TIPS

Tips Belanja Gadget Online yang Murah & Aman

Dwi K   18 Jan 2018
Tips Belanja Gadget Online yang Murah & Aman

Memasuki bulan kedua di tahun baru seperti sekarang ini, mungkin banyak dari kita yang masih mempunyai resolusi untuk mengganti gadget kita dengan gadget keluaran terbaru. Dengan kemudahan berbelanja online, kita dimanjakan dengan berbagai macam pilihan. Mulai dari merchant, perbandingan harga, bonus, kemudahan pembayaran, hingga delivery service yang memungkinkan kita untuk berbelanja gadget bahkan langsung dari tempat tidur.

Memang, berbelanja gadget secara online bukanlah tanpa kekurangan. Banyak masalah yang muncul, mulai dari penipuan, hingga paket yang hilang. Tapi, jangan sampai merasa khawatir. Karena, kami di sini akan berbagi tips belanja gadget online yang murah dan aman.

Pilih Handphone yang Sesuai

Di berbagai toko online, gadget memang menjadi line-up utama dalam berjualan. Banyak orang yang mengunjungi situs toko online untuk berbelanja gadget. Tentunya, dengan banyaknya pilihan merek dan harga, kita mungkin akan jadi kebingungan demi menentukan mana yang harus kita beli.

Meski begitu, kita jangan sampai terpengaruh dengan diskon-diskon yang ditawarkan sehingga kita malah jadi membeli barang yang tidak dibutuhkan.

Sebelum kita browsing di toko online, memang ada baiknya bagi kita untuk terlebih dahulu mencari tahu gadget mana yang sesuai dengan kebutuhan kita dan sesuai dengan kisaran budget yang dimiliki. Misalnya, jika kita suka bermain game, janganlah membeli gadget yang difokuskan untuk selfie. Memang tetap bisa untuk bermain game, namun tentunya tidak akan semaksimal handphone yang dikhususkan untuk game. Carilah handphone dengan spesifikasi RAM serta memori internal yang besar untuk mendukung kelancaran kita dalam bermain game.

Cari Tahu soal Harga di Pasaran

Saat kita sudah mengetahui dan memutuskan ingin membeli handphone apa, maka kita harus mencari tahu harganya di pasaran. Biasanya, situs resmi bakal menyediakan harga official atas produk-produk dari mereka. Namun, seringkali yang terjadi adalah harga official dan harga di pasaran akan berbeda jauh.

Kita bisa mulai melakukan browsing di toko-toko online untuk perbandingan harga. Toko online di Instagram juga banyak yang menyediakan gadget dengan harga miring.

Atau, jika memang dirasa merepotkan, kita bisa langsung mengunjungi situs-situs yang menyediakan perbandingan harga.

JurnalApps.co.id sendiri memiliki fitur perbandingan harga pada section store kami.

Di sini, kita dapat membandingkang harga-harga handphone dari berbagai toko online, bahkan merchant-merchant dalam toko online yang sama, lho!

Jadi, kita langsung dapat mengetahui kisaran budget yang harus kita keluarkan untuk membeli handphone tersebut.

Memilih Toko Online yang Tepat

Toko online sudah menjamur di mana-mana. Mulai dari marketplace besar hingga toko-toko online milik individu di Instagram.

Dengan beragamnya toko online, kita tentunya akan kebingungan menyoal bagaimana caranya untuk menentukan pilihan. Jika sudah mempunyai toko online langganan, ini tentunya bukanlah menjadi suatu masalah. Namun, bagi yang jarang atau bahkan belum pernah membeli secara online, ini tentunya akan menyulitkan kita.

Di sini, kita harus mulai melakukan browsing terhadap toko-toko online. Cek testimoni pelanggannya untuk mengetahui kredibilitas dari toko tersebut. Dan, apakah toko tersebut mempunyai offline store serta nomor telepon yang bisa dihubungi.

Jika Anda lebih memilih untuk berbelanja melalui versi aplikasi dari toko online tersebut, pastikan agar Anda mengunduhnya dengan benar dari Google Play Store atau pun App Store.

Pelajari deskripsi handphone yang akan kita beli dan juga pastikanlah agar perihal garansi akan aman jika ada kemungkinan buruk yang sewaktu-waktu terjadi.

Tentukan Pilihan

Selain penjual dan toko online yang harus kita periksa, promo-promo juga wajib untuk kita cek kembali. Siapa tahu, kita malah bisa mendapatkan keberuntungan.

Sangat banyak promo yang ditawarkan, misalnya cashback, diskon, atau bahkan buy 1 get 1. Namun, periksa kembali terkait syarat dan ketentuan yang berlaku, ya. Jangan sampai pada saat kita sudah merasa senang karena mendapatkan promo, pembelian yang kita lakukan ternyata kurang memenuhi syarat atau pun ketentuan tersebut.

Setelah itu, pilihlah cara pengiriman yang sekiranya aman. Jika lokasi cukup dekat, maka pengiriman melalui kurir dapat digunakan agar barang bisa cepat sampai. Namun, jika lokasi ternyata cukup jauh, maka pilihlah jasa pengiriman yang aman dan terpercaya serta mintalah packaging yang baik dari sang penjual.

Jika sudah menentukan keputusan secara final untuk membeli gadget tersebut, maka pilihlah metode pembayaran yang mudah dan aman. Banyak pilihan metode pembayaran di zaman belanja online ini, mulai dari transfer lewat ATM, cicilan kartu kredit, bahkan COD alias cash on delivery.

Pembelian gadget secara online memang memudahkan kita dalam berbelanja tanpa diharuskan untuk pergi keluar dari rumah. Dengan pertimbangan resiko yang ada, maka cara ini memang merupakan solusi alternatif dimana kita bisa membeli gadget dengan hemat dan mudah

Apakah ada tips-tips yang mungkin belum tersampaikan? Berikan komentarnya di bawah ini, ya!

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top