Terbaru dari Spotify, Fitur Sponsored Song untuk Label Musik & Musisi

Published: 22 Jun 2017, oleh Dikdok

Jika Spotify sebelumnya telah melakukan kesepakatan dengan berbagai label musik untuk menciptakan konten musik yang hanya dapat dinikmati oleh para pengguna Premium di awal rilis, Spotify kabarnya telah meluncurkan strategi baru lagi untuk meningkatkan sumber pundi-pundi pendapatannya. Sebagaimana dilansir dari Tech Crunch, Spotify dikabarkan tengah melakukan ujicoba atas fitur barunya yang dinamakan Sponsored Song.

Fitur Sponsored Song sendiri sebenarnya lebih ditujukan untuk label musik atau musisi yang memiliki lagu di Spotify. Melalui Sponsored Song, terdapat lagu-lagu tertentu yang nantinya akan diselipkan pada playlist yang tengah diputar oleh penggunanya. Alih-alih muncul sebagai banner iklan seperti yang biasanya kita saksikan atau dengarkan, para label atau musisi yang telah menggunakan jasa Sponsored Song kini dapat menyelipkan beberapa lagu mereka pada daftar playlist pengguna. Bisa dibilang, metode pengiklanan ini bersifat pay-to-play bagi para pengguna jasa tersebut.

“Spotify sedang melakukan ujicoba fitur “Sponsored Song” yang akan menyelipkan sebuah lagu pada playlist yang Anda miliki.”

Melalui laporannya, Engadget menyatakan bahwa sistem pengiklanan ini dapat dikatakan telah meniru konsep daftar lagu di radio yang selama ini telah dikenal masyarakat, yaitu artis musik yang sedang hits bakal melakukan promosi pada sebuah radio dan meminta sang penyiar alias DJ untuk misalnya memutarkan lagunya secara lebih sering dalam waktu tertentu.

Jika para pengguna tidak ingin mendengarkan lagu yang disisipkan, mereka dapat memilih untuk melewati (skip) lagu tersebut ke lagu berikutnya. Bagi pengguna Spotify Premium, kedatangan beberapa lagu asing pada playlist yang mereka miliki tentunya bukan masalah besar, karena mereka dapat dengan bebas melewati lagu-lagu tersebut. Namun, hal ini akan berbeda dengan para pengguna Spotify secara gratis, dimana mereka tidak dapat melewati lagu yang tidak ingin mereka dengar secara sembarangan, dikarenakan adanya batasan yang diberikan Spotify untuk para pelanggan gratis.

Secara tidak langsung, metode Sponsored Song ini juga mengajak para pengguna untuk segera beralih dari akses Spotify secara gratis menjadi Spotify Premium sembari memberikan kesempatan beriklan bagi para musisi dan label musik. Langkah tersebut tentunya menjadi sebuah langkah yang cerdas yang dilakukan oleh Spotify guna meningkatkan sumber penghasilan sekaligus jumlah pengguna Premiun mereka.

Hingga saat ini, belum ada keterangan lebih lanjut mengenai waktu ketersediaan dari fitur ini. Spotify sendiri masih terus mengujicoba fitur Sponsored Song tersebut pada sebagian kecil kalangan dan akan memperbesar cakupannya dalam waktu yang akan datang.

Tags

android ios news Spotify spotify music music streaming update Fitur

Share Artikel