REVIEW

Terkesan Normal, Hashtag ini di-Banned oleh Instagram!

Dwi K   29 Sep 2018
Terkesan Normal, Hashtag ini di-Banned oleh Instagram!

Instagram mungkin menjadi salah satu media sosial paling populer selain Facebook dan Twitter. hampir setiap orang punya instagram dan aktif dalam menggunakannya.

Pengguna aktif Instagram tentu menggunakan instagram untuk mengabadikan momen dan mempostingnya di timeline dan juga Insta story. selain oelh friendlist dan followers kita, tentu kita ingin foto-foto kita dilihat oleh khalayak yang lebih luas. Salah satu caranya adalah dengan Hasghtag alias tagar.

Instagram Social AndroidiOS Free Download Download

Hashtag sendiri memudahkan kita dilihat oleh orang lain dengan search hashtag yang sama dan dikelompokkan menurut Hashtag. Seperti yang kita tahu, tidak semua Hashtag bisa digunakan. Kata-kata yang mengandung SARA atau memberikan konteks negatif tentu dilarang.

Namun ternyata, ada beberapa Hashtag atau Tagar yang terlihat dan terkesan normal, namun dilarang oleh Instagram.

Apa saja sih Hashtag tersebut? Mari kita simak artikel berikut ini.

#thought

Biasanya hashtag ini akan berisikan quote-quote bijak maupun kata-kata membangun. Namun banyak yang malah mengganti quote bijak tersebut dengan quote-quote negatif yang membahayakan kesehatan mental bagi yang mungkin membutuhkan kata-kata membangun. Demi keamanan, pihak Instagram akhirnya memblokir tagar #thought agar tidak dijadikan quote negatif atau konten yang buruk.

#alone

Hashtag khas anak-anak galau ini memang banyak dipakai pada foto-foto bertemakan gloomy. Namun banyak yang mengupload foto ini beserta cek-in tempat sehingga berbahaya bagi yang sedang sendiri. Banyak pelaku kriminal yang memanfaatkannya untuk berbuat jahat seperti penculikan atau pencurian. Maka Instagram segera menghapus hashtag tersebut.

#saltwater

Saltwater alias air asin identik dengan laut. Hal ini tentu yang membuat hashtag ini akan dipenuhi oleh foto-foto dan gambar-gambar keindahan laut dan sebagainya. Ternyata sebaliknya, banyak yang posting air garam secara harfiah dan bukan air laut seperti perkiraan. Gambar air garam ini bisa dalam air laut atau kolan dan akuarium. Karena banyak yang terkena Clickbait, maka Instagram menutup hashtag tersebut.

#weed

Hashtag ini memang bisa berarti ganja atau marijuana, jadi mungkin kita berpikir wajar saja jika di banned atau dilarang. namun sebenarnya banyak yang mengupload foto menmgenai alam seperti ilalang dan semak-semak misalnya.

Salah satu alasan kenapa tagar ini dilarangn adalah banyak yang menggunakan tagar ini untuk memperjualbelikan ganja secara illegal. Hal ini tentu melanggar hukum walapun di beberapa negara sudah diperbolehkan, namun sebagian besar negara-negara masih melarangnya dan termasuk tindakan kriminal.

#popular

Alasan Hashtag ini dihapus tergolong unik . karena bagi kita hashtag ini tidak mengandung makna negatif ataupun yang melanggar hukum. namun bagi Instagram, hastag ini dianggap memiliki kecenderungan narsisme yang cukup tinggi sehingga dirasa cukup berbahaya dan Instagram menghapus hashtag tersebut.

#like

Siapa sih yang tidak senang foto yang kita post atau video kita mempunyai banyak like? nah banyak yang akhirnya yang mencantumkan hashtag #like pada foto mereka. Instagram melalui dua co-founder mereka, Mike Krieger dan Kevin Systrom mengungkapkan bahwa hampir semua fot yang di post di Instagram menggunakan hashtag ini sehingga harus dihilangkan. Namun para pengguna Instagram tidak kehabisa akal, mereka membuat hashtag baru yang menyerupai ini seperti #like4like dan sebagainya.

#everybodyisbeautiful

Hashtag ini dimaksudkan untuk memberikan pesan positif bahwa siapapun kamu, apapun ras mu, dan bagaimanapun bentuk badanmu everybody is beautiful. NAmun ada yang memanfaatkan hashtag ini untuk membuat kekacauan. banyak postingan bernada negatif dalam post yang menggunakan hashtag ini, seperti saling hina dan saling melecehkan. hal ini membuat instagram akhirnya menghapuskan hashtag ini.

Masih banyak hashtag atau tagar lain yang dilarang walaupun terlihat biasa saja, namun yang kita bahas kali ini adalah yang paling unik atau paling menarik dari segi cerita mengapa tagar ini dilarang. Apakah ada tagar lain yang ingin dibahas? Atau ingin menyanggah artikel diatas? Komentar dibawah ya!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top