istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
porno izleporno izleporno izleporno izleporno izlepornopornopornopornopornopornopornoporniocoolpornpornspotsex pornosex pornosex pornosex hikayesex hikaye
NEWS

TikTok Ciptakan Avatar AI dari Wajah Asli Pengguna guna Promosi Produk

Vent Fleur   19 Jun 2024
TikTok Ciptakan Avatar AI dari Wajah Asli Pengguna guna Promosi Produk

Tidak ingin tertinggal dengan perkembangan teknologi kekinian, TikTok ikut menerapkan kecerdasan buatan atau AI untuk fitur pada aplikasinya. Pada April lalu, TikTok dilaporkan tengah menggarap avatar berbasis AI yang bisa digunakan untuk para pengiklan dalam menjual produk mereka di platform tersebut. Kini, TikTok telah mengumumkan proyek “avatar digital” ke publik, khususnya untuk kreator konten maupun brand.

Mengutip dari Engadget, avatar AI ini dibuat untuk memudahkan para kreator dan pelaku bisnis dalam menciptakan konten brand yang masih memiliki nuansa manusiawi. Namun, dengan kehadiran avatar AI, pelaku bisnis maupun kreator tidak memerlukan waktu dan sumber daya dalam membuat iklan yang diproduksi dan diedit secara khusus.

Ada dua jenis avatar yang digarap oleh TikTok, yaitu “Stock Avatars” dan “Custom Avatars”. Stock Avatars merupakan avatar yang dirancang berdasarkan pada influencer berbayar. Sementara Custom Avatars adalah avatar khusus yang telah dibuat oleh kreator dan juru bicara brand. Kedua jenis avatar tersebut akan hadir di TikTok untuk mempermudah promosi produk, serta dapat disesuaikan untuk berbicara dalam berbagai bahasa berdasarkan audiens yang dituju.

Selain itu, perusahaan mengatakan bahwa fitur avatar AI pada TikTok juga membantu kreator konten untuk menjangkau lebih banyak audiens, serta menghasilkan banyak pendapatan iklan bagi pelaku bisnis.

Meskipun kehadiran avatar AI tergolong menguntungkan dari segi pendapatan, namun tidak sedikit pengguna yang mengkritisinya. Laman Engadget berpendapat bahwa avatar AI milik TikTok memang dapat menyerupai penggunanya. Namun, gaya bicara dan pergerakannya cenderung menyerupai robot. Mereka juga menuturkan bahwa kemungkinan avatar AI ini ke depannya akan membantu para kreator dalam menjual produk viralnya melalui TikTok Shop secara meluas dan cepat.

Selain avatar AI, TikTok sebelumnya pernah melakukan uji coba untuk menghadirkan influencer virtual berbasis AI. Namun, rencana ini menuai kontroversi dan kekhawatiran dari para kreator konten. Pasalnya, influencer AI memiliki tujuan yang sama dengan kreator konten atau influencer manusia, yakni mempromosikan produk di TikTok Shop.

Akan tetapi, TikTok mengungkapkan bahwa rencana tersebut belum siap untuk diterapkan. Perusahaan juga mengatakan jika mereka akan menggunakan AI ke depannya hanya sebagai pelengkap fitur, bukan menggantikan posisi kreator konten manusia.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top