REVIEW

Survival on Raft: Crafting in the Ocean, Bisakah Kalian Bertahan Hidup di Lautan Luas?

Andy Chan   08 Jul 2020
Survival on Raft: Crafting in the Ocean, Bisakah Kalian Bertahan Hidup di Lautan Luas?

Sebuah kecelakaan pesawat telah merenggut semua nyawa para penumpang dan krunya. Hanya ada satu jiwa yang selamat dari kecelakaan ini, kamu. Sekarang kamu sendirian di lautan luas, teriknya matahari, dan para hiu kelaparan siap menyantap dirimu. Inilah situasi yang sepertinya tidak ada harapan, dan satu-satunya cara untuk selamat adalah untuk melakukan crafting dari berbagai material yang berada di sekitarmu. Mari kita bertahan hidup dalam game Survival on Raft: Crafting in the Ocean!

Sebuah Game Survival Simulator yang Unik

Survival on Raft: Crafting in the Ocean adalah sebuah game simulasi bertahan hidup di atas sebuah rakit di tengah lautan luas yang ganas. Tujuan utama permainan adalah untuk bertahan hidup selama mungkin, dengan cara mengumpulkan material yang berserakan di laut, mendapatkan makanan, minuman, dan perhatikan jangan sampai ada hiu yang menyantap dirimu.

Crafting dan Bertahan Hidup

Pemain mengendalikan karakternya secara first-person view menggunakan layar sentuh. Pergerakan karakter dikendalikan menggunakan layar sentuh di sebelah kiri, sementara di layar sebelah kanan, ada beberapa tombol konteks yang memiliki berbagai fungsi, seperti beraksi, melakukan crafting, serta membuka inventory.

Quick Shortcut

Di bagian bawah layar, terdapat sederetan icon-icon yang bisa di-set untuk menjadi shortcut pada penggunaan item. Apa yang bisa di-set ke icon-icon ini tergantung dari kebutuhan pemain, misalnya memasang kait, tombak, atau makanan.

Siklus Bertahan Hidup

Untuk bertahan hidup, pemain harus makan dan minum. Di tengah lautan seperti ini, tentunya tidak ada air yang bisa diminum, jadi pemain harus menciptakan sendiri sebuah alat penyaringan air sederhana agar ada air yang bisa diminum. Sama halnya dengan makanan, pemain bisa memancing ikan lalu kemudian memasaknya dengan alat pembakaran ala kadarnya.

Mengumpulkan Material

Di lautan luas, ada banyak barang yang bertebaran, seperti peti kemas, gentong, kayu-kayu dan lain sebagainya. Pemain harus mengait barang-barang ini dan menariknya ke rakit mereka untuk diambil. Dengan material-material yang dikumpulkan ini, pemain akan bisa memperluas rakitnya dari rakit sederhana ala kadarnya, hingga menjadi sebuah rakit mewah yang memiliki segala macam hal yang bisa membuat kemungkinan bertahan hidupmu tinggi. Pemain juga tidak terkunci di atas rakit, mereka bisa dengan bebas berenang untuk memunguti material lho! Yang penting hati-hati jangan sampai diterkam hiu ketika sedang berenang.

Grafis Unity

Dibuat dengan Engine Unity, Survival on Raft: Crafting in the Ocean tampil secara tiga dimensi dengan cukup menarik. Memang kualitas model 3D nya boleh dibilang agak sederhana, namun kemampuan pemain untuk melakukan crafting berbagai macam hal, membuat permainan menjadi adiktif dan membuat penasaran. Sedikit hal yang mungkin tidak realistis adalah betapa kotornya lautan di game ini, sepertinya ini adalah akibat pesawat jatuh, namun saking banyaknya sampah tersebut, rasanya menjadi agak absurd.

Tidak Perlu Online

Survival on Raft: Crafting in the Ocean disajikan secara free-to-play oleh Megaplay Studios, di mana pemain bisa menikmati santainya hidup di atas rakit secara offline. Ada sedikit mikrotransaksi di game ini berupa pembelian mata uang premium, Pearl. Pemain akan bisa membeli ekspansi inventory serta berbagai macam material dengan menggunakan Pearl ini.

Akhir kata, kalau kalian suka game seperti Minecraft, namun butuh sesuatu yang lebih unik, mungkin Survival on Raft: Crafting in the Ocean ini patut dicoba.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top