TIPS TRIK

Tips & Trik YouTube untuk Android yang Harus Dicoba

Escravania   13 Feb 2018
Tips & Trik YouTube untuk Android yang Harus Dicoba

Percayakah Anda bahwa YouTube sekarang telah berusia 13 tahun? Dan video unggahan pertamanya masih tersedia secara online. Dulu belum ada aplikasi Android, tapi sekarang ini hampir semua perangkat yang menjalankan OS mobile Google menawarkan akses pengguna ke jutaan video dari seluruh dunia.

YouTube untuk Android sangat mudah digunakan sehingga Anda mungkin tidak banyak menjelajahi aplikasi tersebut untuk menemukan semua fitur yang ditawarkannya. Berangkat dari pemikiran itu, kami telah mengumpulkan tips dan trik yang perlu Anda ketahui untuk mendapatkan hasil maksimal dari aplikasi tersebut.

Batasi penggunaan data

Menonton dan mengunggah video saat dalam perjalanan benar-benar bisa menyedot penggunaan data Anda dan menyebabkan tagihan yang cukup besar, namun YouTube mengaktifkan pengamanan untuk mencegah hal ini terjadi. Untuk menemukannya, buka Pengaturan dengan mengetuk tiga titik vertikal di sudut kanan atas aplikasi.

Ketuk General dan Anda dapat mengaktifkan opsi Batasi penggunaan data seluler – ini memberitahu YouTube untuk hanya beralih ke video berdefinisi tinggi saat Anda menggunakan Wi-Fi, tidak peduli seberapa cepat koneksi data Anda. Di layar yang sama ada opsi serupa untuk mengunggah video, yang juga dapat dinonaktifkan pada koneksi non-Wi-Fi.

Simpan video untuk ditonton nanti

Saat menjelajahi aplikasi YouTube Anda mungkin memperhatikan ikon plus di bagian atas jendela pemutaran video – ini memungkinkan Anda menambahkan video tertentu ke playlist. Salah satu playlist default yang dibuat atas nama Anda adalah Tonton Nanti, tempat Anda dapat menyimpan video untuk dilihat di lain waktu.

Taruh video yang ingin Anda tonton nanti di sini (Anda akan menemukan link ke video tersebut di menu utama aplikasi YouTube). Ini juga berfungsi di seluruh perangkat dan platform – di situs YouTube desktop, Anda dapat menambahkan video ke Tonton Nanti melalui ikon jam kecil yang muncul di panel kontrol pemutaran.

Hapus iklan dan unduh video

Ada biaya yang harus Anda keluarkan, namun YouTube Music Key adalah layanan langganan bulanan yang memungkinkan Anda melihat sebagian besar video musik tanpa iklan (di ponsel dan web) dan bahkan mengunduhnya ke perangkat Android Anda sehingga Anda dapat menikmatinya secara offline.

Anda juga dapat terus mendengarkan video di latar belakang saat menjalankan aplikasi lain, mengubahnya menjadi lebih ke pemutar musik daripada pemutar video. Dengan biaya bulanan yang sama, Anda juga mendapatkan Google Play Music All Access, jadi ini layak dipertimbangkan jika Anda merasa serius dalam mendengarkan musik.

Ubah konten yang Anda lihat

Jika Anda menggali menu Pengaturan untuk aplikasi YouTube (dengan menekan tiga titik vertikal di pojok kanan atas), Anda dapat mengetuk Lokasi konten untuk menentukan negara mana yang digunakan oleh aplikasi sebagai basis video yang Anda lihat (secara default akan diatur ke negara asal Anda).

Sebenarnya hal ini hampir tidak memiliki pengaruh apa-apa tapi artinya ketika Anda mencari istilah-istilah umum biasnya akan sedikit condong ke negara yang Anda pilih dari segi konten dan pengguna. Ini tidak mempengaruhi bahasa aplikasi atau video yang Anda lihat.

Tonton video 360 derajat

Selama lebih dari satu dekade terakhir, YouTube terus memasukkan berbagai jenis konten yang berbeda, mulai dari video musik hingga streaming acara secara langsung. Google baru-baru ini memperkenalkan video 360 derajat ke portofolio YouTube, yaitu klip yang memungkinkan pemirsa melihat sekeliling mereka sambil menonton.

Ini adalah jawaban setuju terhadap berkembang pesatnya headset virtual reality di pasaran dan Google ingin YouTube siap saat waktunya tiba. Kini Anda dapat memilih Video 360 derajat dari menu aplikasi YouTube, lalu putar perangkat seluler Anda saat klip diputar untuk melihat isi klip tersebut dari berbagai sudut pandang.

Aktifkan teks

Teks di video sangat penting artinya untuk mereka yang memiliki kesulitan mendengar dan tuna rungu, tapi ada beberapa alasan mengapa kita juga membutuhkannya: jika Anda berada di lokasi yang sepi dan tidak memiliki headphone, misalnya, atau Anda berada di daerah di mana lingkungan sekeliling Anda menghasilkan suara yang terlalu bising untuk mendengar suara dari klip dengan benar.

Untuk mengaktifkan teks di aplikasi YouTube Android, buka video lalu ketuk tiga titik vertikal di sudut kanan atas untuk mengakses pengaturan. Jika Anda menuju ke aplikasi Pengaturan utama (masih melalui ikon tiga titik di kanan atas pada halaman manapun), Anda dapat menekan Teks untuk menentukan muncul atau tidaknya mereka.

Dengan mencoba melakukan tips dan trik untuk YouTube ini, diharapkan dapat memaksimalkan manfaat YouTube bagi Anda. Selamat mencoba.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top