REVIEW

Sword Art Online Memory Defrag, Game Wajib Bagi Pecinta Anime-nya

Anduril   31 Jan 2017
Sword Art Online Memory Defrag, Game Wajib Bagi Pecinta Anime-nya

Akhirnya, Sword Art Online Memory Defrag keluar dari Jepang. Game mobile untuk Android dan iOS ini telah rilis. Tanpa banyak tanya, kami akhirnya mengunduh Sword Art Online Memory Defrag agar bisa memberikan review-nya untuk pembaca setia JurnalApps. Bila kalian tidak mengetahui apakah Sword Art Online itu, Sword Art Online atau yang biasa disingkat sebagai SAO adalah seri light novel karya Reki Kawahara.

Dikisahkan, SAO dalam seri light novel tersebut adalah sebuah VRMMORPG (Virtual Reality Massively Multiplayer Online Role-Playing Game) yang dimainkan melalui sebuah piranti bernama NerveGear. Saat SAO diluncurkan pertama kali, 10.000 orang pemain melakukan login ke dalam SAO dan menemukan kalau mereka ternyata tidak bisa logout dari game tersebut. Akihiko Kayaba sebagai pembuat SAO muncul ke hadapan para pemain SAO yang berusaha logout. Dalam penjelasannya, para pemain SAO harus menaklukkan seratus lantai di Aincard Steel Castle, untuk bisa keluar dari game tersebut. Upaya apa pun dari pemain yang memaksa untuk bisa keluar dari SAO akan menyebabkan kematian bagi mereka di dunia nyata. Begitu pun kalau mereka sampai terbunuh di dalam SAO.

SAO Memory Defrag mengadaptasi kisah di atas sebagai cerita utama. Jadi, kalian akan bermain dengan menggunakan sudut pandang Kirito. Tetapi, pihak Namco Bandai tampaknya sudah menyiapkan cerita yang cukup panjang, mengingat kami telah melihat karakter ALO (ALfheim Online) dan GGO (Gun Gale Online), dua VRMMORPG lain dalam semesta SAO, di tampilan awal SAO Memory Defrag.

Dari sisi art dan style, Namco Bandai memilih untuk menggunakan animasi 2D yang cukup ringan sehingga tidak terlalu menguras daya baterai smartphone kalian. Tapi, kalian tetap harus merelakan space sebanyak 1GB untuk menampung game mobile ini.

SAO Memory Defrag memiliki tutorial panjang yang cukup bikin kita jadi mengantuk. Untunglah, tutorial ini cukup penting sehingga kami membaca semua tutorial yang diberikan di dalam game mobile tersebut. Tanpa membaca tutorial, kalian pasti akan kesulitan melakukan berbagai manuver yang ada di SAO Memory Defrag.

Seperti game MMORPG mobile lainnya, SAO Memory Defrag menggunakan tema brawler/beat-em-up standar. Tujuan utama setiap stage biasanya sama, yaitu kalahkan semua monster dan habisi bos yang menunggu di akhir setiap stage.

Setiap karakter memiliki skillnya sendiri-sendiri. Dan, bila kalian melakukan parry dengan benar, maka karakter kalian bisa melakukan tag attack yang bakal memberikan damage sangat besar. Parry ini merupakan gerakan dasar yang merupakan gabungan dari menahan jari di layar smartphone dan melakukan flick ke atas pada waktu yang tepat.

Progress utama game ini dijalani melalui berbagai stage yang menceritakan petualangan Kirito di SAO. Usai menyelesaikan quest, kalian akan dihadiahi beberapa item yang kualitasnya bergantung pada ranking kalian dan bonus objektif yang kalian selesaikan di stage tersebut. Salah satu drop item yang kalian dapatkan bisa digunakan untuk gacha. Jadi, silakan melambai pada dewa RNG di SAO Memory Defrag.

Yah, mau bagaimana lagi? Game-game smartphone buatan Jepang dan Korea sepertinya tidak bisa terpisahkan dengan sistem yang satu ini. Lucunya lagi, kalian bakal sering menemukan karakter SAO versi KW di gacha yang kalian dapatkan. Seperti misalnya, karakter wanita dengan senjata anggar dengan gerakan mirip Asuna. Dari gacha yang terpisah, kalian juga bisa mendapatkan equipment untuk karakter yang kalian miliki.

Kalian bisa memasangkan dua karakter lain di samping Kirito dalam party kalian. Anggota party tersebut dapat kalian gunakan secara bergantian di dalam stage. Terkadang, juga akan ada karakter lain yang ikut membantu kalian tergantung dari cerita dan quest yang berlangsung.

Selain leveling, terdapat juga equipment crafting atau upgrade untuk memperkuat karakter kalian. Saat karakter kalian mencapai level tertentu, kalian juga bisa meningkatkan berbagai status karaker lewat Ability Board, yang membutuhkan syarat berbeda untuk setiap karakter. Setiap karakter akan memiliki board unik mereka sendiri.

Kalian bisa menemui player lain. Jadi, bersiaplah untuk bertemu dengan banyak Kirito secara sekaligus. Saat bertemu karakter lain, kalian akan mengalami delay selama beberapa detik karena proses loading. Proses loading ini sering menyebabkan game mobile ini gagal load dan kembali ke menu utama. Memang cukup mengesalkan. Tetapi, selain keluhan ini, SAO Memory Defrag sangatlah menghibur dan wajib untuk dimainkan.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top