REVIEW

Tiny Guardians, Tower Defense dengan Berbagai Twist

Anduril   07 Aug 2018
Tiny Guardians, Tower Defense dengan Berbagai Twist

Kurechii merupakan developer asal Malaysia yang membuat King’s League Odyssey. Kali ini sang developer menelurkan lagi game terbaru dari mereka berjudul Tiny Guardians yang tampaknya tidak ingin jauh-jauh dari bayangan King’s League Odyssey yang cukup sukses. Pasalnya, mereka menerapkan genre strategi yang mirip tapi dengan kemasan yang cukup berbeda.

Tiny Guardians dimulai dengan cerita bahwa segerombolan penjahat menculik guru dari Lunalie, protagonis dalam game ini. Dalam keadaan rumah yang porak-poranda, sang karakter utama kemudian langsung bergegas mengejar gerombolan tersebut untuk menyelamatkan sang guru. Lunalie sendiri memiliki semacam kemampuan magis yang dapat mengubah kartu yang dimilikinya menjadi kesatria dengan berbagai kelas.

Kamu sendiri akan menjalani level demi level di mana di setiap levelnya kamu harus berjalan dari awal sampai titik akhir dengan musuh yang akan terus berdatangan menyerang kamu. Dengan berbagai kesatria yang kamu punya, kamu harus pintar-pintar mengatur strategi kelas mana yang ingin kamu gunakan terlebih dahulu. Total ada 12 kelas yang bisa kamu gunakan, contohnya Warrior, Archer, Magician, Berseker, dan lainnya.

Setiap level mempunyai cara penanganan yang berbeda-beda dan harus menghitung juga jumlah mana yang kamu miliki di awal game, hingga berapa jumlah mana yang dibutuhkan untuk mengeluarkan satu kesatria. Salah strategi di awal game, akan membuat kamu mati cepat. Masalahnya, kamu akan game over ketika Lunalie kehabisan nyawa, sedangkan jika kesatria kamu kehabisan nyawa, mereka bisa hidup lagi walaupun harus menunggu beberapa saat.

Sebagai sebuah Tower Defense, Tiny Guardians adalah salah satu game yang cukup sulit. Akan banyak sekali musuh yang datang ke arah kamu saat kamu masih harus mengatur posisi para kesatria milikmu. Contohnya Archer, Magician, dan Healer akan lebih cocok ditempatkan di barisan belakang karena daya gedor mereka malah akan berkurang juga menyerang musuh dari jarak dekat.

Untungnya game ini memiliki sistem upgrade yang bisa kamu gunakan pada setiap kesatria milikmu jika mana yang kamu punya sudah cukup, tujuannya tentu saja agar kamu bisa tetap bertahan dari gempuran musuh. Dengan melakukan upgrade, para kesatria tersebut tentu saja akan menjadi semakin kuat dan efektif.

Melalui sistem ini juga, permainan justru lebih diutamakan untuk melakukan upgrade kesatria daripada menambah jumlah mereka. Kualitas daripada kuantitas. Di samping kesatria dengan kemampuan upgrade, kamu juga dibekali beberapa power-up untuk membantu kamu dalam menghadapi musuh. Misalnya saja hujan meteor yang langsung bisa mengurangi nyawa musuh secara signifikan, atau kemampuan untuk menambahkan nyawa karakter kamu di daerah tertentu.

Belum cukup sampai di sana, Tiny Guardians juga menyediakan sistem upgrade kelas dengan menggunakan jumlah bintang yang kamu dapatkan setiap menyelesaikan level. Jadi kalau kamu bisa mengumpulkan tiga bintang setiap levelnya, maka kamu akan mendapatkan kesempatan upgrade lebih besar. Bagaimana cara mengumpulkan tiga bintang? Jawabannya dengan langsung memanggil gelombang musuh berikutnya walaupun sebenarnya belum waktunya. Memang hal tersebut akan membuat kamu tambah kerepotan atau bahkan mempunyai risiko gagal total. Tetapi inilah saatnya untuk berlatih menghadapi tantangan.

Lalu bagaimana caranya untuk mendapatkan ke-12 kelas yang ada? Pertama kamu akan mendapatkannya seiring dengan permainan. Kedua, kamu bisa membelinya dengan menggunakan koin. Nah, kamu pasti bertanya bagaimana cara mendapatkan koin? Yang pasti, kamu akan mendapatkan satu koin ketika berhasil menyelesaikan sebuah level. Tetapi ada cara lain yaitu dengan menyelesaikan tantangan khusus yang diberikan dalam game.

Tantangan tersebut misalnya seperti menyelesaikan level yang sama tetapi tanpa bantuan kelas Warrior, tidak boleh ada kesatria yang mati, dan hanya boleh upgrade karakter satu kali saja. Atau contoh lainnya memainkan mode hard untuk sebuah level. Jumlah koin yang bisa kamu dapat ditentukan dari tingkat kesulitan tantangan ini. Cara terakhir yang bisa lakukan adalah tentu saja dengan membeli IAP.

Game ini akan sangat cocok dimainkan oleh orang-orang yang gemar memainkan game strategi apalagi dengan gaya micro management. Fitur yang melimpah dengan desain game dan gameplay yang sangat baik seakan menutupi beberapa kekurangan, terutama di urusan IAP, apalagi kalau mengingat game ini tidak gratis.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top