NEWS

Terus Lahirkan Bibit Unggul Atlet Esports Indonesia, Garena Resmikan FFML Season III

en19ma   16 Jan 2021
Terus Lahirkan Bibit Unggul Atlet Esports Indonesia, Garena Resmikan FFML Season III

Konsisten menggelar turnamen dan inisiatif esports di Indonesia sejak tahun 2015 lalu, Garena, perusahaan platform internet dengan pertumbuhan tercepat di dunia, akan menggelar Free Fire Master League Season III (FFML Season III). Terdiri dari dua divisi utama, FFML Season III bertujuan untuk mempersiapkan generasi atlet esports dan talenta baru berikutnya yang dapat mengharumkan nama bangsa.

Selaku Direktur Garena Indonesia, Hans Saleh mengatakan, “Dalam dua tahun terakhir, atlet esports nasional telah membuat Indonesia bangga dengan memenangkan berbagai turnamen olahraga bergengsi, seperti juara dunia di Free Fire World Cup (FFWC), Free Fire Asia Invitational (FFAI), dan meraih posisi 3 besar di Free Fire Continental Series (FFCS). Dengan puluhan juta penonton dan pemain yang menyaksikan berbagai kompetisi bergengsi ini, harapannya dapat menginspirasi talenta baru di dunia esports untuk mengasah skill dan bakatnya lebih baik lagi. Untuk melahirkan bibit unggul atlet esports kebanggaan Indonesia #ReadyTheMasters, Garena kembali adakan Free Fire Master League Season III di [tahun] 2021. Lewat skema dua divisi nasional, dukungan pendanaan bagi tim mau pun sistem turnamen berjenjang dan berkelanjutan yang kami susun, Garena berkomitmen [untuk] terus mendukung ekosistem esports sebagai olahraga prestasi di Indonesia, sekaligus menjadi kebanggaan merah putih di ajang global.”

Dengan target berupa lebih banyak atlet muda esports yang dikembangkan #ReadyTheMaster, turnamen FFML dirancang tak hanya ditujukan untuk Pro-Player, tetapi juga menjadi wadah persiapan kompetisi esports bagi para talenta baru. Khusus Divisi 1, Garena akan memberikan dukungan konkret senilai 8,6 Miliar Rupiah di tahun 2021 untuk 18 tim pemain esports yang bertanding pada FFML Season III sebagai insentif pembinaan. Sedangkan Divisi II dihadirkan untuk menjadi jenjang kompetitif di Indonesia bagi talenta-talenta baru untuk terjun ke dunia atlet profesional. Secara total, untuk Divisi 1 dan Divisi 2, Garena mempersiapkan total hadiah sebesar 1,5 Miliar Rupiah untuk pemenang FFML Season III.

Acara pembukaan Free Fire Master League Season III yang digelar melalui konferensi pers secra virtual juga turut dihadiri oleh Gatot S. Dewa Broto selaku Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Dalam keynote speech-nya, Gatot menyampaikan, “Selain industri yang sangat potensial, lewat esports di Indonesia, kami berharap munculnya bibit-bibit atlet unggul yang dapat mengharumkan nama bangsa. Terlebih lagi, Garena telah menyediakan wadah bagi atlet-atlet esports dari Indonesia hingga dapat bertanding di kompetisi tingkat dunia, dimulai dari FFWC 2019 hingga FFCS 2020 yang baru-baru ini dilakukan. Hal ini menunjukkan kebolehan esports sebagai olahraga prestasi secara Nasional dan Global. Untuk itu, kami terus mengapresiasi peran dunia usaha dalam urusan bidang olahraga, salah satunya [adalah] Garena yang secara konsisten selama ini membangun ekosistem esports di Indonesia lewat berbagai turnamen dan inisiatif, termasuk Free Fire Master League Season III. Hal ini sejalan dengan kebijakan Kemenpora tahun 2020-2024 untuk pembinaan usia dini dan peningkatan prestasi atlet yang terencana dan berkesinambungan.”

Sejalan dengan misi Pemerintah, Garena juga terus berkolaborasi dengan pemangku kepentingan di industri esports Tanah Air dalam pembinaan atlet. Beberapa di antaranya adalah Youth National Esports Championship 2019 dengan Piala Menpora, kemudian Piala Presiden Esports 2020, dan baru saja bersama-sama Kemenpora, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), dan PB Esports, menyelenggarakan Piala KONI Esports 2020 dan Piala Pelajar 2020.

Seluruh turnamen dan inisiatif Garena Free Fire ini turut mendapatkan sambutan positif dari salah satu pemain profesional esports Garena Free Fire Indonesia, Saeful “EVOS.SAM13” Muharrom. Dalam kesempatan yang sama, Saeful menyampaikan, “Saya merasa, telah banyak pengalaman, pelajaran, dan skill yang saya dapatkan selama mengikuti turnamen dari Free Fire, terutama untuk pengembangan karir saya ke depan hingga akhirnya tim saya, Evos Esports, berhasil menjuarai Free Fire World Championship pada tahun 2019. Sebagai game battle royale terfavorit, Free Fire juga mengajarkan Survivors [mengenai] cara mengasah strategi, taktik, dan jiwa sportivitas, sama halnya dengan yang diajarkan olahraga kompetisi lainnya, seperti bulutangkis dan catur. Dengan adanya Free Fire Master League Season III ini, [saya] mengajak Survivors, tak hanya yang jago saja, tapi asalkan bisa main Free Fire bareng, untuk sama-sama punya kesempatan mewakili Indonesia.“

Christian Wihananto selaku Produser Game Garena Free Fire indonesia juga menambahkan, “Game Free Fire telah menjadi game berprestasi dengan memperoleh penghargaan internasional sebagai Esports Mobile Game of the Year 2020, yang baru-baru ini diberikan oleh Esports Awards 2020. Di tingkat nasional, game ini menerima penghargaan lainnya sebagai Game Esports Terfavorit Indonesia oleh Indonesian Esports Awards 2020.” Ini menegaskan posisi Garena Free Fire sebagai salah satu game mobile terbaik yang lebih siap dalam melahirkan bibit-bibit unggul atlet esports untuk Indonesia ke depannya.

Penyelenggaraan FFML Season III, yang turut didukung oleh Kratingdaeng Red Bull dan Sukro, turut mempertegas posisi Garena Free Fire sebagai game esports terfavorit di Indonesia mau pun dunia. Sebagai sponsor utama, Syita Ayuningtyas selaku Marketing Manager Kratingdaeng Red Bull mengatakan, “Dukungan kami terhadap FFML Season III merupakan bentuk komitmen supaya esports bisa dikenal sebagai olahraga kompetitif yang tidak kalah dengan bentuk olahraga fisik lainnya. Kami berharap, dari kompetisi ini, bisa terlahir talenta-talenta esports yang bisa terus membanggakan Indonesia.”

Pertandingan FFML Season III akan dilaksanakan pada setiap hari Sabtu dan Minggu, pukul 19.00 sampai 22.00 WIB, sejak tanggal 16 Januari 2021 hingga 27 Februari 2021 untuk Divisi 1 dan pada setiap hari Rabu dan Kamis, pukul 19.00 sampai 22.00 WIB, sejak tanggal 13 Januari 2021 hingga 18 Februari 2021 untuk Divisi 2. Informasi selengkapnya mengenai jadwal, rekap, dan hasil pertandingan, dapat diakses di website resmi Turnamen Garena Free Fire.

Survivors (sebutan untuk pemain Free Fire) yang ingin menonton serunya pertandingan yang terjadi dapat menyaksikan Live Streaming di akun resmi YouTube dan Facebook Live Free Fire Esports Indonesia. Jangan lewatkan aksi dari para atlet esports yang akan saling beradu strategi di rangkaian turnamen bergengsi persembahan Free Fire ini.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top