REVIEW

Tiny Pixel Farm: Bertani & Beternak Sederhana dalam Satu Layar Saja!

Andy Chan   26 Feb 2021
Tiny Pixel Farm: Bertani & Beternak Sederhana dalam Satu Layar Saja!

Game bertani biasanya membawa pemain untuk mengelola sebuah peternakan dan pertanian, di mana pemain pasti akan disibukkan oleh berbagai hal kecil seperti mengurus makanan ternak, memotong rumput, menanam padi, dan lain sebagainya. Tidak semua orang bersedia untuk memainkan game yang sepertinya bagaikan bekerja ini. Nah, kini Game Start mempersembahkan sebuah game bertani yang agak berbeda dengan biasanya. Mari berkenalan dengan Tiny Pixel Farm.

Pertanian Pixel-Art yang Imut

Dalam Tiny Pixel Farm, pemain berperan sebagai seseorang yang baru saja diberikan warisan sebuah lahan pertanian. Tugas pemain adalah untuk mengatur pertanian mini tersebut dalam satu layar saja, tidak perlu sampai lari berkeliling lapangan yang luas untuk mengerjakan ini itu. Inilah dia game beternak dan bertani yang sederhana dan sangat imut.

Cara Bermain

Lahan pertanian warisan dari sang kakek ini sebenarnya sangatlah terbengkalai. Pemain harus membersihkan lahan pertaniannya dengan memotong rumput-rumput liar, lalu menghidupkannya kembali dengan membeli berbagai macam hewan ternak untuk menghasilkan uang. Semua itu dikendalikan dengan cara mengetuk layar di objek yang diinginkan saja, tidak perlu menggerakkan sang karakter sampai mondar-mandir.

Beternak Hewan

Setelah membersihkan satu bagian dari peternakan, pemain akan bisa menaruh pagar sebagai kandang hewan, lalu memilih hewan yang diinginkan untuk diternakkan. Ada kambing, domba, sapi, babi, dan lain sebagainya, yang masing-masing akan menghasilkan uang. Uniknya, tidak hanya hewan ternak saja yang akan hadir di game-nya, karena nantinya akan ada juga hewan liar seperti serigala, rubah, dan kelinci, yang bisa dijinakkan oleh pemain.

Bertani

Di bagian bawah layar, terlihatlah sebuah lumbung padi yang isinya akan diangkut oleh seorang pekerja. Pemain bisa mengetuk lumbung padi tersebut untuk melihat isinya, yaitu berupa tempat untuk bertani. Pemain tinggal mengetuk hasil pertaniannya saja untuk memanen mereka dan menghasilkan uang.

Tempat Menginap yang Nyaman

Selain untuk beternak dan bertani, lahan pertanian milik pemain juga memiliki akomodasi penginapan, di mana akan ada tamu yang bisa tinggal di dalamnya. Tergantung seperti apa para hewan dan fasilitas yang dimiliki oleh peternakan pemain, akan ada berbagai macam tamu yang ingin bermalam di situ.

Tenaga Bantuan

Seiring dengan semakin banyaknya hal yang harus dikelola oleh pemain, tentunya tenaga bantuan dibutuhkan juga. Pemain bisa menyewa enam orang tenaga bantuan untuk mengatur masing-masing daerah di peternakannya, seperti untuk mengatur kamar tamu, lokasi peternakan, serta di lumbung padi.

Seru Bersibuk Ria di Satu Layar

Sesuai janjinya, Tiny Pixel Farm memang benar-benar dimainkan dalam satu layar saja. Pemain bisa melihat para hewan dan karakternya berkeliaran di lahan pertanian tersebut, di mana sesekali akan ada konsumen yang datang untuk membeli hasil panen di sini. Dengan uang yang dikumpulkan itu, pemain akan bisa memperbagus lahan pertaniannya secara menarik. Yang paling bagus di sini adalah keberadaan sebuah ensiklopedia, di mana pemain bisa memeriksa mengenai hewan-hewan serta tamu yang sudah didapatkannya. Uniknya, semua dialog dalam game ini tidaklah menggunakan kata-kata, melainkan menggunakan talk bubble yang isinya adalah sebuah animasi adegan. Sayangnya, terkadang apa yang dimaksud oleh adegan tersebut, bisa tidak tertangkap oleh pemainnya karena memang agak susah dinalar.

Perlu Bayar untuk Menghilangkan Iklan

Game gratisan yang satu ini memiliki tampilan iklan yang akan muncul di bagian bawah layar, serta menutupi layar ketika pemain menutup menu. Iklan ini bisa dihilangkan dengan membayar Rp. 47.000,- saja, tapi kalau pemain main secara offline, iklan pun sebenarnya sudah tidak muncul. Tiny Pixel Farm tidak menggunakan sistem stamina, namun ada waktu tunggu ketika pemain membangun sesuatu, misalnya membangun kandang baru untuk hewan, dan lain sebagainya.

Tiny Pixel Farm boleh dibilang sebagai game bertani yang sangat sederhana dan imut. Pemain bisa menikmatinya kapan pun dia mau, cukup dengan membuka ponsel pintarnya, dan dalam hitungan detik, pemain bisa langsung melanjutkan permainan dari titik di mana dia meninggalkannya. Mari kita bertani dan beternak bersama Tiny Pixel Farm!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top