TIPS

Tetap Hemat Kuota Internet saat Gunakan WhatsApp

en19ma   10 Jul 2018
Tetap Hemat Kuota Internet saat Gunakan WhatsApp

Sekarang ini, siapa yang tidak kenal dengan layanan pesan instan WhatsApp yang jumlah penggunanya kini sudah menembus angka 1,5 miliar itu? Mungkin Anda sendiri juga merupakan salah satu penggunanya. WhatsApp saat ini sudah dijadikan sebagai salah satu alat utama untuk berkomunikasi di berbagai belahan dunia.

Begitulah, WhatsApp telah menjadi alat komunikasi bagi banyak orang, yang tak hanya digunakan untuk berkirim pesan teks, tapi juga bisa untuk berbagi aneka ragam file, dari gambar, video, audio, dokumen bahkan hingga bisa melakukan panggilan suara dan video.

WhatsApp Messenger Multimedia AndroidiOS Free Download Download

Nah, jika Anda yang merupakan salah satu pengguna aktif yang setiap harinya harus berkomunikasi dengan menggunakan WhatsApp, terlebih juga memiliki puluhan grup chat yang saling mengirimkan pesan, tentunya Anda memerlukan kuota internet yang banyak dan kencang untuk bisa mengakses semua itu tadi.

Untungnya, layanan pesan instan ini memiliki fitur alternatif agar salah satu aplikasi populer milik Facebook tersebut tidak sampai menyedot banyak kuota internet. Berikut adalah langkah-langkahnya yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Masuk ke aplikasi WhatsApp seperti biasanya, lalu lakukan tap pada icon berbentuk tiga titik yang berada di pojok kanan atas dan pilihlah menu Settings.

2. Pada menu Settings, pilihlah menu Data and storage usage.

3. Pada bagian Media auto-download, lakukan klik pada menu When using mobile data. Pada bagian ini, Anda bisa menghilangkan semua tanda centang yang ada, hal ini dimaksudkan agar foto, audio, video, atau pun dokumen yang dikirimkan melalui WhatsApp tidak sampai otomotis terunduh.

Ini merupakan bagian yang paling penting untuk diperhatikan demi bisa menghemat kuota. Sebab, jika hal ini diaktifkan, maka ketika Anda memiliki grup chat dan aktif, tentunya segala chat berupa foto, audio, video, dan dokumen yang masuk akan otomatis terunduh sehingga membuat kuota internet jadi makin tersedot.

4. Langkah terakhir, silahkan berikan tanda centang pada pilihan Low data usage. Dengan mencentang opsi ini, maka fitur tersebut akan menekan data ketika Anda melalukan panggilan suara atau pun video sehingga akan lebih menghemat kuota internet.

Nah, itulah langkah-langkah yang bisa Anda terapkan agar WhatsApp tidak sampai menyedot banyak kuota internet. Selamat mencobanya, ya.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top