REVIEW

Ticket to Ride

Anduril   17 Oct 2016
Ticket to Ride

Ternyata, board game gateway terbaik karya Alan R Moon hadir di smartphone. Game yang kami maksud adalah Ticket to Ride, sebuah board game klasik yang pertama kali muncul di tahun 2004. Sebagai sebuah gateway, biasanya game ini akan memiliki aturan yang sangat sederhana dan replayability yang baik. Di versi fisiknya, kami menemukan kedua elemen tersebut. Tetapi, apakah hal tersebut juga hadir pada versi mobile-nya? Well, kalau penasaran, kalian harus membaca review ini sampai habis.

Seperti yang bisa dibaca di atas, Ticket to Ride adalah sebuah board game gateway. Artinya, kalian akan mendapat sebuah pengalaman bermain yang bakal membuat kalian mulai menyukai board game. Secara tidak langsung, Alan R Moon ingin memberitahukan bahwa Ticket to Ride adalah sebuah board game yang cocok dimainkan siapa saja. Pada versi fisik Ticket to Ride, kalian akan mendapati berbagai model kereta dan kartu-kartu, yang harus dipersiapkan terlebih dahulu, sebelum mulai bermain.

Tentunya, proses menyiapkan tersebut dihilangkan sepenuhnya karena perubahan format. Di satu sisi, perubahan format ini menyenangkan. Di sisi lainnya, perubahan ini membuat kami merasakan semacam kehilangan.

Ticket to Ride merupakan sebuah game yang melibatkan peta, kota yang terhubung dengan jalur kereta, kartu kereta, dan tiket misi. Kalian memulai permainan dengan memilih tiket yang ingin kalian kerjakan. Tiket tersebut berisi rute-rute yang harus dikerjakan untuk mendapatkan VP (Victory Point). Bila mengerjakan sebuah rute, kalian akan mendapatkan VP sesuai dengan panjangnya rangkaian kereta yang dibutuhkan untuk menyelesaikan rute tersebut. Bila kalian menyelesaikan tiket, akan ada VP tambahan yang bisa didapat di akhir permainan.

Biasanya, makin panjang rute, makin besar pula VP yang bisa didapat. Tetapi, rute-rute yang panjang butuh resource yang besar dan cenderung lama untuk dikerjakan. Kalian harus berhati-hati dalam memilih kartu tiket. Pasalnya, tiap kartu tiket yang gagal kalian kerjakan bakal mengurangi VP sejumlah nilai VP yang tertera.

Permainan dimulai dengan mengambil kartu kereta dan memilih tiket yang ingin dikerjakan. Di atas peta, akan ada beberapa kartu yang terbuka dan tertutup. Di tiap giliran, kalian bisa memasang rute atau mengambil dua kartu kereta. Tiap rute yang memiliki warna, membutuhkan kereta dengan warna yang sama. Bila ada rute berwarna putih, artinya kalian bisa mengisi rute tersebut dengan kereta apa saja, asal satu warna. Bila kalian mendapat lokomotif, lokomotif tersebut bisa berubah jadi warna apa pun.

Bila mendapat lokomotif dari kartu yang tertutup, maka kalian bisa mengambil satu kartu lagi. Tetapi, apabila lokomotif diambil dari kartu yang terbuka, maka kalian tidak bisa mengambil kartu lain, vice versa.

Ticket to Ride menyediakan mode multiplayer yang bisa terkoneksi hingga ke lima orang pemain. Game ini memang bisa dimainkan oleh banyak orang, sehingga mencari lawan bukanlah suatu hal yang mustahil. Bila berkeinginan untuk belajar atau sekedar sedang iseng, kalian bisa melawan AI yang menurut kami sangatlah mudah untuk dikalahkan. Jadi, tetaplah melawan pemain lainnya hingga kalian benar-benar lihai dalam menjepit kota yang menjadi target musuh dan membuat mereka salah langkah.

Bila mencintai strategi yang rumit dan kompleks, kalian mungkin akan cepat bosan untuk memainkan Ticket to Ride. Karena, game ini pada dasarnya memang bukanlah ditujukan untuk kalian yang mencintai berbagai kompleksitas. Tetapi, apabila kalian menginginkan sebuah board game digital yang santai dan aman untuk dimainkan bersama keluarga, Ticket to Ride adalah game yang paling tepat untuk kalian miliki. Oh, iya. Ticket to Ride sangat nyaman dimainkan di tablet dengan ukuran layar tujuh inci ke atas.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top