REVIEW

Switch the Box, Tantang Logikamu dengan Game Puzzle Berkarakter

Andy Chan   25 May 2018
Switch the Box, Tantang Logikamu dengan Game Puzzle Berkarakter

Switch the Box adalah sebuah game puzzle buatan BoxItSoft yang cukup menarik. Tujuan pemain adalah untuk menggunakan logika dalam menyusun kotak-kotak yang memiliki wajah itu agar bergabung dengan kotak lain yang berwarna sama. Setiap tiga atau lebih kotak berwarna sama bertemu, mereka pun akan bergabung menjadi satu dan meledak.

Untuk memanipulasi kotak-kotak yang dihadirkan di layar permainan, pemain hanya perlu menyentuh kotak yang diinginkan dan menyentuh lokasi di sebelahnya, baik kiri ataupun kanan untuk menggeser kotak tersebut ke arah kiri atau kanan. Apabila dibutuhkan, pemain juga bisa menggeser kotak-kotak tersebut ke arah atas atau bawah. Uniknya, kotak-kotak tersebut bisa saling bertukar dengan kotak di sebelahnya, jadi apabila pemain menggeser kotak berwarna biru ke sebelah kanan, di mana di bagian kanan sudah ada kotak berwarna kuning, mereka pun akan bertukar tempat.

Setiap stage biasanya pemain diberikan batasan langkah untuk menyelesaikan stage tersebut. Di sini lah logika pemain ditantang dengan cara menggeser kotak-kotak tersebut dalam batasan tertentu agar mendapatkan nilai PERFECT. Pemain harus bisa memeriksa apakah dengan cara menggeser salah satu kotak di tumpukan tersebut akan bisa menciptakan efek berantai yang mengakibatkan seluruh kotak yang hadir di layar saling menyatu dan akhirnya meledak semua.

Pemain bebas menyelesaikan puzzle-nya tanpa ada batasan waktu. Langkah yang disediakan pun bukan merupakan ketentuan atau batas, melainkan hanya berupa guideline saja mengenai total langkah yang terideal untuk menyesaikan puzzle-nya. Apabila pemain melewati batasan langkah yang disediakan, pemain tidak akan mendapatkan nilai PERFECT. Namun game over akibat pemain bertindak bodoh tetap ada, yakni dengan sengaja membuat jumlah kotak yang tersedia tidak cukup untuk menyelesaikan puzzle.

Tersedia lebih dari 100 macam puzzle dalam 5 macam skenario yang unik, ada Hutan, ada Kastil, ada Pulau Bajak Laut, bahkan ada Bulan dan juga lokasi Es. Setiap menyelesaikan sebuah stage akan membuka jalan untuk ke stage berikutnya, baik itu secara PERFECT atau pun secara kelar saja. Selain mode utamanya, Switch the Box juga memiliki mode Time Attack di mana pemain bisa menyelesaikan berbagai macam puzzle secara berkesinambungan sebelum waktu habis.

Dilihat sekilas, Switch the Box ini sebenarnya memiliki grafis yang luar biasa sederhana. Tidak ada animasi ledakan yang heboh, bahkan animasi menggeser kotak pun tampak membosankan. Meskipun begitu, lagu yang disediakan cukup variatif untuk masing-masing lokasi, dan para kotak pun memiliki animasi wajah yang tidak mengecewakan, apalagi ketika mereka akan meledak.

Uniknya, game free-to-play Switch the Box ini tidak menyediakan mikrotransaksi sama sekali. Tidak ada sistem hints untuk membantu pemain memecahkan puzzle, tidak ada uang untuk dikumpulkan, bahkan tidak ada sistem stamina / energi sama sekali yang mencegah pemain untuk terus bermain. Kedengarannya sempurna kan?

Tapi ternyata, Switch the Box bisa jadi adalah satu dari beberapa game free-to-play yang sangat intrusif dengan iklan-iklannya yang bertubi-tubi. Bahkan sebelum pemain bisa memulai permainan, disuguhi iklan terlebih dahulu. Setelah memainkan stage pun pemain akan dihajar dengan beberapa iklan sekaligus. Ini tidak bisa diterima!

Meskipun Switch the Box merupakan salah satu game puzzle yang cukup menarik untuk dimainkan, namun keberanian sang developernya BoxItSoft dalam menyuguhkan iklan SEBELUM game-nya masuk ke layar judul ini benar-benar keterlaluan. Secara pribadi, hal ini membuat semangat memainkan game ini sampai sirna sama sekali. Meskipun begitu, berhubung game-nya tidak butuh Internet, sangat disarankan untuk mematikan koneksi Internet untuk main game ini kalau tidak mau kesal setengah mati dengan iklan-iklan yang bertubi-tubi tersebut. Direkomendasikan? Ya, kalau Internetmu mati. Diwajibkan? Tidak, masih banyak game puzzle seperti ini yang lebih baik tanpa gangguan iklan.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top