NEWS

Bertumbuhnya Permintaan atas Brand Indonesia di Tiongkok pada Festival Belanja Global 11.11 2020 Alibaba

en19ma   22 Nov 2020
Bertumbuhnya Permintaan atas Brand Indonesia di Tiongkok pada Festival Belanja Global 11.11 2020 Alibaba

Produk perawatan pribadi dan suplemen kesehatan adalah dua dari sejumlah jenis produk yang paling diminati pada Festival Belanja Global 11.11 Alibaba tahun ini dan membentuk bagian besar dari produk internasional yang dibeli oleh konsumen Tiongkok.

Sejumlah brand asal Indonesia juga merupakan kontributor utama atas tren festival ini. Brand perawatan pribadi dan suplemen kesehatan juga termasuk dua di antara banyak brand dari kategori top produk Indonesia yang dibeli oleh konsumen Tiongkok. Hal ini menyoroti daya tarik unik produk Indonesia serta kemampuannya dalam memenuhi permintaan atas produk perawatan pribadi serta kesehatan dan nutrisi di kalangan konsumen Tiongkok.

Brand perawatan rambut Ellips dan sarang burung walet XIAONIAO merupakan dua di antara brand dari Indonesia yang paling diminati pada Festival 11.11 tahun ini, diikuti oleh brand Kara, Gemez, dan Tays Bakers. Selain itu, YOU C1000 dan Indomie juga termasuk dalam jajaran brand top pada festival ini.

Ellips, brand vitamin rambut dari Kino, melihat peningkatan dari partisipasinya pada 11.11 tahun lalu. Harry Sanusi, Presiden Direktur PT Kino Indonesia, Tbk, mengatakan, “Memperluas target ke pasar global merupakan misi kami. Terlepas dari banyaknya tantangan yang kita semua hadapi di tahun ini, kami puas atas pertumbuhan yang kami alami pada 11.11 Global Shopping Festival Alibaba tahun ini. Tmall Global, sebagai salah satu pintu masuk utama ke pasar Tiongkok, memberikan kami banyak manfaat, dimana kami dapat mempertahankan dan meningkatkan performa kami di pasar Tiongkok."

"Dari pengalaman kami, kami melihat bagaimana minat konsumen terhadap produk perawatan rambut kami, dan demikian juga terhadap produk perawatan pribadi lainnya [yang merupakan] produksi Kino Indonesia, turut meningkat secara signifikan. Dari insight ini, kami semakin percaya diri, bahwa inovasi-inovasi kami telah berhasil diterima dan mendapat kepercayaan di hati konsumen, bukan hanya di pasar Indonesia namun juga global. Bagi brand asal Indonesia yang merencanakan untuk meningkatkan peluangnya di pasar luar negeri, pasar Tiongkok memiliki potensi yang tidak dapat diabaikan,” imbuhnya.

XIAONIAO, yang untuk pertama kalinya berpartisipasi pada Festival 11.11 di tahun ini, telah merasakan hasil yang memuaskan melalui pemanfaatan livestreaming. “Berpartisipasi pada 11.11 Alibaba tahun ini merupakan strategi yang tepat bagi kami. Setelah XIAONIAO menjadi brand sarang burung Indonesia pertama yang telah diluluskan oleh pemerintah Tiongkok untuk export ke negara tirai bambu ini pada tahun 2011, brand kami sudah dikenal oleh supplier-supplier besar melalui penjualan wholesale. Maka itu, dengan perkembangan pesat dunia digital, tahun ini, kami ingin lebih fokus untuk menjangkau pasar online retail –dan platform Alibaba telah memfasilitasi tujuan ini,” kata Dr. Boedi Mranata, CEO of XIAONIAO.

Ia melanjutkan, “Dari pencapaian ini, kami melihat bagaimana keunikan produk kesehatan Indonesia dapat menjadi hal yang baik di pasar Tiongkok, dimana kesadaran konsumen atas kesehatan semakin meningkat dengan adanya keinginan untuk selalu menjaga daya tahan tubuh dikarenakan pandemi Covid-19 tahun 2020 ini. Kami percaya, produk-produk kesehatan, yang tradisional dan sudah mendarah-daging bagi konsumen Tiongkok, seperti sarang burung mau pun tipe produk kesehatan yang bersifat lebih modern/inovatif, akan mendapatkan manfaat [yang] positif ketika menerobos pasar online Alibaba.”

Perhatian khusus terhadap perluasan akses kepada brand internasional, disertai dengan periode belanja kedua pada festival kali ini memberikan kesempatan dan visibilitas yang lebih bagi brand-brand yang berpartisipasi untuk menampilkan produk mereka pada platform e-commerce milik Alibaba ke para pembeli dari seluruh dunia. Tahun ini, juga semakin banyak brand internasional yang melakukan debutnya di perhelatan terbesar Alibaba ini, dengan diluncurkannya sebanyak 2.600 brand internasional baru. Festival kali ini diikuti oleh 31.766 merchant lintas batas, jika dibandingkan dengan 22.000 merchant internasional dari 78 negara dan wilayah dari tahun sebelumnya.

Tahun ini, Festival 11.11 Alibaba kembali mencatatkan GMV yang mengesankan yaitu RMB 498.2 miliar (sekitar Rp 107,7 triliun), dengan peningkatan sebesar 26% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya di periode yang sama.

Berikut adalah sorotan dari brand asal Indonesia serta kategori brand lintas batas pada Festival Belanja Global 11.11 2020 Alibaba:

  • Lima kategori brand Indonesia pada pembelian lintas batas yang paling populer pada Festival Belanja Global 11.11 Alibaba:
    • Perawatan Rambut
    • Suplemen makanan
    • Sarang burung dan produk gizi
    • Tas wanita
    • Minuman
  • Lima brand Indonesia pada pembelian lintas batas yang paling populer pada Festival Belanja Global 11.11 Alibaba:
    • Ellips
    • Xiaoniao
    • Kara
    • Gemez
    • Tays Bakers

Diikuti oleh brand-brand lainnya, seperti YOU C1000 dan Indomie.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top