REVIEW

Taklukkan Rintangan, Jadilah Emak-Emak Matic: Sang Ratu Jalanan!

Andy Chan   01 Jun 2018
Taklukkan Rintangan, Jadilah Emak-Emak Matic: Sang Ratu Jalanan!

Pernah melihat bagaimana ibu-ibu mengendarai sepeda motor di jalanan? No offense, tapi mereka biasanya mengendara sesuka hati tanpa memperhatikan sekelilingnya bagaikan seorang ratu. Bagaimana kalau Anda sendiri yang mencoba menjadi seorang ibu-ibu alias emak-emak yang mengendarai sepeda motor yang biasanya bertransmisi otomatis atau matic tersebut? Itulah tema yang dibawakan oleh Keong Games dalam game yang mereka beri judul Emak-Emak Matic: Sang Ratu Jalanan.

Begini nih kalau seorang emak-emak naik sepeda motor. Tapi tidak seperti ibu-ibu pada umumnya, sang Emak yang ini jago lho! Dia bisa menghajar para begal, bisa menghindari rintangan dengan cara ngesot, bahkan bisa melakukan stunt jump! Semua dilakukan demi mendapatkan uang dengan harapan merubah sang emak menjadi seorang juragan.

Cara pengendalian sang Emak ada dua macam. Pemain bisa melakukan motion control dengan cara menggoyangkan ponsel pintarmu ke kiri dan ke kanan untuk berganti jalur. Swipe ke atas untuk melompati rintangan, dan swipe ke bawah untuk merunduk. Namun biasanya cara seperti ini sangat tidak nyaman, oleh karena itu disediakan pengendalian layar sentuh secara normal, yaitu dengan melakukan swipe ke kiri dan ke kanan untuk belok. Pengendalian lompat dan menunduk tetap sama. Sedikit kekurangan pada pengendaliannya adalah terkadang ketika ingin melompati rintangan, swipe ke atas itu terdeteksi sebagai swipe ke kiri atau ke kanan.

Berhubung game ini pada dasarnya adalah sebuah endless runner, maka tujuan dari permainan adalah untuk bertahan selama mungkin dalam mengendarai sepeda motor dan menghindari rintangan. Di sepanjang perjalanan, akan ada sejumlah begal yang meluncur melawan arah, dan sang emak bisa menabrak mereka untuk mendapatkan koin serta untuk membuat jalanan menjadi aman tentunya. Selain itu, terdapat juga deretan koin di jalanan yang sebaiknya diambil untuk menambah jumlah uang yang dikumpulkan.

Ada banyak power up yang disediakan untuk membantu permainan, termasuk berbagai abilities yang bisa membuatmu kebal. Selain itu, sang emak sendiri berikut sepeda motornya itu bisa dikustomisasi oleh pemain. Tersedia enam macam kostum untuk sang Emak gunakan, termasuk berbagai macam sepeda motor maticnya.

Lucunya, Power Up dan Abilities yang disediakan itu bendanya sangat kental di masyarakat kita. Ada Obat Tensi, Gaji ke-13, Telolet, Kocokan Arisan, Pertalite, sampai Pertamax! Pemain malah bisa mendapatkan power up Tuyul yang konon bisa mengumpulkan uang sendiri lho! Pokoknya game ini Indonesia banget lah.

Emak-Emak Matik: Sang Ratu Jalanan tampil sangat menawan dalam full HD. Grafis 3D yang digunakan dengan line yang tebal membuat jalanan ibu kota menjadi tampak cerah. Uniknya, game ini bisa mendeteksi waktu yang terdapat pada ponsel pintarmu, sehingga waktu permainan pun mengikuti waktu sesungguhnya, baik pagi, siang, sore, atau malam. Di samping lagu yang lucu, terdapat juga efek suara dan voice acting berbahasa Indonesia yang bisa membuatmu tersenyum, "Minggir woi!", "Gimana sih?" Dasar emak-emak, ya?

Disajikan secara free-to-play oleh Keong Games, Emak-Emak Matic: Sang Ratu Jalanan bisa dimainkan secara offline, tanpa ada semacam sistem stamina / energi, meskipun sesekali akan hadir iklan yang mengganggu. Yang pasti, tersedia mikrotransaksi untuk pembelian uang dan Ruby.

Banyak lho misi yang disediakan dalam Emak-Emak Matic: Sang Ratu Jalanan ini, ada ratusan jumlahnya. Semuanya menantang untuk diselesakan, bahkan ada beberapa yang unik, seperti disuruh berhenti di ATM untuk mengambil uang di mana pemain harus membeli rem terlebih dahulu. Intinya sih, game ini seru, gokil, dan sangaaaat menantang (alias susah).

Nah, ayo pacu sepeda motor matic mu, taklukkan rintangan dan bantulah sang Emak menjadi Ratu Jalanan dalam Emak-Emak Matic: Sang Ratu Jalanan!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top