Tampil Lebih Dinamis, Meta Ubah Desain Logo Facebook & Tombol 'Reaction'

Published: 25 Sep 2023, oleh Vent Fleur

Beberapa perusahaan digital ternama mulai berfokus untuk melakukan desain ulang logo, demi mengedepankan estetika sebuah brand. Misalnya seperti Twitter yang awalnya terkenal dengan ikon burung biru, kini berubah menjadi X dengan logo tulisan ’X’ minimalis. Tidak mau kalah, Meta turut melakukannya untuk Facebook, meskipun bisa dikatakan bahwa perubahannya tidak terlalu menonjol, atau hanya sedikit berubah dari logo sebelumnya.

Mengutip dari The Verge, dalam Meta kini tengah memperbarui ”identity system” pada Facebook, yang mencakup perubahan desain logo pada aplikasi tersebut. Dari situs blog resmi Facebook, bocoran logo barunya memang tidak jauh berbeda dari logo sebelumnya. Hanya saja, background biru yang awalnya gradasi menjadi satu warna biru yang lebih gelap. Sementara perubahan huruf kecil ’f’ tampak diperhalus.

Dave N., selaku Direktur Desain Facebook turut berkomentar mengenai perubahan desain logo Facebook lewat blog Meta. ”Tujuan kami adalah untuk memperluas fondasi dan menciptakan ciri khas merek kami, yang menjadi landasan ’identity system’ di Facebook. Kami ingin memastikan bahwa logo yang telah diperbarui terasa familier, namun dinamis, halus, dan elegan dalam eksekusinya. Perubahan halus, namun signifikan ini memungkinkan kami untuk mencapai keseimbangan dengan terus maju ke depannya,” ujar Dave.

Meta memberikan penjelasan tambahan mengenai tujuannya merubah desain logo Facebook. ”Niat kami adalah menciptakan desain logo Facebook yang segar, lebih berani, menggemparkan, dan abadi. Setiap penyempurnaan baru mendorong keselarasan lebih besar di seluruh desain sebagai kunci dari identitas aplikasi. Kami telah melakukan ini dengan menggabungkan ekspresi yang lebih percaya diri dari warna biru inti Facebook, yang dibuat agar lebih mudah diakses di aplikasi kami, dan memberikan kontras yang lebih kuat untuk ”f” agar tampak menonjol.”

Selain perubahan desain logo, Meta juga meningkatkan desain ikon ”Reaction” atau ”reaksi” pada Facebook, di mana warnanya menjadi lebih cerah dan mudah diakses. Perubahan desain ikon Reaction ini bertujuan untuk membangkitkan dimensi dan emosi, serta menyesuaikan warna untuk memenuhi panduan aksesibilitas warna. Hal ini membuat ikon Reaction jadi lebih mudah terbaca dalam ukuran apa pun, membuat para pengguna bisa berinteraksi dengan mudah.

Tags

android ios news facebook facebook lite Meta logo desain reaction branding visual media sosial social media desktop aplikasi update messenger

Share Artikel