REVIEW

Sword of Xolan, Action Platformer Seru untuk Gawai Pintar

Anduril   14 Jul 2018
Sword of Xolan, Action Platformer Seru untuk Gawai Pintar

Dalam Sword of Xolan kamu akan berperan sebagai Xolan, seorang kesatria yang berusaha menyelamatkan penduduk kota dan menumpas penyihir jahat beserta kroni-kroninya. Xolan sang kesatria memiliki sebilah pedang besar yang ia gunakan untuk mengalahkan para musuh yang menghadang. Selain itu, ia juga memiliki kemampuan untuk menembakkan bola api.

Developer Alper Sarikaya memberikan dua mode permainan untuk kamu taklukkan di dalam Sword of Xolan. Mode pertama adalah mode cerita di mana kamu akan mengendalikan Xolan menyusuri puluhan level untuk mengalahkan penyihir jahat.

Mode kedua adalah mode challenge yang akan menantangmu untuk menghancurkan sejumlah target dengan waktu tertentu. Level di dalam mode challenge baru akan terbuka setelah kamu melewati suatu pencapaian di dalam mode cerita.

Petualangan Xolan membawanya ke tiga chapter yang berbeda, masing-masing terdiri dari sepuluh level dan satu buah bos di setiap akhir chapter. Xolan akan menghadapi berbagai jenis musuh yang semakin lama semakin tangguh. Permainan yang semakin jauh juga akan menghadapkannya pada berbagai jenis jebakan yang harus ia lewati.

Selain melewati setiap level, kamu juga ditantang untuk menemukan tiga penduduk kota yang ditawan serta sebuah peti harta di setiap level. Seringkali lokasi penjara tempat penduduk kota ditawan dan peti harta ini tersembunyi. Apabila kamu berhasil menemukan semua penduduk dan peti harta yang tersembunyi, maka kamu akan mendapatkan jumlah koin emas yang cukup besar di akhir level.

Ketika jumlah koin yang terkumpul telah mencukupi, kamu bisa menukarkannya dengan kartu yang memberikan efek positif bagi petualangan Xolan. Efek yang ditimbulkan cukup beranekaragam, seperti memperbesar drop rate koin emas dari musuh, memberikan satu tambahan nyawa ketika menghadapi bos, atau sekadar memperpanjang waktu kekebalan sesaat setelah menerima serangan musuh.

Sang developer benar-benar mendesain Sword of Xolan untuk dimainkan di platform mobile. Setiap level yang dilewati Xolan tidak begitu luas layaknya game platformer sungguhan yang ada di console. Setiap level bisa dilewati dalam waktu kurang dari sepuluh menit apabila ditempuh dengan lancar. Namun, bukan berarti menyelesaikan setiap level adalah hal mudah untuk dilakukan. Apabila Xolan mati di tengah jalan, maka kamu harus mengulang dari awal karena tidak ada checkpoint untuk mengulang dari pertengahan level.

Kontrol Xolan mengandalkan tombol virtual yang terdapat pada sudut kiri dan kanan bawah layar. Total hanya ada terdapat lima tombol, dua di sisi kiri untuk pergerakan Xolan serta tiga di sisi kanan untuk aksi Xolan melompat atau menyerang musuh.

Dari segi grafis maupun audio, Sword of Xolan mengingatkan saya pada game sejenis di console klasik seperti Super Mario di NES dengan tampilan pixel. Walau terlihat sangat simpel, namun kesederhanaan tersebut sama sekali tidak mengurangi keseruan permainan. Presentasi seperti inimalah pas dengan gameplay yang didesain sama simpelnya.

Memang, permainan petualangan Xolan yang berjumlah tiga puluh level bisa kamu tamatkan dalam waktu beberapa hari saja. Mode challenge yang ada pun hanya terkesan sebagai pelengkap saja. Walaupun Sword of Xolan tidak memiliki replay value yang tinggi, namun dengan perbandingan antara harga dan gameplay yang seru di dalamnya, kami rasa Sword of Xolan tetap menarik untuk kamu mainkan.

 

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top