TIPS

Tips-tips Ringan untuk Menjaga Smartphone-mu

Dwi K   07 Aug 2018
Tips-tips Ringan untuk Menjaga Smartphone-mu

Smartphone kita merupakan salah satu barang yang selalu dekat dengan kita. Mungkin satu-satunya barang yang selalu kita bawa setiap hari, kapan pun dan dimana pun. Bisa dibilang lebih dekat bahkan dari pasangan kita sekalipun.

Namun banyak dari kita yang masih sangat kurang menjaga smartphone dengan seharusnya. Kelalaian seperti ini bisa meruka handphone kita bahkan hingga data-data penting didalamnya.

Nah kali ini kitta akan membahas tips-tips umum untuk menjaga handphone kita agar tetap awet

Jangan Meng-install Aplikasi-aplikasi yang Mencurigakan

Mungkin ini sudah menjadi nasihat umum yang sering kita dengar. Namun masih banyak diantara kita yang terkadang lalai atau bahkan penasaran dengan beberapa aplikasi baru ataupun yang ditawarkan oleh ads-ads yang bermunculan. Atau biasanya kita terjebak oleh tipuan aplikasi yang sedang hits, namun kita malah mendownloadnya diluar Apps Market bawaan.

Jangan Lupa untuk Melakukan Update

Seringkali kita malas mengupdate karena menghabiskan kuota dan bikin lemot. Namun dengan mengupdate, kita bisa memproteksi handphone kita dari malware atau system yang sering bug. Karena dengan update, developer memberikan pembetulan dalam system atau aplikasi kita dan sering kali memberikan fitur-fitur baru guna memudahkan kita dalam menggunakan smartphone.

Jangan Lupa untuk Mengunci Layar

Mengunci layar sering kita remehkan. Karena merasa ada kunci otomatis, maka kita sering malas mengunci secara manual. Padahal dalam gap jarak antara layar idle dan mengunci itu bisa saja terjadi sesuatu. Tidak sengaja menelepon atau malah tidak sengaja menghapus data penting.

Untuk itu, segeralah kunci smartphone and ajika memang sudah tidak dipakai saat itu.

Jangan Lupa untuk Back Up Data

Bisa dibilang smartphone menjadi salah satu barang berharga di zaman modern ini. Bukan dari harga atau nominal barangnya, melainkan data-data yang ada di dalam smartphone tersebut. Semua data berharga mulai dari hal pribadi seperti foto dan video hingga data pekerjaan maupun perbankan, semua ada disini.

Back up data yang menurut kita penting, baik back up secara digital maupun manual. Jangan menaruh semua di Cloud, karena kita tidak akan pernah tahu kapan server cloud tersebut down atau malah tutup.

Jangan terlalu Sering Di-charge lewat USB

Daya yang dihasilkan USB dengan Charging normal tidaklah sama. Baterai akan cepat rusak jika kita terlalu sering charging melalui USB. Biasakan hal ini dilakukan jika dalam keadaan darurat saja sehingga tidak merusak smartphone.

Jangan sampai Mengalami Overheat

Masih ingat dengan kasus handphone meledak? Biasanya hal ini disebabkan oleh handphone yang overheat. Mulai dari kelamaan charging hingga aksesoris handphone yang abal-abal. Dan memang, aksesoris seperti charger dan atau baterai pengganti yang bukan aslinya menjadi penyebabnya.

Jangan Lupa untuk Melindungi Layar Smartphone

Para pembuat smartphone memang sudah membekali smartphone dengan layar yang cukup kuat, biasanya menggunakan Gorilla Glass dengan berbagai versinya. Tapi bukan berarti kita harus ambil resiko. Jika terjadi sesuatu pada layar kita, tentu akan memakan uang untuk menggantinya dan juga berbahaya bagi handphone kita.

Tempered Glass bisa jadi alternative pelindung yang cukup terjangkau. Jika terjadi sesatu, cukup mengganti pelindungnya saja.

Jangan sampai Terkena Air

Mungkin ini banyak yang beragumen “kan smartphone sekarang sudah tahan air”.

Ya memang, namun bukan berarti tahan air sama dengan kedap air. Jadi ada batas ketahanan air yang tidak boleh dilewati. Atau dibawa menyelam saat berenang.

Jagalah smartphone kita dari air, gunakan case tambahan yang bisa melindungi dari air

Nah demikianlah beberapa tips ringan menjaga handphone dalam kehidupan sehari-hari. Apa ada tips lainnya yang belum disebutkan disini? Komentar dibawah ya!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top