
Tmall Global Tingkatkan Dukungan untuk Pebisnis yang Ingin Masuki Tiongkok

Tmall Global, platform marketplace B2C milik Alibaba Group, per 19 Januari 2021 lalu mengumumkan serangkaian solusi baru pada acara Tmall Global New Seller Virtual Summit 2021 untuk membantu brand global dalam menggapai peluang peningkatan konsumsi di Tiongkok.

Sejumlah brand, terutama pelaku kecil dan menengah, telah menerima dampak yang signifikan dari pandemi Covid-19 dan tengah berupaya untuk memasuki pasar yang baru dan menemukan peluang yang baru untuk berkembang. Di Tiongkok, platform e-commerce seperti Tmall Global telah menjadi pilihan utama bagi para pembeli untuk membeli produk-produk dari luar negeri. Tmall Global berkomitmen dalam menghadirkan serangkaian solusi untuk membantu brand asing dalam menangkap peluang, serta membantu brand-brand untuk menghadirkan produk yang berkualitas di pasar Tiongkok.

Registrasi di Tmall Global dapat dilakukan melalui portal self-service baru pada platform, dan toko akan segera dapat beroperasi hanya dalam waktu 30 hari setelah proses registrasi. Melalui Official Operating Service barunya, para merchant dengan berbagai skala usaha, termasuk merek yang belum berpengalaman dalam mengoperasikan e-commerce Tiongkok, dapat meluncurkan brand milik mereka dengan mudah di Tmall Global.


Maggie Liu, General Manager dari Tmall Global dalam TMG Summit 2021

Selain proses on-boarding yang dirampingkan, brand-brand luar negeri dan peritel juga akan mendapatkan konsultasi secara khusus, dukungan konten dan operasi, serta layanan tambahan melalui Tmall Global dan jaringan mitranya dari seluruh dunia. Tmall Global juga akan meluncurkan berbagai program pada level wilayah untuk mendukung para merchant yang ingin menjajaki pasar Tiongkok secara lebih jauh.

Tmall Global New Seller Summit 2021 sendiri adalah virtual summit pertama yang diadakan oleh Tmall Global, dengan konten yang spesifik terhadap kategori dan regional serta mencakup tujuh zona waktu, perhelatan ini telah dimulai sejak tanggal 19 Januari 2021 hingga hari ini, tanggal 21 Januari 2021. Acara ini membahas lanskap e-commerce lintas batas dan insight pasar Tiongkok, serta studi kasus dari berbagai wilayah dan industri. Para pemilik brand juga dapat berdiskusi secara langsung dengan pakar pengembangan bisnis Alibaba untuk mengetahui bagaimana meluncurkan produk mereka di Tiongkok secara lebih jauh.

Konsumsi produk impor di Tiongkok telah mengalami pertumbuhan tahunan sebesar 76% (Sumber: https://www2.deloitte.com/content/dam/Deloitte/cn/Documents/consumer-business/deloitte-cn-consumer-china-import-consumer-market-research-report-en-191119.pdf). Tren ini mengindikasikan bagaimana pasar akan menarik lebih banyak brand asing untuk merintis bisnis mereka melalui jalur online. Menurut Tmall Global, lebih dari 29.000 brand dari 5.800 kategori telah hadir di platform tersebut pada akhir Desember 2020, dengan lebih dari 80% dari mereka merupakan brand atau produk yang memasuki pasar Tiongkok untuk pertama kalinya.


Tmall Global menyelenggarakan Virtual Sumit untuk Pertama Kalinya

Tmall Global akan menyediakan akses ke berbagai sumber content marketing bagi para penjual, untuk membantu mereka dalam menghadirkan proposisi nilai yang lebih kuat. Sumber-sumber ini menghadirkan sejumlah peluang kolaborasi dengan influencer, vendor video pendek dan livestreaming, yang secara efektif membantu penjual untuk berinteraksi dengan audiens Tiongkok, sekaligus menghadirkan brand value yang lebih tinggi. Selain itu, para merchant baru dapat menikmati layanan penyimpanan dan pengiriman first mile, asuransi menyeluruh, serta sistem pembiayaan rantai pasokan.

Saat ini, Tmall Global menawarkan berbagai solusi operasional yang bertujuan untuk membantu merchant luar negeri dalam menemukan model bisnis yang paling cocok untuk menggapai konsumen Tiongkok. Mereka yang ingin mengecek potensi produk mereka di Tiongkok dapat memulai langkah dengan menggunakan solusi Tmall Overseas Warehouses, atau Tmall Overseas Fulfillment (TOF), yang dirancang untuk memenuhi permintaan konsumen secara langsung. Model ini membantu brand-brand untuk menjaga fleksibilitas inventaris, serta menekan biaya logistik dan penyimpanan. Pertumbuhan GMV TOF secara year-to-date mengalami peningkatan sebesar hampir 200% selama sembilan bulan yang berakhir pada Desember 2020 lalu.

Dengan berbagai tawaran yang komprehensif dan berkualitas, Tmall Global telah berhasil memenuhi permintaan baru dari konsumen seiring dengan meningkatnya minat akan produk impor, produk baru, produk terpersonalisasi, dan produk edisi terbatas. Jumlah brand dan merchant pada Tmall Global per 30 September 2020 telah mengalami pertumbuhan sebesar dua digit secara year-over-year.

Tentang Tmall Global

Diluncurkan pada tahun 2014 silam, Tmall Global (www.tmall.hk) merupakan bagian dari platform Tmall Alibaba Group, yang ditujukan untuk menjawab peningkatan permintaan dari konsumen Tiongkok akan produk dan brand internasional. Tmall Global berfungsi sebagai platform utama bagi brand-brand dan peritel asing untuk dapat mencapai konsumen Tiongkok, membangun brand awareness, dan mendapatkan consumer insight guna membangun strategi mereka dalam beroperasi di Tiongkok, tanpa perlu memiliki operasi secara fisik di Tiongkok.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top