TIPS

Tips untuk Mulai Vlogging dengan Menggunakan Smartphone

Escravania   13 Mar 2018
Tips untuk Mulai Vlogging dengan Menggunakan Smartphone

Jika Anda seperti kebanyakan orang, Anda akan selalu berada dekat dengan ponsel Anda. Mulai dari mengecek email hingga men-tweet dan melakukan pembaruan di media sosial, sulit rasanya untuk berpisah dengan perangkat Anda.

Perangkat seluler kini sangat bagus untuk mengambil foto maupun video, namun pernahkah Anda berpikir untuk membuat vlog dengan ponsel atau tablet Anda? Perangkat seluler Anda mungkin dapat menangkap video HD berkualitas tinggi, jadi mengapa Anda menggunakannya hanya untuk menangkap momen keluarga saja?

Apa itu Vlog?

Vlog hanyalah merupakan sebuah blog dengan video, dan Anda dapat dengan mudah mengubah blog Anda menjadi vlog dengan menyematkan video dalam sebuah postingan.

Yang Anda butuhkan hanyalah sebuah akun di situs streaming video seperti YouTube dan Anda sudah dapat memulainya. Video adalah salah satu media yang paling menarik dan digemari. Ini dapat membantu Anda membangun kekuatan, membangun pengaruh, dan meningkatkan tingkat keterlibatan di situs Anda. 

Jenis-jenis Vlog

Kepala Berbicara: Vlog kepala berbicara hanya seperti itu, Anda duduk statis di depan kamera dan membicarakan topik tertentu atau membagikan beberapa informasi.

How-To: Vlog how-to mengajarkan kepada audiens bagaimana melakukan sesuatu dengan menunjukkan tindakan atau aktivitas.

Petualangan/reality show: Anda melakukan petualangan atau aktivitas di luar studio dan membawa kamera untuk merekam apa yang Anda lihat dan dengar.

Peralatan yang dibutuhkan

Untuk membuat vlog berkualitas tinggi, Anda harus menggunakan peralatan yang sama dengan produksi video profesional. Anggap saja Anda telah memiliki ponsel dengan perekam video yang mumpuni. Kini yang Anda butuhkan adalah: tripod, lampu, mikrofon, dan satu kabel atau dua kabel.

Tripod

Anda membutuhkan sebuah tripod untuk menopang ponsel Anda supaya dapat merekam video dengan stabil tanpa bergoyang. Untuk menghasilkan gerakan video yang halus, Anda butuh tripod dengan adaptor yang terhubung dengan ponsel. Kini hampir semua toko yang menjual aksesoris ponsel menjual berbagai jenis tripod khusus untuk ponsel dengan harga yang relatif terjangkau.

Cahaya

Cahaya merupakan tantangan tersendiri saat Anda merekam video terutama untuk perekaman indoor. Pencahayaan yang tepat dapat meningkatkan kualitas gambar, dan karenanya disarankan untuk menggunakan berbagai macam pencahayaan yang Anda miliki.

Cobalah untuk mengganti lampu pijar Anda dengan lampu dengan lampu neon kompak (CFL). CFL seimbang untuk siang hari (5000K) yang cahayanya akan menjadi lebih ke putih atau biru, atau akan menjadi lebih oranye yang merupakan karakteristik cahaya buatan (3200K).

Anda memerlukan setidaknya dua lampu jika Anda hendak merekam seseorang. Lampu utama akan menciptakan penerangan secara umum dan lampu kedua harus diletakkan di seberang lampu utama untuk mengisi bayangan yang akan timbul.

Mikrofon/Audio

Audio sangat penting, itulah sebabnya Anda harus menghubungkan mikrofon ke perangkat seluler Anda.

Jika Anda merekam vlog kepala berbicara, lavaliere atau mic lapel clip on sudah cukup. Tapi, pastikan untuk menggunakan kabel TRRS (4-pin) untuk menghubungkan mikrofon ke headphone/jack mikrofon perangkat Anda.

Situs yang bagus untuk kabel TRRS adalah KVConnection.com, dan banyak kabel TRRS juga memungkinkan Anda menghubungkan headphone sehingga Anda dapat memantau audio setelah direkam.

Banyak pro juga merekomendasikan iRig Pre untuk menghubungkan mikrofon ke Android atau iOS. Ada juga sejumlah mikrofon yang dirancang khusus untuk perangkat seluler seperti iRig, smartLav, dan iXY.

Peralatan sudah lengkap, siap untuk merekam video Anda? Di bawah ini adalah 5 tips untuk membantu Anda membuat vlog berkualitas tinggi.

  1. Rekam video dalam mode pesawat terbang (airplane mode).
    Jika tidak, panggilan telepon, atau notifikasi akan mengganggu rekaman Anda.
  2. Orientasikan ponsel Anda secara horisontal.
    Kebanyakan orang memegang ponsel mereka secara vertikal saat merekam video. Kecuali Anda menginginkan bilah hitam di kedua sisi video Anda, peganglah secara horisontal.
  3. Buatlah rekaman uji coba terutama jika Anda merekam diri sendiri.
    Rekam video 5-10 detik dan periksa rekamannya untuk memastikan tampilannya sesuai keinginan. Setelah Anda puas dengan rekaman itu, Anda siap untuk merekam.
  4. Bingkai rekaman video Anda menggunakan aturan pertiga.
    Aturan pertiga adalah aturan komposisi yang menggunakan tic-tac-toe seperti grid sebagai panduan untuk membingkai subjek Anda. Tempatkan subjek sepanjang garis panduan dan hasil rekaman Anda akan terlihat lebih profesional.
  5. Edit di ponsel Anda.
    Perangkat iOS memiliki aplikasi video yang hebat, salah satunya adalah iMovie, namun banyak juga aplikasi pengedit video yang cukup baik yang bisa Anda dapatkan di Play Store untuk perangkat Android Anda. Anda bisa mengedit banyak klip secara bersamaan, menambahkan teks, narasi dan musik dengan sedikit gesekan jari saja.

Tips bonus: jadilah kreatif dan bersenang-senanglah!

Produksi video membutuhkan kerja yang cukup banyak tidak peduli seberapa mudah Anda memikirkannya. Video pertama Anda akan menjadi yang paling menantang, tapi semakin sering Anda melakukannya, semakin baik pula hasil yang akan Anda dapatkan.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top