REVIEW

The X-Files: Deep State, Kembalinya seri The X-Files sebagai Game Hidden Objects

Andy Chan   11 Jul 2019
The X-Files: Deep State, Kembalinya seri The X-Files sebagai Game Hidden Objects

THE TRUTH IS OUT THERE. Siapa tidak kenal dengan tagline ini? Dibintangi oleh David Duchovny dan Gillian Anderson, serial TV yang berjudul The X-Files ini memang fenomenal. Kisahnya sendiri mengenai agen FBI Fox Mulder (Duchovny) yang terobsesi dengan paranormal, bersama dengan partnernya Dr. Dana Scully (Anderson) yang menyelidiki berbagai kasus aneh di dunia. Kini The X-Files pun bisa dinikmati di ponsel pintarmu dalam bentuk sebuah game karya Creative Mobile Games yang mereka beri judul The X-Files: Deep State.

Kisah Agen FBI Baru

Selamat datang di unit X-Files FBI. Sebagai seorang agen baru, pemain bersama dengan agen khusus Dale telah terpilih untuk menyelidiki TKP yang bernuansa paranormal dan mencoba memecahkan misteri yang tidak memiliki penjelasan ilmiah. Di setiap kasus baru, pemain akan pergi ke lokasi baru, menemukan konspirasi dan intrik, sambil mencari petunjuk dan memecahkan puzzle dalam berbagai layar TKP.

Mencari Benda Tersembunyi

Pada dasarnya, The X-Files: Deep State adalah sebuah game hidden objects, di mana pemain bertugas untuk mencari benda-benda yang tersembunyi di sebuah lokasi. Di saat penyelidikan berlangsung, pemain akan diberikan sejumlah benda untuk ditemukan, dan pemain cukup menyentuh benda tersebut di layar untuk mengambilnya.

Tools Pembantu

Tersedia beberapa buah tools yang siap membantu pemain untuk menyelesaikan sebuah lokasi hidden objects. Sebelum memainkan sebuah lokasi, pemain bisa menggunakan beberapa buah booster, seperti x2 points, x6 combo, serta combo freeze. Selain itu, tentu saja ada Hints yang bisa digunakan untuk langsung menemukan sebuah objek, tapi jumlahnya terbatas.

Batasan Waktu

Ketika sedang berada dalam cerita, maka penyelidikan sebuah lokasi tidak memiliki batasan waktu. Namun jika pemain sedang memainkan game hidden objects demi mendapatkan bintang dan uang tambahan, maka stage tersebut biasanya diberi batasan waktu. Keberadaan batasan waktu ini ditambah dengan lokasi permainan yang boleh dibilang agak ramai dan tidak bisa di-zoom, membuat permainan menjadi lebih sulit dari seharusnya. Apalagi ada sistem stamina yang membatasi pemain dalam memainkan sebuah stage, akibatnya permainan akan terhenti apabila pemain terlalu sering gagal.

Penyelidikan FBI

Tapi The X-Files: Deep State tidaklah mutlak hanya sebuah game hidden objects saja. Pemain akan bisa melakukan penyelidikan seperti game-game detektif juga seperti menanyai para saksi, menyusun petunjuk, berdialog dengan tersangka, dan lain sebagainya. Hal ini membuat The X-Files: Deep State terasa lebih seperti game detektif dengan elemen hidden objects.

Ciptakan Avatarmu sendiri

Uniknya The X-Files: Deep State adalah pemain yang bisa menciptakan sendiri avatar dirinya sesuai keinginan. Baik karakter pria ataupun wanita, pemain bisa mengkustomisasi dirinya dengan berbagai jenis rambut, warna kulit, serta pakaian. Asyiknya, setelah pemain mengumpulkan sejumlah uang, akan tersedia pakaian serta jenis rambut lain yang bisa dibeli untuk mengkustomisasi karakter lebih lanjut.

Lengkap bersama Karakter-karakter The X-Files

Selain avatarmu dan agen khusus Garret Dale sebagai seorang mentor, kalian juga akan bisa bertemu dengan karakter-karakter terkenal dari serial TV The X-Files. Ya, kalian juga pasti bisa bertemu dengan agen Fox Mulder dan Dr. Dana Scully. Bahkan opening dari game ini pun menggunakan lagu opening The X-Files yang khas.

Hidden Objects yang Free-to-Play

The X-Files: Deep State disajikan secara free-to-play, dan asyiknya, game ini bisa dimainkan tanpa koneksi Internet, kecuali untuk melanjutkan ke kasus berikutnya karena membutuhkan download. Namun seperti biasanya game-game free-to-play, semakin jauh pemain memainkan game-nya, semakin sulit pula permainannya, sehingga keberadaan sistem stamina / energi di sini bisa menjadi sebuah penghambat yang sangat menyebalkan. Hal ini tentu saja dilakukan untuk mengarahkan pemain membeli mikrotransaksi mereka yang menyediakan unlimited energi, booster, dan menghilangkan timer.

Bagi penggemar The X-Files, game The X-Files: Deep State ini bisa dijadikan sebagai sarana untuk mereka ikutan menyelidiki misteri paranormal dalam dunia The X-Files. Namun tingkat kesulitan yang tinggi serta keberadaan sistem energi yang terbatas akan mengusir para pemain yang hanya ingin menikmati permainan secara santai.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top