REVIEW

Terbaru dari Netmarble, A3: STILL ALIVE Kawinkan MMORPG & Battle Royale di Platform Mobile

Conny   25 Sep 2020
Terbaru dari Netmarble, A3: STILL ALIVE Kawinkan MMORPG & Battle Royale di Platform Mobile

Kabar gembira bagi kalian, para gamer yang menggemari genre MMORPG mau pun Battle Royale, yang bermain di perangkat mobile. Karena, naluri prajurit di dalam jiwamu akan bangkit di medan perang yang mencekam! Begitulah, Netmarble selaku salah satu perusahaan game mobile terdepan dan terus menjadi satu dari banyak developer dan publisher game terkemuka di dunia bakal merilis mobile game terbarunya secara global termasuk Indonesia, A3: STILL ALIVE!


Tiger Hong Inwha, President Director dari Netmarble Indonesia

Dirilisnya A3: STILL ALIVE, yang disebut sebagai MMORPG nomor 1 di Korea Selatan bernuansa Survival yang mencekam dan penuh ketegangan serta dibuat untuk pertama kalinya dalam mode Battle Royale tersebut, disambut dengan gembira oleh Hong Inwha, yang akrab disapa sebagai Mr. Tiger, selaku President Director dari Netmarble Indonesia pada acara Online Media Day bersama para media yang berlangsung pada hari Rabu lalu, tanggal 23 September 2020.

Judul A3: STILL ALIVE
Genre Mobile MMORPG
Publisher/Developer Netmarble/IDEA Games
View Point Quarter View tetap, Zoom In/Zoom Out tersedia
Metode Kontrol Operasi Virtual Pad, Dukungan Auto-Play (Pergi.Battle.Quest)
Metode Battle Real Time, Multiple Non-Targeting
Class 5 Class (Berserker, Templar, Mage, Assassin, Archer)
Homepage https://a3.netmarble.com/

Memiliki konsep bermain terbaru, judul anyar ini merupakan game paling dinantikan yang telah dirilis per Maret lalu di Korea Selatan. Ya, ini karena A3: STILL ALIVE telah mengimplementasikan battle skala besar berdasar kompetisi antar server, termasuk guild di dalam server. Selain itu, genre Battle Royale yang sangat populer telah dibuat ke dalam Mobile MMORPG untuk pertama kalinya dan meraih nomor 1 di peringkat download populer saat rilis di Korea Selatan.

Story

Dunia tanpa perlindungan sang Dewi akhirnya tiba. Kehancuran dan kematian tanpa akhir, kekacauan yang menyerang... Tetapi, masih ada harapan yang tersisa. Grail of Origin, yang mampu mengembalikan Dewi. Akhirnya, keturunan klan Ancient dan Dewi Radienne tiba di Mountain of Beginning, dimana Holy Grail tertidur.

Namun, ada 'Enkaro Wing Helkeim,' yang dikirim untuk menghentikan kebangkitan sang Dewi, sedang melindungi Holy Grail. Kekuatan makhluk ini mengalahkan mereka. Kemudian, Helkeim memberikan serangan terakhir dengan meniupkan Mana miliknya. Radienne buru-buru memasang tamengnya, tetapi tameng itu mulai retak dengan cepat. Sang Dewi harus membuat keputusan.

Pada akhirnya, Radienne melarikan diri dari para Disciple dan menghadapi kematian dengan mengorbankan dirinya sendiri. Para Disciple yang diarahkan ke area lain jatuh secara paksa ke pinggiran kerajaan Inicion.
Radienne yang telah mati, tetapi jiwanya masih tetap terhubung, muncul dalam bentuk arwah di samping Disciple, dan para Disciple menjadi kuat untuk menemukan Holy Grail.

Konsep Terbaru dalam Bermain Mobile MMORPG

MMORPG pada umumnya harus melalui proses pertumbuhan karakter untuk menikmati keseruan dari kompetisi, strategi, atau pun PvP. Sebaliknya, A3: STILL ALIVE justru memberikan keseruan gameplay bagi para pemainnya untuk memperkuat karakter milik mereka dan aspek kompetisi itu secara bersamaan.


Adanti Aditya Larasati, Marketing Lead dari Netmarble Games Indonesia

Begitulah, A3: STILL ALIVE akan menghadirkan konsep terbaru dalam bermain MMORPG yang memberikan keseruan kompetisi, strategi hingga PvP tanpa melibatkan proses pertumbuhan karakter yang diperlukan pada MMORPG saat ini, dimana siapa pun bisa bermain dengan adil dari awal dan menjadi lebih kuat.

Perpaduan Sempurna dari MMORPG dan Battle Royale

Ya, A3: STILL ALIVE memberikan keseruan untuk memperkuat karakter milik pemain melalui MMORPG dan kompetisi di Battle Royale.

Battle Royale dalam judul anyar ini bisa dimainkan pada saat battle sedang berlangsung di Field, sehingga pemain pun bisa menikmati Battle Royale tanpa harus kehilangan Equipment dan EXP. Melalui Battle Royale, pemain juga bisa mendapatkan item untuk memperkuat kunci utama dari MMORPG dan tambahan EXP.

Melalui struktur rotasi yang erat ini, terlihat adanya perpaduan yang sempurna dari dua genre, yaitu MMORPG dan Battle Royale.

Kesempatan memperkuat Karakter di Field dan Keseruan 'Looting'

Salah satu keuntungan yang diberikan oleh A3: STILL ALIVE, Equipment dengan level tinggi bahkan bisa ditemukan di Field. Pemain pun bisa merasakan keseruan dalam memperkuat karakter miliknya dengan mengganti Equipment yang ada, secara terus-menerus.

Pemain pun tetap bisa menikmati keseruan dari sektor RPG melalui 'Farming' dengan mencari beraneka macam Equipment yang memiliki Substat yang lebih tinggi.

5 Karakter Menarik dengan Class Berbeda

Karakter di A3: STILL ALIVE terdiri dari lima jenis, yaitu Berserker, Templar, Mage, Assassin, dan Archer, yang bisa disesuaikan dengan gaya bertarung dari para pemain.

Templar

Karakter penyerang jarak dekat bertipe Magic, yang menyerang musuh dengan menggunakan palu yang mengeluarkan kekuatan yang luar biasa dan perisai yang tebal untuk menahan serangan.

Karakter ini dikhususkan untuk mengalahkan musuh sekaligus bakal menggunakan serangan yang kuat setelah menarik musuh ke arahnya dengan skill serangan yang berjangkauan luas. Semakin lama battle berlangsung, maka karakter pun semakin kuat karena memiliki banyak skill yang memperkuat dirinya sendiri. Namun, yang perlu untuk diingat, setiap skill memiliki efek dan karakteristiknya masing-masing. Jadi adalah sesuatu yang penting juga untuk menggunakan skill sesuai dengan situasi yang dihadapi.

Mage

Karakter penyerang jarak jauh bertipe Magic, yang mengeluarkan mantra kuat melalui cincin sihirnya.

Karakter ini dikhususkan untuk menghabisi musuh dengan menggunakan skill Charge, yang bakal menjadi lebih kuat pada saat daya terisi penuh setelah menggunakan skill yang melemahkan musuh.

Berserker

Karakter penyerang jarak dekat bertipe Physical, yang menghancurkan musuh dengan kapak besar dan kekuatan yang terkutuk.

Karakter ini dikhususkan untuk menyerang dan menghabisi musuh dengan menggunakan skill yang memberikan efek Interrupt atau mendorong musuh. Pemain pun bisa menggunakan skill yang menurunkan HP dan meningkatkan P.ATK untuk memberikan serangan yang lebih kuat.

Archer

Karakter penyerang jarak jauh bertipe Physical, yang menembak dengan cepat dan akurat, serta memiliki gerakan yang gesit untuk mengecoh musuh.

Karakter ini dikhususkan untuk memberikan serangan beruntun atau 'memasang jebakan' yang mengikat kaki musuh. Selain itu, dia juga mampu untuk menghindari serangan musuh pada saat menyerang. Kemampuannya sangat menguntungkan untuk bertarung sambil membatasi pergerakan musuh pada saat menyerang dengan perbedaan waktu dan skill pemasangan.

Assassin

Karakter penyerang jarak dekat bertipe Physical, yang menyerang musuh dengan menggunakan dua pedang dan memberikan serangan yang mematikan secara terus-menerus.

Karakter ini mendekati musuh yang jauh dengan cepat, dan mengalahkannya dengan skill serangan jarak dekat, serta memberikan DMG yang besar. Di antara karakter penyerang jarak dekat, kemampuan bertahan hidupnya rendah, tetapi karakter ini bisa menghindari dan mengembalikan serangan musuh dengan skill efek kebal sesaat.

Faktor Pembeda yang dimiliki A3: STILL ALIVE

1. Soul Linker

Soul Linker merupakan sistem berbeda yang telah dipersiapkan dalam A3: STILL ALIVE untuk mengatasi keterbatasan yang terdapat pada kebanyakan Mobile MMORPG yang beredar di pasaran saat ini, dimana hasil battle hanyalah ditentukan oleh pertumbuhan karakter, seperti Equipment, skill, dan Class.


Soul Linker adalah "partner setia" yang bertarung bersama karakter dan meningkatkan stat karakter.

Sebanyak 273 Soul Linker bisa ditemukan di dalam A3: STILL ALIVE memiliki beragam penampilan yang menarik, dan terdiri dari 3 tipe, yaitu tipe ATK, DEF, dan Support.

Soul Linker memiliki berbagai bonus stat yang membantu karakter, hanya dengan cara menempatkannya saja, dan berpartisipasi secara aktif dalam battle bersama pemain. Pemain bisa melakukan battle secara strategis dengan memasang Soul Linker bertipe battle yang tepat dan skill yang menguntungkan sesuai dengan situasi Boss dan battle yang sedang dihadapi.

2. Dark Presence
Bulan Merah, Pertanda dimulainya Free PK

Dark Presence adalah konten pertempuran skala besar 100 vs 100 yang berpusat di Field, yang berlangsung pada waktu yang bersamaan di semua server. Pertempuran menegangkan dan strategis yang tanpa akhir untuk menjaga kehormatan diri sendiri dan meraih kemenangan bagi tim.

Tidak seperti Battle Royale, pertempuran di Dark Presence memperlihatkan pertumbuhan karakter dengan sepenuhnya. Para pemain bisa merebut point pertempuran antar satu sama lainnya, dan merasakan keseruan yang dramatis dari perubahan rank yang sengit. Di sini, pemain bisa merasakan keseruan dalam bertahan hidup yang berbeda dari aspek Battle Royale dalam game ini.

Meski pun begitu, ini bukanlah konten yang bakal membuat pemain jadi stres dengan PvP bercitarasa hardcore. Ini merupakan pertarungan tim yang strategis, dan mengutamakan keseruan dari kerjasama antar anggota tim karena pemain-pemain dengan CP yang rendah mau pun tinggi bakal saling terhubung antar satu sama lainnya.

Selain itu, pemain bisa mendapatkan 'Soul Star' yang dapat melakukan summon terhadap Soul Linker berdasarkan pada rank Dark Presence. Hal ini diharapkan bakal memicu persaingan yang ketat di antara para pemain.

3. Battle Royale
Hanya Kemampuan yang menentukan Kedudukan

Battle Royale di A3: STILL ALIVE adalah battle survival yang menentukan satu-satunya pemain yang bakal bertahan di antara semua pemain, terlepas dari pertumbuhan karakter, dan bakal berjalan dengan kondisi yang sama.

Battle Royale bisa diikuti hingga sebanyak 30 pemain, dan dibagi menjadi Solo Match dan Team Match. Di Solo Match, final ditentukan melalui persaingan dan strategi yang sengit antar individu. Dan, di Trio Team Match, kalian bisa menikmati kemenangan bersama rekan satu tim melalui permainan tim yang luar biasa.

Terlepas dari kelas karakter yang dimainkan, pemain dibebaskan untuk memilih Weapon yang diinginkan di antara 11 Weapon, yang dikhususkan untuk jarak dekat, jarak jauh, Magic, atau pun buff. Dua di antara banyak ciri khas dari mode Battle Royale adalah Berserker yang bisa bertarung dengan menggunakan panah dan Mage yang bertarung dengan menggunakan kapak.

Pemain yang berpartisipasi dalam battle bakal terlibat dalam pertempuran yang strategis dengan serangan milik lawan dari segala arah dengan memanfaatkan skill Weapon, berbagai Equipment, dan item yang diperoleh sesuai dengan situasi battle. Pihak pengembang memprioritaskan pertumbuhan yang stabil selagi mengalahkan monster mau pun menang dengan cepat pada saat mengalahkan lawan. Semua bakal memiliki risikonya, dan itu bakal tergantung pada pilihan pemain.

Berbagai faktor variabel, seperti penyempitan area battle, Treasure Box berisikan Equipment dengan fungsi yang luar biasa selama battle, dan penaklukan Inis's Torch yang membantu dalam hal mengamankan penglihatan dan memulihkan HP, juga akan memberikan sensasi yang menegangkan dalam waktu singkat.

Permainan dasar dari ‘Trio Team Battle Royale’ mirip seperti Solo Battle Royale sebanyak 30 Pemain, tetapi sistem 'Trio Team Battle Royale' menawarkan keseruan yang berbeda dalam bentuk kerjasama secara tim. Kerjasama tim yang lebih strategis bakal dapat dinikmati dengan "Party HUD," yang memungkinkan para pemain untuk memeriksa informasi member dalam party, dan sistem "Smart Ping" yang memungkinkan terjadinya komunikasi yang mudah antar member dalam party. Oleh karena itu, berbagai aspek battle yang menggunakan kerjasama tim akan terbentang luas untuk dieksplor.

Battle Royale pada dasarnya berjalan dengan operasi manual dan menyediakan operasi dual-stick yang jika dilakukan secara bersamaan bisa mengontrol arah pergerakan dan serangan bagi pemain yang menginginkan operasi yang lebih canggih. Aspek ini juga mendukung penargetan secara otomatis bagi pemain yang tidak terbiasa dengan operasi manual, sehingga siapa pun dapat menikmati Battle Royale tanpa perlu merasakan kesulitan.

4. Grafis
Grafis yang mematahkan Anggapan terhadap Unity Engine

A3: STILL ALIVE dibuat dengan Unity Engine 3D, yang memiliki kepadatan grafis tinggi dengan Map serta Field yang setara dengan game online PC yang tampak luar biasa meski pun dalam platform mobile. 6 Region berbeda, seperti Eshetia, Aldern, dan Verdeon, memiliki tema yang berbeda-beda, dan masing-masingnya akan menawarkan keseruan yang baru dalam menjalani Quest, Field, dan Dungeon.

A3: STILL ALIVE secara Global, Apakah Ada Perbedaan dengan yang Dirilis di Korea Selatan?

Dalam versi Global dari A3: STILL ALIVE, berbagai perubahan diperkenalkan untuk menyesuaikan dengan lingkungan bermain dari para pemain yang ada secara global.

Perubahan pertama adalah konten, seperti Guild Conquer Battle, kemunculan World Boss, Guild Resource Battle, Dark Invasion, dan Dark Presence, yang hanya dapat dinikmati dalam waktu tertentu, dan berlangsung dengan menyesuaikan waktu lokal dari masing-masing negara di dunia. Melalui proses ini, pemain dari berbagai perbedaan waktu dapat menikmati konten yang menarik dengan nyaman. Pihak pengembang memastikan bahwa lebih banyak aspek game dapat dimainkan dengan baik, karena berbagai upaya telah dilakukan untuk menyediakan layanan secara global melalui pencocokan yang terintegrasi dari sisi teknis antar server. Selain itu, jadwal rilis telah diatur ulang sehingga event dan elemen update yang telah tersedia di A3 versi Korea Selatan dapat dipenuhi dengan cepat di versi global.

Perubahan kedua adalah penyesuaian tingkat kesulitan dan keseimbangan. Pihak pengembang mempertimbangkan dan menyesuaikan berdasarkan kecenderungan yang berbeda dari segi pemain secara global serta waktu bermain, tingkat kesulitan, dan keseimbangan yang telah dimodifikasi sehingga pemain dengan waktu bermain yang lebih sedikit sekali pun dapat melampaui tingkat kesulitan dari Quest yang ada. Kemudian, Rest Reward di-reset sehingga mereka dapat memperoleh EXP, Gold, dan Equipment bahkan selama sedang offline. Selain itu, seiring dengan berjalannya permainan, pemain bisa memperoleh point keanggotaan eksklusif A3, yang menjadikan mereka dapat lebih sering menggunakan fungsi kenyamanan dalam game, sehingga meski pun sejumlah besar konten baru akan dibuka selama bermain, game tetap dapat dinikmati dengan nyaman.

Terakhir, pihak pengembang mengoptimalkannya agar pemain dapat bermain di lingkungan yang lebih nyaman. Di Korea Selatan, spesifikasi minimum yang diperlukan untuk grafis kelas atas adalah RAM 3GB, tetapi untuk global telah diubah untuk mendukung RAM 2GB melalui pengoptimalan yang dilakukan agar lebih banyak pemain global yang dapat menikmatinya.

QnA Media Day

Melalui sebuah sesi tanya jawab, Jeon Chan selaku Head of Game Business Division dari Netmarble Games Indonesia dibantu oleh Syaella Adlin Agnia selaku Project Manager, Game Business Division dari Netmarble Games Indonesia dan Adanti Aditya Larasati selaku Marketing Lead dari Netmarble Games Indonesia telah menjawab pertanyaan dari rekan media terkait A3: STILL ALIVE.


(duduk, di depan) Syaella Adlin Agnia, Project Manager, Game Business Division dari Netmarble Games Indonesia, dan Jeon Chan, Head of Game Business Division dari Netmarble Games Indonesia

Yuk, langsung disimak selengkapnya di bawah ini.

1. Kira-kira berapa lama waktu pengembangannya, dan berapa jumlah orang yang dilibatkan?

Waktu pengembangan dilakukan selama 3 tahun, dan hanya sebanyak 120 orang yang secara khusus dilibatkan untuk pengembangan konten game ini. Selain itu, banyak orang telah melakukan yang terbaik hingga A3: STILL ALIVE diperkenalkan.

2. Apakah ada alasan mengapa jumlah maksimal peserta di konten Battle Royale sebanyak 30 pemain?

Pada awal tahap pengembangan, ketika kami ingin membuat genre baru yang bernama Action Battle Royale, kami memulainya dengan 50 pemain, dan dilanjutkan dengan banyak R&D. Setelah mengalami banyak kegagalan, kami memutuskan untuk menentukan ukuran map, waktu bermain, dan jumlah pemain yang paling sesuai.

Selain itu, dari awal perencanaan, kami telah mempertimbangkan Team Battle. Untuk kasus mobile, matching dengan 3 pemain jauh lebih cocok daripada Party dengan 5 pemain. Saat mempertimbangkan strategi untuk kombinasi setiap Weapon, kami memutuskan untuk mengaturnya menjadi 30 pemain karena kami pikir itu akan lebih bagus hingga 3 kali lipat.

3. Apakah ada target yang diharapkan untuk pra-registrasi?

Secara khusus, kami berencana untuk secara aktif menarik pengguna yang menginginkan game MMORPG dan Battle Royale yang baru daripada mengharapkan target tertentu pada pra-registrasi. Jika kesenangan baru yang ditawarkan oleh A3 bisa menarik pengguna dengan baik, maka kami akan bisa membuat pra-registrasi yang cukup berhasil.

4. Secara realistis, apa ada pencapaian (target peringkat) yang Anda harapkan, dan apa yang Anda lihat sebagai pesaing?

Karena game ini adalah genre gabungan, sulit untuk mengatakan bahwa game ini bersaing dengan game tertentu. Kami bertujuan untuk memberikan kesenangan baru dengan genre gabungan yang sukses, dan melalui ini, kami ingin membuat basis pemain yang kuat. Karena MMORPG memiliki basis yang kuat, maka kami rasa tidak akan ada masalah untuk menempati penjualan teratas.

5. Pemain dapat menggunakan berbagai Weapon terlepas dari kelas karakternya, tetapi apakah ada penalti untuk penggunaan Weapon yang tidak berhubungan dengan kelas karakter?

Di dalam konten Battle Royale, tidak ada penalti untuk penggunaan Weapon yang tidak berhubungan dengan kelas karakter. Tujuan Battle Royale adalah ‘pertempuran yang adil.’ Apabila pemain hanya menggunakan Weapon dan Skill karakter yang apa adanya, maka bakal dinilai sulit untuk memberikan pertempuran yang berbeda sebagai hasilnya. Oleh karena hanya aturannya yang berbeda namun konten pertempuran tetap sama, maka sulit untuk memberikan kesenangan dalam pertempuran yang berbeda.

Konten ini tidaklah jauh berbeda dengan Duel 1:1 dan mode Arena 3:3 yang umumnya terdapat di MMORPG lain. Meski pun proses penambahan dan peningkatan Weapon bisa dilakukan dengan cepat, namun pembuatan karakter baru adalah pekerjaan yang cukup besar dalam pengembangannya. Jadi, kami pikir metode pengembangan akan berjalan baik dalam hal skalabilitas strategis untuk beragam meta.

6. Perilisan di platform seperti PC dan konsol adalah sebuah tren. Apakah Anda tidak punya rencana untuk merilis A3: STILL ALIVE di platform lain?

Kami juga memikirkan tentang perilisan di platform lain. Tetapi, platform mobile adalah prioritas kami. Kami merasa bahwa pengalaman bermain yang menyenangkan pada platform mobile yang merupakan platform target adalah jauh lebih penting daripada banyaknya platform untuk merilis sebuah game. Jadi, kami masih terfokus pada hal ini lebih dulu.

7. Apakah penggunaan minimum perangkat dan spek terbukanya?

Saat ini, spek minimumnya adalah iPhone 6S dan Galaxy S6 berdasarkan perangkat iPhone dan Galaxy. Spek terbuka terdiri dari konten yang bisa dimainkan lebih dari 100 jam. Namun, karena kita bisa menikmati Battle Royale selagi Farming, berbeda dengan MMORPG lain yang ada di pasaran saat ini, kami banyak mengurangi konten yang bertipe pekerjaan sederhana dan sangat memperhatikan keseruan dari setiap konten yang ada.

8. Bagaimana Anda melihat target utama game? Bagaimana dengan struktur BM-nya?

Berdasarkan para pengguna di antara usia 20 sampai 40 tahun yang familiar dengan MMORPG, target utama dari game ini adalah strategi untuk berkembang dan menargetkan pengguna yang menikmati Battle Royale.
Semua pengguna yang menikmati MMORPG tetapi lelah dengan pembelian yang mahal dan pertumbuhan karakter yang membosankan, dan para pengguna yang menikmati MMORPG dan genre Battle Royale dianggap sebagai target utama dari A3: STILL ALIVE.

BM utama terdiri dari elemen yang bisa memperkuat karakter dan Soul Linker. Kami juga sedang melakukan yang terbaik dalam merancangnya untuk memuaskan para pemain yang tidak melakukan pembelian dan pemain menengah.

Equipment karakter hanya bisa diperoleh dengan memainkan konten dan melalui Farming.

9. Apakah Anda memiliki rencana untuk Mobile E-sport?

Sejak awal di Korea Selatan, kami telah memperluas basis pengguna kami dengan terus mengadakan kompetisi melalui turnamen liga pertempuran A3: STILL ALIVE. Jika diperlukan, kami juga akan meninjau progres E-sport agar pemain amatir yang kuat dan pemain handal yang berbakat dapat bekerjasama.

10. Apakah Anda memiliki rencana untuk memperbarui konten dengan mempertimbangkan karakteristik lokal di Indonesia? (Misalnya, karakter atau kostum tradisional Indonesia, Weapon, dan lain-lain)

Kami sangat menyadari pentingnya market Indonesia dan elemen yang akan disukai pemain di Indonesia. Kami juga sedang memikirkan hal tersebut.

11. Apakah ini Global Launching atau hanya di Indonesia saja?

Global Launching.

12. Kapan tanggal perilisan resmi?

Kami akan mengumumkannya melalui media sosial.

13. Apakah Anda memiliki rencana untuk kolaborasi dengan IP lain setelah rilis?

Kami tidak memiliki rencana yang spesifik, tetapi kami juga memikirkan tentang kolaborasi di masa mendatang.

Pra-registrasi A3: STILL ALIVE telah tersedia di App Store dan Google Play untuk 172 negara di seluruh dunia. Untuk informasi lebih lanjut tentang A3: STILL ALIVE, silakan kunjungi website dan forum resmi. Juga, ikutilah A3: STILL ALIVE di Facebook dan YouTube.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
istanbul escortistanbul escortistanbul escortistanbul escortistanbul escortistanbul escort
dubai escortsdubai escortsdubai escortsdubai escorts
istanbul escortistanbul escortistanbul escortistanbul escortistanbul escortistanbul escort
dubai escortsdubai escortsdubai escortsdubai escorts
istanbul escortistanbul escortistanbul escortistanbul escortistanbul escortistanbul escort
pornopornopornopornopornoporno
pornopornopornopornopornoporno
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top