istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
porno izleporno izleporno izleporno izleporno izlepornopornopornopornopornopornopornoporniocoolpornpornspotsex pornosex pornosex pornosex hikayesex hikaye
TIPS TRIK

Tips COD ala Ninja Xpress: Pembeli Cerdas, Penjual Puas, Kurir Tenang Jalankan Tugas

en19ma   23 May 2021
Tips COD ala Ninja Xpress: Pembeli Cerdas, Penjual Puas, Kurir Tenang Jalankan Tugas

Ninja Xpress, penyedia layanan logistik last-mile terkemuka di Asia Tenggara yang telah menghadirkan layanan Cash On Delivery (COD) bagi konsumen Tanah Air, mengajak pembeli untuk lebih cermat dan cerdas dalam berbelanja online dengan menggunakan fitur COD untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak diharapkan, seperti yang sempat viral pada beberapa waktu belakangan ini.

“Sesuai semangat ‘Obsesinya Cuma Delivery,’ layanan Ninja COD kami tujukan agar memudahkan pembeli dalam berbelanja online, terutama bagi yang belum begitu familiar dengan opsi pembayaran online mau pun perbankan,” ujar Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer Ninja Xpress.

Saat ini, layanan Cash On Delivery (COD) Ninja Xpress sudah menjangkau seluruh pelosok Indonesia. Dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap layanan bayar di tempat, sekitar 73,04 persen (laporan Badan Pusat Statistik (BPS) yang bertajuk Statistik e-Commerce 2020), tantangan pun hadir di depan mata. Salah satu yang sering terjadi adalah kesalahpahaman antara pembeli, penjual, dan kurir yang berujung konflik, seperti yang baru-baru ini terlihat di media sosial.

Sebenarnya, bagaimana cara kerja dari layanan COD ini, sih? Hal-hal apa saja yang perlu dipahami oleh pembeli agar bisa cerdas dalam bertransaksi COD? Sejauh apa peran kurir dalam menjalankan tugas antar paket lewat sistem COD ini? Bagaimana transaksi COD yang ideal untuk terjadi antara pembeli dan penjual agar keduanya bisa merasa puas? Yuk, simak beberapa informasi penting dan tips COD yang Ninja Xpress rangkum dan wajib banget untuk kalian ketahui.

Peran Pembeli, Penjual, dan Riders Ninja dalam Transaksi COD

Dalam transaksi belanja online, COD merupakan metode pembayaran di tempat, alias ketika pembeli ingin mendapatkan kepastian agar barang sampai di tangan terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran kepada penjual. Penting untuk dicatat, peran Riders Ninja di sini hanyalah sebagai mitra kurir yang bertugas untuk mengantar paket serta perantara transaksi antara penjual ke pembeli. Riders Ninja akan mengambil barang dari penjual, untuk diantarkan ke rumah pembeli, dan menerima pembayaran uang tunai dari pembeli di tempat setelah paket diterima, untuk kemudian, uang tunai tersebut diserahkan kepada penjual setelah transaksi sukses dan selesai.

Perjelas Kesepakatan antara Pembeli dan Penjual dalam Transaksi COD

Sebelum menyelesaikan transaksi belanja online, pembeli dan penjual perlu untuk melakukan kesepakatan yang jelas terkait pesanan, seperti jenis produk, ukuran warna, harga barang, alamat pengiriman, ongkos kirim, serta mitra kurir yang akan dipilih untuk layanan COD. Selain hal tersebut, juga ada hal yang tidak kalah penting lagi untuk disepakati oleh kedua belah pihak, yaitu mengenai kebijakan pengembalian barang apabila pesanan sampai tidak sesuai setelah diterima oleh pembeli. Sehingga, pembeli dan penjual bisa sama-sama merasa puas dalam melakukan transaksi, dan Ninja Riders pun bisa tenang dalam menjalankan tugas.

Bila Barang Tidak Sesuai Pesanan dalam Transaksi COD Ninja Xpress

Dalam transaksi COD, apabila barang atau paket yang diterima oleh pembeli sampai tidak sesuai dengan pesanan atau berbeda dari yang diharapkan, maka pembeli dapat menyampaikan keluhan kepada penjual agar dapat ditindaklanjuti. Dengan catatan: pembeli tetap melakukan pembayaran barang kepada Ninja Riders.

Dalam kasus ini, segala sesuatu yang berkaitan dengan isi paket sudah menjadi kesepakatan antara pembeli dan penjual, dan bukan merupakan tanggung jawab dari kurir dalam menentukan isi paket. Pembeli perlu memahami bahwa Ninja Riders merupakan mitra kurir yang bertugas untuk mengantarkan pesanan dengan selamat ke tangan pembeli, dan berkewajiban untuk memastikan isi paket tidak mengalami kerusakan dalam proses pengantaran.

Apabila pembeli melakukan transaksi melalui platform e-Commerce, seperti Lazada, maka pengembalian barang telah diatur sesuai dengan kebijakan yang diberlakukan oleh Lazada. Namun, apabila pembeli melakukan transaksi secara langsung dengan penjual melalui platform social commerce, seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, dan lain-lain, maka pembeli dapat melakukan pengembalian barang sesuai kesepakatan yang terjadi dengan penjual.

Selain informasi penting di atas, Ninja Xpres juga ingin memberikan 3 tips dalam menggunakan Ninja COD sebagai pilihan metode pembayaran transaksi belanja online:

1. Pastikan Toko Online Memiliki Track Record yang Bagus

Biasanya, toko online yang memiliki track record yang bagus dapat dilihat melalui kolom komentar dari masing-masing produk dan dapat dilihat melalui jumlah bintang yang ada sebagai penilaian dari konsumen lain. Selain itu, di beberapa marketplace ternama, biasanya terdapat fitur chat dengan seller, sehingga konsumen dapat menulis pesan dengan meyakinkan seller agar bisa mengirimkan barang yang sesuai dengan yang terdapat pada aplikasi agar sesuai dengan harapan.

2. Pahami Syarat dan Ketentuan Berbelanja

Setiap e-commerce memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda. Konsumen harus mengetahui beberapa hal, seperti harga minimal dan maksimal dari pembelian, penyedia layanan logistik yang bekerjasama, dan area jangkauan jasa kirim.

3. Manfaatkan Respon Cepat dan Resolusi Tepat dari Customer Care Ninja Xpress

Layanan Customer Care yang telah dioptimalkan oleh Ninja Xpress bisa dimanfaatkan sebagai pilihan jika menemukan kendala pada saat proses penerimaan barang dan/atau pada saat melakukan pembayaran melalui COD. Customer Care akan melakukan respon atau tanggapan balik dengan kecepatan selama 30 detik melalui telepon, 3 menit melalui platform chat, 2 jam melalui e-mail, dan maksimal dilakukan 2x24 jam. Tidak perlu khawatir, Customer Care akan membantu konsumen dalam memberikan ketepatan resolusi terkait pemecahan masalah pengiriman.

Selaku CMO Ninja Xpress, Andi Djoewarsa menambahkan,”Ninja Xpress berkomitmen agar selalu meningkatkan berbagai layanan yang kami berikan agar konsumen dapat melakukan transaksi belanja dengan aman tanpa khawatir sekali pun, termasuk layanan Ninja COD. Semoga informasi serta tips COD dari Ninja Xpress ini dapat membantu pembeli dan penjual dalam memanfaatkan layanan Ninja COD secara tepat guna sehingga meminimalisir kejadian yang tidak diharapkan [untuk] ke depannya. Jika mengalami kendala, Riders dan Customer Care Ninja Xpress akan senantiasa siap [untuk] membantu pengguna dengan respon cepat dan resolusi tepat.”

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top