REVIEW KOMIK FILM

The Long Ballad, Drama asal China yang Penuh Kontroversi

NanaMiku   12 Apr 2021
The Long Ballad, Drama asal China yang Penuh Kontroversi

Serial drama asal China akhir-akhir ini terus naik daun. Salah satu genre yang menarik dari drama China adalah wuxia. Buat yang kalian tidak tahu apa itu wuxia, genre ini artinya adalah martial heroes atau bisa juga dibilang sebagai cerita silat.

Cerita wuxia sendiri sudah panjang sejarahnya, bahkan ada sempat serial drama china yang tayang di Indonesia yaitu Legenda Pendekar Pemanah Rajawali dan Kisah Pedang Langit dan Golok Pembunuh Naga. Di 2021 ini, salah satu drama China bertemakan wuxia yang lagi ramai di bahas adalah The Long Ballad.

The Long Ballad kini lagi ramai dibahas oleh netizen karena penuh kontroversi karena dianggap mengancam persatuan, merusak kedaulatan negara, dan memutarbalikkan sejarah. The Long Ballad mengisahkan pemberontakan yang dipimpin oleh pangeran kerajaan Li Shi Min (diperankan oleh Geng Le). Dia bahkan sampai nekat menghabisi saudaranya yaitu Li Jiancheng. Anak perempuan dari Li Jiancheng yaitu Li Chang Ge (diperankan oleh Dilraba Dilmurat) berhasil melarikan diri dan menyamar sebagai pria. Chang Ge ingin mengumpulkan pasukan demi membunuh Li Shi Min dan membalas dendam keluarganya.

Tema utama serial ini memang bertemakan balas dendam, tetapi kalian juga akan disuguhi drama, sejarah, dan romansa. Selain menceritakan tentang Li Chang Ge, kalian juga bisa menikmati intrik politik dari Dinasti Tang, dinasti yang merupakan titik tertinggi dari peradaban China.

Cerita pun semakin seru ketika Li Chang Ge kalah dalam pengepungan yang dilakukan oleh Jenderal Ashina Sun (Leo Wu). Sepanjang cerita, kalian bisa melihat sosok Li Chang Ge yang merupakan pemeran utama wanita dan digambarkan dengan sosok yang tangguh dan berani dalam memperoleh keinginannya. Kalian juga akan bisa melihat kisah persahabatan, percintaan, dan pengkhianatan yang dialami oleh Li Chang Ge. Tidak hanya itu, mata kalian juga akan dimanjakan oleh pemandangan yang indah.

The Long Ballad sebenarnya mengadaptasi manhua (komik China) yang berjudul sama (judul asli Chang Ge Xing). Komiknya dikarang oleh Xia Da dan pertama kali terbit sejak 2011 dan sudah tamat di 2016. Komiknya sendiri sudah mendapatkan banyak penghargaan seperti Golden Dragon Award untuk komik untuk perempuan terbaik dan juga Newcomer Award untuk Sino-Japanese Youth Exchange Cartoon Festival. Adaptasi dramanya sendiri sudah mulai syuting sejak 2019.

Hal lainnya yang menjadi sorotan dari The Long Ballad adalah para pemeran dan sutradaranya. Karakter utama dari drama ini diperankan oleh Dilraba Dilmurat atau dikenal juga sebagai Dilireba. Dia memulai karirnya di bidang akting sejak 2013 dan kini sudah mendapatkan lebih dari 20 nominasi penghargaan. Dilireba juga terkenal sebagai penyanyi. Dia sering menyanyikan lagu soundtrack dari drama dan film yang diperankannya. Dia juga sempat menghadirkan lagu sumbangan untuk COVID-19 berjudul Hand in Hand.

Sedangkan pemeran utama prianya adalah Leo Wu yang berperan sebagai Ashina Sun, Jenderal yang menyukai Li Chang Ge. Leo Wu memulai karirnya sebagai bintang iklan di 2002. Pada tahun 2006, dia menjajal dunia akting layar kaca hingga layar lebar. Karir Leo Wu yang terus melejit membuatnya masuk dalam daftar 30 Under 30 Asia 2017 versi Forbes Cina. Leo Wu juga sering disebut sebagai Nation’s Little Brother di China.

Tidak hanya itu, pemeran pendamping pun tidak kalah mempesona. Liu Yuning memerankan Hao Du, jenderal yang ditugaskan untuk membunuh Li Chang Ge. Li Yuning adalah aktor dan juga penyanyi. Dia adalah penyanyi utama dari band rock Modern Brothers. Sedangkan Zhao Lusi memerankan sepupu dari Li Chang Ge yang bernama Li Leyan. Nama Zhao Lusi masih tergolong baru di dunia akting, tetapi dia pernah memenangkan 2 kategori aktris terbaik dalam ajang yang berbeda.

Bahkan pemeran pendukung pun tidak kalah menarik. Beberapa aktor dan aktris yang menarik perhatian adalah Geng Le yang memerankan Li Shi Min, paman dari Li Cheng Ge. Ada juga penyanyi folk sekaligus aktris Sa Ding Ding yang memerankan Jing Dan. Pemeran ternama lainnya adalah Lu Xing Xu, Allen Fang, Liu Yan Bei, dan Chao Xi Yue.

Serial drama The Long Ballad disutradarai oleh Zhu Rui Bin atau dikenal juga sebagai Chu Yui Bin. Ini bukanlah pertama kalinya dia bekerja dengan Dilireba. Sebelumnya mereka pernah berkolaborasi dalam Eternal Love of Dream.

The Long Ballad terdiri dari 50 episode dan sudah tayang di Viu sejak awal April.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top