REVIEW

Temukan Kesenangan Tersendiri dalam Mengecat Rumah Sederhana ala House Paint

Andy Chan   27 Jun 2019
Temukan Kesenangan Tersendiri dalam Mengecat Rumah Sederhana ala House Paint

Sebuah rumah yang berwarna putih itu sudah biasa. Banyak orang yang suka mengecat rumahnya menjadi berbagai macam warna, ada yang berwarna hijau, biru muda, bahkan warna merah. Mengecat rumah bukanlah pekerjaan yang mudah, karena selain harus mempersiapkan bahan catnya, juga harus memperhatikan cuaca. Namun mengecat rumah dalam sebuah game tentunya akan lebih mudah dan menyenangkan. Hadirlah House Paint, sebuah game dengan tema mengecat rumah, persembahan dari SayGames.

Mengecat Rumah ala Puzzle

House Paint adalah sebuah game puzzle mengenai proses mengecat dinding rumah dengan warna tertentu. Tugas pemain adalah untuk mengecat seluruh dinding berwarna putih yang ada di luar rumah agar menjadi lebih cerah dengan warna-warna pilihan. Ada banyak macam rumah yang siap diwarnai, sanggupkah kalian mewarnai semuanya?

Swipe untuk Mengecat

Untuk mengecat dinding rumah dalam House Paint, ada aturannya. Pemain hanya tinggal melakukan swiping ke atas, ke bawah, ke kiri, dan ke kanan untuk memberikan warna pada dinding. Tapi pemain hanya bisa mengecat satu arah saja, dan selama kuas cat sedang berjalan ke arah tersebut, pemain tidak bisa membelokkannya sama sekali. Warnailah semua dinding berwarna putih agar level tersebut bisa selesai dan pemain melanjutkan ke level berikutnya.

Menghasilkan Gems dan Membangun Kota

Setiap pemain menyelesaikan sebuah level, mereka akan mendapatkan sejumlah Gems. Nah, Gems ini bisa digunakan untuk membeli sebuah rumah di kota, satu per satu. Rumah tersebut akan bisa di-upgrade agar menjadi lebih besar, dan bisa dihias dengan pernak-pernik di taman. Setiap rumah akan menghasilkan Gems setiap beberapa saat sekali, jadi anggap saja sebagai investasi.

Mengecat Dinding Rumah 3D

Meskipun permainan dilihat secara 2D dari samping, namun rumah yang dicat tersebut sebenarnya berbentuk 3D. Begitu pemain selesai mengecat satu bagian dinding, mereka akan langsung berpindah posisi ke dinding di sebelahnya sambil memutar rumah tersebut. Sayangnya, terkadang rumah yang ditampilkan kurang masuk akal, bisa saja sesekali ada rumah yang tidak memiliki pintu masuk. Di samping medan permainan, tampilan ketika pemain sedang menghias kota pun cukup menarik, lengkap dengan kendaraan yang lalu lalang.

Tanpa Mikrotransaksi, tapi Penuh Iklan

House Paint bisa dimainkan secara gratis alias free-to-play, dan game-nya tidak memiliki mikrotransaksi sama sekali. Namun akibatnya, pemain akan dibombardir dengan iklan yang bertubi-tubi. Berhubung game-nya bisa dimainkan secara offline, ada baiknya dimainkan tanpa koneksi Internet untuk meminimalisir kemunculan iklan yang mengganggu. Sayangnya, ada beberapa hal yang mewajibkan pemain untuk menonton iklan, dan hal tersebut tidak bisa dinegosiasikan sama sekali. Tapi secara garis besar, game ini tetap bisa dinikmati secara penuh tanpa iklan.

Memang pada dasarnya, House Paint adalah sebuah game puzzle. Namun apa mau dikata, puzzle dalam House Paint ini terlalu mudah dan tidak ada tantangannya sama sekali. Pemain tidak memiliki batasan waktu sama sekali, tidak memiliki batasan langkah, bahkan cat pun tidak ada habisnya, serta tidak ada tantangan tiga bintang. Akibatnya, mereka yang membutuhkan tantangan akan cepat merasa bosan. Meskipun begitu, tetap ada kesenangan tersendiri dalam mengecat rumah dan menghias kota dalam House Paint.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top