TIPS TRIK

Tips Atasi Internet Sering Mendadak Putus di Handphone

Dwi K   23 Jan 2018
Tips Atasi Internet Sering Mendadak Putus di Handphone

Memang menjengkelkan ketika kita sedang asyik-asyiknya browsing, bermain game online, atau pun menonton video di YouTube, koneksi internet kita mendadak sering terputus. Lebih berbahaya lagi ketika kita sedang melakukan video call dengan pacar. Eh, koneksi internet tiba-tiba terputus. Terkadang, kondisi sinyal sedang bagus, namun koneksi internet tetap saja sering terputus.

Koneksi internet yang terputus-putus memang memiliki banyak sebabnya, baik yang datang dari provider mau pun dari kita sendiri.

Di sini, akan kami bahas menyoal bagaimana caranya untuk mengatasi koneksi internet yang sering terputus supaya kita bisa tetap enjoy dalam menjelajah dunia maya.

Refresh Jaringan

Melakukan refresh atau restart pada jaringan adalah hal pertama yang mesti kita lakukan. Mengapa demikian? Nantinya, handphone kita jadi akan melakukan request ulang ke provider internet kita dan kita pun bisa mendapatkan jaringan yang lebih baik. Caranya cukup dengan menekan icon dua panah melingkar atau icon mobile data selama 1 hingga 2 menit saja. Lalu, nyalakan kembali dan diamkan hingga tanda 4G muncul kembali, dan sinyal internet pun masuk kembali.

Restart Handphone

Jika belum berhasil dengan cara yang pertama tadi, maka lakukan restart pada handphone kita. Dengan melakukan restart pada handphone, kita akan melakukan restart juga terhadap semua termasuk jaringan internet. Mirip dengan Airplane Mode, namun lebih menyeluruh. Jika sudah di-restart, tunggulah hingga handphone sudah bekerja secara menyeluruh dan notifikasi pun biasanya mulai bermunculan.

Periksa Limit Data

Internet yang sering terputus pada handphone mungkin dikarenakan setting pada handphone kita yang menggunakan fitur data limit. Data limit ini adalah fitur dimana handphone akan memutus akses internet jika penggunaan internet kita sudah medekati limit kuota yang sudah ditentukan sebelumnya. Jika handphone kita ternyata sudah mengaktifkan fitur ini, maka segeralah matikan fitur ini. Biasanya, fitur ini tersedia di menu Settings > Data usage.

Hard Reset

Untuk diperhatikan, cara ini harap dilakukan hanya jika semua tips di atas sudah dilakukan, namun sinyal masih saja tetap terputus-putus. Hard reset atau Factory reset memang menyebalkan karena semua data dan aplikasi kita yang tersimpan di handphone akan menghilang. Mengapa hal ini diperlukan? Karena, handphone kita mungkin saja sudah terserang malware yang cukup berbahaya dan menggunakan jaringan internet kita untuk aktif.

Ganti SIM Card

Saat hardware sudah di-reset dan hal ini masih saja terjadi, maka kemungkinan besarnya adalah SIM card kita yang bermasalah. Bisa saja, SIM card-nya sudah usang atau memang rusak secara fisik. Gantilah dengan SIM card yang baru dengan mengunjungi customer care terdekat atau bergantilah dengan provider lain yang sudah terbukti untuk memiliki koneksi yang stabil.

Beli Handphone Baru

Jika masalahnya ternyata bukan di SIM card, dan handphone kita sudah melalui semua tips di atas tadi lalu ternyata masih bermasalah juga, maka segeralah ganti handphone. Karena, memang jika dibiarkan, handphone mungkin akan semakin parah dan jadi tidak bisa digunakan lagi nantinya. Carilah handphone yang memang telah terbukti memiliki hardware yang mumpuni untuk terkoneksi dengan jaringan.

Nah, demikianlah tips-tips yang bisa kita lakukan jika internet kita sering mendadak terputus, seperti mantan pacar dulu. Apakah ada tips yang tertinggal? Komentar di bawah ini, ya!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top