REVIEW

Tile Fun, Permainan Matching Sederhana yang Ternyata Adiktif

Andy Chan   23 Nov 2020
Tile Fun, Permainan Matching Sederhana yang Ternyata Adiktif

Kalian sedang mencari game puzzle match yang lebih sederhana dan menarik dibandingkan dengan model puzzle match-three pada umumnya? Pernah tahu mengenai permainan mahjong tiles yang bermodel match? Nah, Mint Games telah menyediakan game semodel itu dengan judul Tile Fun!

Tile Matching Game

Tile Fun pada dasarnya adalah sebuah game tile matching, di mana pemain mencoba melakukan matching pada tiga buah tile. Aturan permainannya agak sedikit berbeda dengan aturan game mahjong tiles match pada umumnya, oleh karena itu, game ini pantas disebut sebagai game mahjong match yang tidak lazim.

Cara Bermain

Pada Tile Fun, pemain diberikan sebuah medan permainan berupa karpet tatami, di mana di atasnya diletakkan tile-tile berisikan gambar unik. Sementara itu, di bagian bawah layar, terdapat sebuah scroll yang bisa diisi dengan tujuh buah tile. Korelasi mereka adalah, pemain bisa mengambil tile dari tumpukan tile di medan permainan, lalu menaruhnya di scroll tersebut. Pemain harus mengambil tiga buah tile yang sama untuk melakukan matching di atas scroll tersebut. Kalau pemain mengisi ketujuh tempat di atas scroll tersebut hingga penuh, namun tidak ada satupun yang berhasil menjadi match-three, maka permainan akan berakhir. Habiskan seluruh tile yang ada di atas karpet tatami untuk menang. Sederhana, kan?

Tools Pembantu

Untuk membantu pemain dalam menghabiskan tile tersebut, disediakanlah tiga buah tools yang bisa membantu. Tools tersebut adalah Undo untuk mengembalikan tile yang sudah diambil ke medan permainan, Tips untuk menunjukkan tile mana yang bisa diambil dan di-match, serta shuffle untuk mengacak kembali tile yang ada di medan permainan. Seperti biasa, semua tools ini terbatas jumlah penggunaannya.

Menantang dan Adiktif

Dengan total 2000 buah level, pemain akan ditantang di setiap level-nya untuk menyelesaikan puzzle tersebut dengan cepat dan tepat. Semakin cepat mereka menyelesaikan level, semakin tinggi juga kesempatan untuk mendapatkan tiga buah bintang sebagai penanda prestise level. Pemain akan ditantang memutar otak mengenai tile mana yang sebaiknya diambil terlebih dahulu, karena bisa-bisa, justru tile-tile tersebut akan memenuhi scroll sebelum sempat terjadi matching dan mengakibatkan game over. Ditambah dengan tidak adanya sistem stamina, kedua elemen inilah yang menjadikan Tile Fun ini adiktif.

Berpenampilan Menarik

Memang Tile Fun bukanlah game dengan grafis yang mewah atau megah, namun tampilannya yang sederhana ini ternyata cukup menarik, dan cocok sebagai game mahjong tile puzzle. Meskipun animasinya cukup minim, namun dengan dukungan lagu yang menggembirakan serta efek suara yang lucu, bisa membuat permainan menjadi menyenangkan hati.

Banyak Mikrotransaksi

Tile Fun disajikan secara free-to-play, dan serunya, tidak memiliki sistem stamina / energi, maupun Life. Bahkan game-nya juga tidak membutuhkan koneksi Internet, meskipun ada banyak iklan yang harus ditonton apabila pemain ingin mendapatkan berbagai macam reward. Selain iklan, pemain juga bisa memanfaatkan berbagai macam mikrotransaksi di dalam game ini, mulai dari pembelian mata uang premium Coin, pembelian tools, hingga pembelian VIP Golden Pass dengan harga bervariatif demi mendapatkan VIP Skin.

Tapi secara garis besar, Tile Fun ini merupakan game puzzle yang cocok untuk segala umur.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top