REVIEW

Takoway, Puzzle Gurita Imut yang Ternyata Sangat Menantang

Andy Chan   04 Nov 2019
Takoway, Puzzle Gurita Imut yang Ternyata Sangat Menantang

Perkenalkan sang gurita imut bernama Tako. Gurita berkaki enam yang disebut hexapus ini terkurung di sebuah laboratorium, dan dia ingin pergi keluar dan menemukan tempatnya di dunia. Secara tidak sengaja, dia menemukan bahwa dirinya bisa bertransisi antara interior dan eksterior sebuah benda. Dengan berbekal ilmu tersebut, mulailah petualangan Tako untuk bisa keluar dari laboratorium yang aneh ini, berteman dengan sesama makhluk air, sampai akhirnya menemukan dunia di luar. Itulah latar belakang dari game puzzle imut berjudul Takoway, persembahan Hexagoon yang dipublish oleh Daylight Studios.

Puzzle Dua Perspektif

Takoway adalah sebuah game puzzle di mana pemain menggerakkan seekor gurita imut bernama Tako agar mencapai tujuan akhirnya. Untuk menggerakkan Tako, pemain cukup menyentuh titik yang ada di layar saja. Gerakan Tako sangat terbatas, karena dia hanya bisa bergerak di bidang yang sejajar dengan dirinya saja, baik itu bidang vertikal maupun bidang horisontal. Untuk bisa berpindah bidang, pemain cukup menyentuh dan menggeser layar ke kiri atau ke kanan agar merubah perspektif dari permainan: perspektif interior ataupun perspektif eksterior, dan Tako pun akan langsung berpindah posisi.

Mencapai Goal

Menurut ceritanya, di setiap level Tako harus mencapai sebuah posisi tombol yang diberi label W agar dia bisa membuka pintu besar. Setiap chapter terbagi menjadi enam buah puzzle, di mana masing-masing puzzle akan menyalakan satu lampu di atas pintu. Begitu keenam lampu berhasil menyala, pemain pun mendapatkan akses ke chapter berikutnya.

Komplikasi Permainan

Menurut kalian mencoba mencapai tombol W dengan berpindah-pindah perspektif itu mudah? Di setiap chapter baru, Takoway akan memperkenalkan elemen-elemen baru yang akan membuat permainan menjadi lebih rumit. Ada rintangan berupa bubble yang hanya bisa dipindahkan lokasinya ke interior atau eksterior, sehingga membuat jalan menjadi terbuka atau tertutup, ada juga pintu putar yang menghalangi jalan, dan lain sebagainya.

Tantangan Sempurna

Setiap level dari Takoway pasti bisa diselesaikan, namun pemain mungkin mengambil langkah yang terlalu banyak. Takoway memiliki sebuah target langkah yang merupakan langkah minimum yang dilakukan untuk menyelesaikan puzzle. Apabila pemain berhasil menyelesaikan puzzle sebuah level sesuai dengan langkah minimum tersebut, maka dia akan mendapatkan sebuah bintang. Bintang itu sendiri tidak memberikan bonus apa-apa selain rasa bangga telah menyelesaikan level dengan sempurna.

Imut tapi Menantang

Takoway adalah sebuah puzzle yang lahir dan terinspirasi dari ilusi optikal Kubus Necker. Ide membuat sebuah puzzle yang terlihat 3D, tapi masih berada dalam batasan 2D ini pun membuahkan hasil menjadi sebuah puzzle interior/eksterior yang cantik dan menawan. Tako sendiri juga bergerak secara imut di layar dan memiliki reaksi sendiri apabila pemain mencoba untuk menggerakkan dirinya ke lokasi yang tidak bisa dicapai. Dan menariknya, pemain bisa menikmati cerita yang disajikan dalam bentuk cutscene, serta lagu yang secara instan berubah begitu pemain merubah perspektif.

Dijual seharga Rp. 42.000,-

Biasanya game-game puzzle dihadirkan secara free-to-play, namun tidak demikian dengan Takoway. Game offline ini dijual penuh seharga Rp. 42.000,- saja, dan pemain pun akan bisa menikmati 6 buah chapter yang masing-masing terdiri dari 6 level dengan total 36 level untuk diselesaikan. Oleh karena ini adalah game penuh, maka tidak ada yang namanya sistem-sistem free-to-play macam iklan, stamina / energi, serta mikrotransaksi.

Yang pasti, Takoway akan menantang kalian dalam 36 buah puzzle yang disajikannya. Apalagi jika kalian adalah seorang perfeksionis, kalian pasti akan tertantang untuk menghabiskan waktu cukup lama demi menemukan solusi level tersebut secara sempurna agar mendapatkan tanda bintang. Akhir kata, Takoway yang imut ini cukup pantas menyandang harga Rp. 42.000,-. Yuk bantu Tako melarikan diri dari laboratorium!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top