TIPS TRIK

Tips Aman Gunakan Aplikasi Zoom untuk Rapat & Belajar

Anduril   15 Feb 2021
Tips Aman Gunakan Aplikasi Zoom untuk Rapat & Belajar

Dibandingkan aplikasi video call lainnya, aplikasi Zoom saat ini masih yang menjadi primadona di Indonesia. Aplikasi ini populer bagi orang-orang yang harus beraktivitas di rumah selama pandemi virus corona COVID-19.

Zoom digunakan untuk menggantikan pertemuan sosial maupun profesional. Zoom menjadi favorit di antara aplikasi konferensi video lainnya karena karena fungsinya yang cukup lengkap dan bisa memuat hingga ratusan peserta.

Tapi, popularitas aplikasi ini juga dibarengi dengan peristiwa Zoombombing di mana orang tidak dikenal bsa tiba-tiba masuk dan mengganggu pertemuan. Peristiwa ini yang membuat popularitas Aplikasi Zoom rontok di beberapa negara.

Untuk itu kami membagikan beberapa tips untuk tetap aman menggunakan aplikasi konferensi video seperti Zoom, terutama bagi administrator yang membuka ruang virtual untuk rapat.

Tips Aman Menggunakan Zoom

1. Gunakan aplikasi terbaru

Selalu gunakan aplikasi Zoom versi terbaru agar mendapat pembaruan terutama untuk fitur terkini dan keamanan. Selain itu jangan pernah mengunduh layanan Zoom di luar website resmi ataupun Google Play dan Play Store.

2. Jangan sembarangan bagikan tautan

Hanya bagikan tautan rapat, termasuk ID dan kata sandi (password), kepada orang-orang yang akan mengikuti pertemuan tersebut. Hindari membagikan tautan tersebut untuk umum, misalnya melalui media sosial.

3. Aktifkan fitur ruang tunggu (waiting room)

Administrator rapat sebaiknya mengaktifkan fitur waiting room ketika ada peserta rapat yang masuk. Setelah login Zoom dengan memasukkan ID dan kata sandi, peserta akan masuk ke sana menunggu diizinkan masuk oleh administrator. Admin pun sebaiknya hanya mengizinkan masuk orang-orang yang sudah terkonfirmasi akan mengikuti rapat tersebut.

4. Aktifkan fitur "lock meeting"

Batasi jumlah peserta yang akan ikut rapat tersebut. Jika semua peserta sudah hadir, kunci dengan fitur lock meeting sehingga tidak ada lagi yang bisa bergabung dengan rapat tersebut.

5. Jaga keamanan perangkat

Peserta rapat di Aplikasi Zoom juga harus menjaga keamanan di perangkat mereka agar tidak diretas dan dicuri data-datanya.

6. Matikan fitur yang tidak diperlukan

Matikan fitur-fitur yang tidak diperlukan selama konferensi video, misalnya membagikan layar atau Screen Sharing, agar hanya pembicara yang bisa menggunakannya. Matikan juga mikrofon peserta lain jika pembicara sedang memberi penjelasan.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top