LOADING
REVIEW

Teeny Titans: Ayo, Koleksi Figure Para Titans!

Anduril   16 Aug 2017
Teeny Titans: Ayo, Koleksi Figure Para Titans!

Teeny Titans buatan Grumpyface Studios adalah sebuah game mobile dengan formula mengumpulkan sesuatu. Game mobile ini jelas bukanlah yang pertama dalam mengambil formula monster collection di platform mobile. Sebelumnya, sudah terdapat beberapa game serupa, di antaranya adalah Mino Monsters 2: Evolution, EvoCreo, Dragon Mania Legends, dan bahkan Pokemon Go itu sendiri.

Teeny Titans diangkat dari serial televisi berjudul Teen Titans Go! yang ditayangkan di saluran Cartoon Network. Spin-off dari serial kartun dan komik Teen Titans tersebut menceritakan kehidupan sekelompok sidekick dari para superhero komik DC yang masih berusia remaja di luar aktivitas mereka dalam menumpas kejahatan.

Kisah dalam game mobile ini dimulai saat Jump City, kota di mana para superhero tersebut tinggal, diserbu demam jenis figure baru bernama Teeny Titan. mainan berupa patung figure dari berbagai superhero tersebut bisa dikoleksi dan diadu untuk melawan pemain lainnya. Ketika Robin mengetahui bahwa terdapat figure Teeny Titan yang dibuat berdasarkan dirinya, ia langsung melesat ke toko figure terdekat untuk ikut terjun dalam demam Teeny Titan.

Salah satu daya pikat dari game Pokemon yang membuatnya begitu populer adalah sistem battle yang simpel sekaligus kompleks. Walau battle yang ada secara garis besar hanyalah berisi dua monster saling berhadapan, namun terdapat beragam hal yang perlu dipertimbangkan guna memperoleh kemenangan.

Kompleksitas dalam kesederhanaan tersebut juga terdapat dalam Teeny Titans. Layaknya batu, kertas, dan gunting, setiap jenis figure yang berada dalam game mobile ini memiliki karakteristik unik yang relatif lebih kuat atau lemah terhadap jenis lainnya, sehingga kalian perlu menyusun strategi di setiap pertarungan. Sistem battle yang didesain pun sangat simpel dan bisa dikendalikan dengan menggunakan satu jari saja.

Dari segi tingkat kesulitan, Teeny Titans menghadirkan tantangan yang menyenangkan. Komputer tampil cukup cerdas dalam menyusun taktik selama pertarungan, sehingga kalian tidak bisa asal-asalan untuk menerjunkan tim ke dalam suatu battle. Namun, bila kalian berhasil menyusun strategi yang jitu, bukanlah hal yang mustahil bila kalian kemudian bisa mengalahkan musuh yang memiliki level lebih tinggi.

Semua figure dalam koleksimu bisa diperkuat dengan tiga cara, yaitu melalui upgrade, enhance, dan mod. Masing-masing cara tersebut memberi efek-efek yang berbeda, dan kalian perlu memikirkan komposisi yang terbaik untuk membuat figure favoritmu jadi semakin kuat dan efektif.

Dibutuhkan waktu dan investasi yang tidak sedikit untuk mengoptimalkan kemampuan satu jenis figure. Desain game obile ini akan memaksamu memilih beberapa figure favorit untuk dioptimalkan, yang pada akhirnya akan membentuk gaya permainan secara keseluruhan tergantung dari jenis figure yang telah dipilih.

Keragaman jenis figure tersebut membuat Teeny Titans memiliki replay value yang tinggi. Membuka kemampuan yang unik dari masing-masing figure merupakan suatu pengalaman yang mampu membuat kita jadi penasaran. Setelah kalian menamatkannya dalam sekali waktu, maka kalian bisa mengulang permainan dari awal dengan mengoptimalkan jenis figure lainnya guna memperoleh pengalaman yang berbeda.

Dengan bermain sebagai Robin, kalian bisa berkelana ke seluruh pelosok Jump City untuk mengikuti beragam turnamen Teeny Titan sambil menuntaskan berbagai macam misi sampingan. Turnamen yang ada berguna untuk melanjutkan cerita utama, sedangkan misi sampingan akan memberikan berbagai reward yang menarik.

Teeny Titans memiliki jenis misi sampingan yang sangat beragam. Tidak semua misi mengharuskanmu untuk bertarung dengan NPC lain. Misi-misi yang dapat kalian lakukan bakal meliputi interaksi dengan sejumlah tokoh lain, mencari objek tersembunyi di seluruh penjuru Jump City hingga berlarian di dalam kota guna mengumpulkan sejumlah objek dengan batas waktu tertentu.

Selain cerita (atau misi) utama dan misi sampingan, berbagai kejadian yang berbatas waktu juga sering terjadi secara acak dalam game mobile ini. Sejumlah toko dalam game mobile ini kadang-kadang memberikan potongan harga dengan waktu terbatas, atau menawarkan figure langka yang hanya bisa didapatkan lewat promosi khusus. Bernavigasi menyusuri jalan-jalan di Jump City sambil berpacu dengan waktu untuk menikmati event terbatas ini sangatlah menantang sekaligus mengasyikkan.

Presentasi Teeny Titans akan langsung membuat para pemain serasa sedang menikmati seri kartun televisinya. Baik grafis mau pun audio yang diusungnya terasa kental dengan unsur jenaka yang mampu memikat semua kalangan usia. Semua itu terasa semakin sempurna berkat sulih suara yang menggambarkan karakterisasi setiap tokoh dengan meyakinkan.

Animasi mau pun efek suara yang dihadirkan oleh Grumpyface Studios terasa mengalir dengan halus. Efek 3D yang ditampilkan lewat teknik cel-shading terlihat sangat sesuai dengan latar belakangnya sebagai sebuah serial kartun di televisi. Berbagai jenis musik yang mengalun sepanjang permainan juga terdengar pas dengan aksi yang sedang berlangsung, membuat pemain jadi semakin tenggelam dalam keseruan bermain Teeny Titans.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top