TIPS TRIK GADGET

Tips Aman Perkenalkan Gadget kepada Anak

Admin   05 Jan 2016
Tips Aman Perkenalkan Gadget kepada Anak

Di era modern seperti saat ini tidaklah perlu dipungkiri bahwa gadget bukan lagi menjadi barang pelengkap. Smartphone, tablet, laptop, dan lain-lainnya telah berubah menjadi barang primer yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Bahkan, beberapa orang berpendapat bahwa rasanya tidak hidup lengkap jika menjalani keseharian tanpa gadget.

Secara tidak langsung, penggunaan gadget yang sebagian besar dioperasikan oleh kaum dewasa akan berpengaruh terhadap perkembangan anak-anak yang mengamati ayah dan ibunya menghabiskan waktu selama berjam-jam dengan gadget masing-masing.

Tidaklah salah untuk memperkenalkan dan memberikan gadget kepada anak. Namun, yang perlu diingat, pengawasan yang ketat sangat penting. Berhati-hatilah saat memberikan gadget kepada anak. Jangan sampai mereka malah terjerumus dalam bahaya yang mungkin timbul akibat penggunaan gadget tersebut.

Oleh karena itu, sebaiknya simaklah tips-tips yang aman untuk memberikan gadget kepada anak di bawah ini terlebih dahulu.

Selektif dalam Memilih Gadget

Pilihlah gadget yang mampu menghantarkan konten-konten yang cocok untuk anak. Sebaiknya, carilah game, app, atau program yang bisa membantu sisi kreativitasnya juga.

Selain itu, pergunakan software parental control untuk memblokir akses ke situs-situs internet yang mengandung konten-konten yang buruk, seperti kekerasan atau pornografi.

Berikan Gadget yang Sesuai dengan Kebutuhan

Contohnya, bisa dengan memberikan feature phone yang hanya bisa digunakan untuk menelpon atau mengirim SMS ketika anak ingin menghubungi orangtuanya.

Tidak perlu sampai memberi smartphone yang terlalu canggih pada anak di usia dininya. Dengan memberikan gadget tersebut, justru kita mendorong mereka untuk mengalami kecanduan hingga ketergantungan terhadap perangkat yang terlalu canggih itu.

Batasi Waktu Penggunaan Gadget

Berhati-hatilah untuk memberikan gadget kepada anak, terutama pada waktu-waktu yang diijinkan bagi mereka untuk bermain dengan perangkat tersebut. Jangan sampai anak-anak malah terlalu banyak menghabiskan waktu untuk memainkan gadget.

Pada akhirnya, hal tersebut bisa menyebabkan mereka menjadi pribadi-pribadi yang anti sosial atau cenderung individual dalam kesehariannya.

Lakukan Pendampingan

Selalu dampingi anak-anak di saat menggunakan gadget agar mereka dapat memahami hal-hal yang menyangkut perangkat tersebut mau pun konten-konten yang disajikan.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top