NEWS GADGET

Terbentur Kendala, Project xCloud & Xbox Game Pass Batal Support iOS?

Recca   09 Aug 2020
Terbentur Kendala, Project xCloud & Xbox Game Pass Batal Support iOS?

Baru belum lama ini para penggemar game diberi angin segar dengan proyek ambisius Microsoft untuk mempersembahkan totalitas bermain game ala konsol rumahan di genggaman pemain mobile, kabar terbaru yang datang hari ini nampak harus meredupkan harapan sebagian yang antusias akan itu. Pasalnya, kendala rupanya tengah menimpa persiapan fitur ekspansi ini di platform iOS. Microsoft dinyatakan telah menegur Apple atas ketatnya aturan dan pembatasan yang berlaku di App Store karena menjadi halangan untuk layanan berlangganan game seperti Xbox Game Pass.

Hal ini kabarnya dikarenakan oleh kebijakan Apple yang tidak memperkenankan dukungan platform layanan seperti Google Stadia atau xCloud milik Microsoft yang akan datang untuk eksis di App Store lantaran perusahaannya yang tidak dapat melakukan review atas satu per satu game yang terdapat di cloud platform tersebut. Pedoman lainnya dari App Store juga menghalangi layanan cloud semacam ini ada di iOS terkecuali mereka dirancang lebih sebagai remote desktop software.

Atas alasan tersebut, Microsoft menyebut Apple telah menghalangi para konsumennya dari kelebihan teknologi yang demikian oleh karena penegakan aturan App Store yang dirasa tidak adil. Selain itu, Microsoft juga menganggap Apple telah berlaku tidak adil dengan memperbolehkan adanya layanan media lain untuk terdapat di platform-nya meski turut mengandung konten interaktif di dalamnya.

“Periode pengujian untuk preview app Project xCloud di iOS telah berakhir. Sayangnya, kami tidak mendapatkan jalur untuk mempersembahkan visi cloud gaming kami dengan Xbox Game Pass Ultimate bagi para gamer di iOS melalui Apple App Store,” sebut seorang juru bicara Microsoft dalam pernyataannya dengan sumber. “Dan (App Store) memperlakukan aplikasi gaming secara berbeda, dengan aturan yang lebih lunak untuk aplikasi non-game meski mengandung konten interaktif di dalamnya. Semua game yang tersedia di katalog Xbox Game Pass telah di-rating oleh lembaga-lembaga rating seperti ESRB dan setaranya di tingkat regional. Kami telah berkomitmen untuk mencari cara dalam menghadirkan pengalaman cloud gaming dengan Xbox Game Pass Ultimate di platform iOS. Kami percaya bahwa pelanggan sepatutnya berada pada inti pengalaman gaming dan gamers memberitahu kami bahwa mereka ingin bermain, terhubung, dan berbagi dimanapun mereka berada. Kami setuju.”

Adapun pernyataan di atas datang dari Microsoft sebagai tanggapan atas pernyataan Apple yang membeberkan alasannya bermasalah dengan implementasi layanan streaming game-nya di iOS. “Apple tidak dapat melakukan review pada setiap game yang ada di Game Pass. App Store diciptakan untuk menjadi tempat aman dan terpercaya bagi konsumen untuk menemukan dan men-download apps sekaligus merupakan peluang bisnis baik bagi seluruh developer,” ucap seorang representatif Apple. “Sebelum mereka ada di store kami, semua apps telah di-review dengan pedoman sama yang dimaksudkan untuk melindungi konsumen dan menyediakan lapangan yang adil bagi setiap developer.”

Jadi, amat disayangkan jika inisiatif yang memberi keuntungan bagi para pemain game ini harus kandas di tengah jalan lantaran adanya perbedaan pandangan dan pedoman dari kedua belah pihak yang terlibat. Semoga saja, keduanya bisa menemukan jalan tengah untuk memfasilitasi terwujudkannya hal ini di waktu mendatang.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top