REVIEW KOMIK

Tintin Match, Bertualang bersama Tintin dalam Puzzle Match-Three yang Sangat Menantang

Andy Chan   02 Nov 2020
Tintin Match, Bertualang bersama Tintin dalam Puzzle Match-Three yang Sangat Menantang

Kalian kenal dengan seri komik dari Belgia yang berjudul Petualangan Tintin? Komik karya Herge ini sempat tenar di tanah air, dan pastinya sang tokoh utama berikut karakter pendukungnya seperti Tintin, Kapten Haddock, Profesor Kalkulus, si kembar Thompson & Thomson tetap diingat oleh para pembacanya. Nah, kini kalian akan dibawa nostalgia kembali pada kisah Tintin tersebut dalam game berjudul Tintin Match.

Puzzle Match Three

Sesuai dengan judulnya, kalian pasti sudah bisa menebak genre apa yang digunakan oleh permainan karya 5th Planet Games ini, yaitu puzzle match-three. Memang sepertinya game ini tidak jauh berbeda dengan game puzzle match-three lainnya, namun Tintin Match memiliki keunikan tersendiri.

Membuat sebuah Diorama

Dalam Tintin Match, pemain akan disambut ke dunia petualangan Tintin, di mana mereka akan merekreasi ulang sebuah adegan dalam cerita petualangan Tintin yang klasik. Adegan ini diambil dari berbagai macam komik Tintin, seperti Hiu Hiu Laut Merah, Kepiting Capit Emas, dan lain sebagainya.

Bermain Puzzle untuk mendapatkan Piece

Pemain memainkan puzzle match-three untuk mendapatkan bagian-bagian dari diorama yang disediakan. Sistem puzzle match-three-nya sendiri masih sama dengan yang umum, di mana pemain bisa menyusun empat atau lebih gems yang sama untuk mendapatkan booster khusus seperti bom, meriam, kapal, dan lain sebagainya. Seperti biasa, pemain dibatasi langkahnya untuk mencapai target dalam sebuah level.

Sistem Tiga Bintang

Unik untuk Tintin Match adalah keberadaan sistem tiga bintang dengan requirement yang menantang: yang pertama adalah menyelesaikan level tersebut, kedua adalah menyelesaikan level-nya dengan langkah seminim mungkin, dan ketiga, menyelesaikan level-nya dengan mengaktifkan booster sebanyak mungkin. Setiap bintang akan menghasilkan sebuah bagian dari diorama, dan jumlah bintang yang sudah diakumulisi juga menjadi salah satu syarat untuk bisa melewati sebuah level tertentu. Sayangnya, game ini bisa dibilang memiliki tingkat kesulitan cukup tinggi, jadi kemungkinan pemain akan kesulitan melewati level tertentu, apalagi untuk mendapatkan tiga buah bintang.

Membuat Diorama

Setelah mengumpulkan sejumlah bagian diorama, pemain pun akan bisa meng-unlock bagian dari diorama yang disediakan. Ini berarti, pe-er dair pemain adalah untuk berusaha mendapatkan tiga buah bintang di setiap level-nya demi bisa menyelesaikan diorama tersebut hingga sempurna.

Representasi Adegan Petualangan Tintin yang Keren

Memainkan game yang satu ini akan membawa kalian bernostalgia di dunia Tintin. Diorama yang disajikan dalam Tintin Match, ditampilkan dengan grafis tiga dimensi, dan bagi pembaca setia Petualangan Tintin, pastinya akan langsung mengenali adegan tersebut. Selain itu, ketika sedang memainkan puzzle match-three, pemain akan bisa melihat adegan Tintin tersebut disajikan dengan animasi yang sederhana.

Sebaiknya, Dimainkan Online

Secara teknis, Tintin Match sebenarnya tidak membutuhkan koneksi Internet, tapi kalau dimainkan secara offline, layar loading awal akan menjadi sangat lama. Meskipun begitu, setelah pemain berhasil masuk ke dalam game-nya, Tintin Match sama sekali tidak membutuhkan koneksi Internet. Asyiknya, game free-to-play yang satu ini ternyata tidak menampilkan iklan sama sekali, bahkan tidak ada sistem stamina ataupun life. Pemain bebas mengulang level sesuka hati tanpa batasan apapun. Mikrotransaksi dihadirkan untuk pembelian paket-paket booster serta koin, kalau dibutuhkan.

Meskipun sebenarnya puzzle match-three-nya Tintin Match ini bukanlah sesuatu yang spesial, namun balutan kisah Petualangan Tintin sang wartawan ini bisa menjadi nostalgia tersendiri bagi para fans.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top