REVIEW

The Walking Zombie 2, FPS Zombie RPG yang Seru & Kocak

Andy Chan   06 Aug 2020
The Walking Zombie 2, FPS Zombie RPG yang Seru & Kocak

Ketika seorang anak lahir di dunia kiamat zombie, dia pun menjadi seorang yang terpilih untuk menjadi penyelamatnya gara-gara ternyata dia imun terhadap virus zombie. Tentu saja, perjuangannya tidak akan seluwes yang dibayangkan, dia harus berusaha bertahan hidup melawan serangan zombie, bandit, dan lain sebagainya. Itulah latar belakang dari permainan zombie shooter ini, The Walking Zombie 2.

Bertualang di Dunia Zombie

Dibawakan oleh Alda Games, pemain akan berperan sebagai seseorang yang lahir di dunia zombie. Dia akan pergi bertualang untuk menyelesaikan berbagai macam quest, menaikkan level, dan lainnya dalam The Walking Zombie 2.

Zombie FPS RPG

Sebenarnya The Walking Zombie 2 adalah sebuah game RPG, namun pemain mengendalikan karakternya dalam sudut pandang first person, dan banyak tembak-menembak dengan para zombie, sehingga game ini cukup pantas disebut sebagai zombie RPG.

Sistem Kendali FPS

Untuk mengendalikan karakternya, pemain menggunakan sistem kendali FPS ala Mobile, yaitu di bagian kiri bawah ada virtual analog untuk menggerakkan karakter, sementara jempol kiri bebas digunakan untuk menggeser-geser layar agar bisa melihat secara bebas. Pemain juga bisa berinteraksi dengan sesuatu apabila dia sudah berada di dekatnya, seperti mengambil barang atau berbicara dengan karaker lain. Cukup sentuh tombol konteks yang akan muncul ketika sudah dekat dengan sesuatu yang bisa diinteraksikan.

Mengatur Inventory dan Menyerang Musuh

Dengan menyentuh tombol tas, pemain bisa mengakses inventory-nya, di mana dia bisa meng-equip berbagai macam gear di karakternya, juga bisa meng-equip macam-macam senjata. Cara menyerang musuh di sini cukup mudah, cukup arahkan crosshair senjatanya ke arah musuh maka dia akan secara otomatis menyerang, biasanya dengan cara menembak.

Mengikuti Story Quest

Petualangan pemain di dunia zombie ini dimulai dari Campnya di mana pemain bisa berkeliaran untuk berbicara dengan para penghuni. Biasanya mereka akan memberikan quest untuk diselesaikan, apakah itu disuruh membunuh zombie, memperbaiki pagar, atau disuruh mengodok-odok toilet yang berisi kotoran manusia untuk mendapatkan jam yang jatuh ke dalam. Ya, ini game seperti itu.

Sistem RPG

Meskipun karakter pemain tidak bisa dikustomisasi penampilannya, namun bisa diberi nama sendiri serta dikustomisasikan skill dan perk-nya. Point untuk skill ini bisa didapatkan dengan naik level, persis dengan game RPG pada umumnya. Ada skill untuk berdialog, skill untuk menembak, dan lain sebagainya yang berguna di dunia kiamat zombie ini.

Grafis yang Blocky, namun Tetap Keren

Grafis yang digunakan oleh game The Walking Zombie 2 ini sebenarnya sangatlah blocky, namun jumlah poligon yang digunakan untuk model 3D nya masih lumayan banyak dan tampak modern, sehingga karakter-karakternya masih terlihat seperti manusia dan binatang, meskipun sebenarnya tetap terlihat kotak-kotak. Yang pasti, animasi menembak dan reload senjatanya terlihat keren, tidak kalah dengan game Call of Duty. Meskipun begitu, kadang-kadang quest yang diberikan cukup kocak, seperti disuruh mengodok-odok toilet yang penuh dengan kotoran manusia, lengkap dengan asap bau yang menyengatnya.

Sebaiknya, Dimainkan Offline

Meskipun pada mulanya game The Walking Zombie 2 ini sepertinya membutuhkan koneksi Internet, namun sebenarnya game ini bisa dimainkan secara offline. Berhubung game ini menganut aliran free-to-play, maka bisa dipastikan akan ada video iklan yang ditembakkan ke arah pemain, sehingga memang sebaiknya dimainkan secara offline saja. Sedikit sistem stamina ada pada penggunaan bahan bakar ketika pemain ingin berjalan dari satu lokasi ke lokasi lain. Bagi yang membutuhkan, mikrotransaksi pun tetap bisa digunakan untuk pembelian koin, armor, serta menghilangkan iklan.

Sebagai game single player FPS RPG, game The Walking Zombie 2 ini cukup klasik. Grafisnya yang terlihat cukup retro, namun tetap menawan, sistem RPG yang menari kuntuk dicoba, puluhan cerita dan side quest unik, dan banyaknya senjata dan gear untuk digunakan, membuat game yang satu ini sangat menarik untuk dicoba. Bisakah kalian menemukan cure untuk dunia zombie ini? Cari tahu dengan memainkan The Walking Zombie 2!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top