REVIEW

Super Robot Wars DD, Hadirnya Super Robot Wars Bergaya Konsol di Mobile

Andy Chan   23 Aug 2019
Super Robot Wars DD, Hadirnya Super Robot Wars Bergaya Konsol di Mobile

Seri Super Robot Wars keluaran Bandai Namco yang dikembangkan oleh Banpresto memang masih tetap menarik untuk diikuti, di mana judul terbarunya Super Robot Wars T telah rilis tahun ini di PlayStation 4 dan Nintendo Switch. Dalam game ini, berbagai macam anime robot seperti Mazinger Z, Getter Robo, Mobile Suit Gundam, dan lainnya, bergabung dalam sebuah kisah unik yang dicampurkan menjadi satu yang seru. Sebenarnya seri Super Robot Wars ini sudah pernah hadir di mobile dengan judul Super Robot Wars X-Omega, namun sayangnya, game tersebut bergenre Line Defense, bukanlah seperti Super Robot Wars konsol yang bergenre turn-based strategy.

Super Robot Wars DD Bergaya Konsol

Bandai Namco pun kini telah merilis judul Super Robot Wars terbaru mereka di mobile dengan judul Super Robot Wars Dimension Drive yang disingkat Super Robot Wars DD. Dan kerennya, kali ini game-nya pun bergenre turn-based strategy seperti layaknya game Super Robot Wars klasik di konsol!

Antarmuka Layar Sentuh yang Modern

Super Robot Wars DD sedikit berbeda dengan versi konsolnya yang dikendalikan menggunakan gamepad. Pengendalian dalam game ini benar-benar disederhanakan, di mana pemain cukup menyentuh ke kotak mana mereka ingin menggerakkan sebuah unit, dan menyerang unit musuh yang mana dengan menyentuh mereka. Unit-unit di dalam game ini pun agak berbeda dengan versi konsol, karena ada penyederhanaan di mana satu unit hanya bisa menyerang dengan dua senjata saja. Satu senjata umum yang bisa digunakan kapan pun, dan satu senjata khusus yang bisa digunakan apabila persyaratan sudah dipenuhi, seperti sudah melewati beberapa turn atau sudah mencapai tingkatan Morale tertentu.

Akuisisi Unit dan Kustomisasi Persenjataan

Tidak seperti Super Robot Wars X-Omega yang menggunakan sistem gacha untuk mendapatkan unit-unit baru, alam Super Robot Wars DD, pemain bisa mendapatkan unit-unit baru hanya dengan menyelesaikan stage saja. Tapi, yang dijadikan Gacha oleh game ini adalah Unit parts, yang merupakan sistem kustomisasi unit. Sebagai contoh, apabila pemain memasang Unit Parts SSR di robot original yang diberikan gratis oleh game-nya, maka mereka akan mendapatkan persenjataan yang paling kuat, serta sebuah animasi pilot cut-in ketika menyerang.

Sayangnya, apabila pemain tidak memasang Unit Parts di sebuah Unit, maka unit tersebut hanya akan memiliki satu senjata saja. Untuk mendapatkan senjata keduanya, pemain harus memasang Unit Parts yang tepat, dengan kata lain, memasang senjata Z Gundam di Z Gundam itu sendiri. Tapi pemain bebas sih untuk memasang Unit Parts apa pun di unit mana pun, kekurangannya hanya tidak mendapatkan senjata kedua saja.

Buat Tim Robotmu Sendiri

Pemain hanya bisa mendirikan satu tim yang terdiri dari 4 unit saja untuk dimainkan di setiap stage. Keempat unit ini bisa merupakan unit milik sendiri, bisa juga menggunakan satu unit dari teman. Kedengarannya sangat sepi ya, hanya bisa membawa 4 unit saja, tapi memang stage-stage yang diberikan di game ini cukup singkat, dan apabila ada unit yang memang harus hadir di dalam stage tersebut, maka pemain bisa membawa unit yang lain di timnya agar ketika sedang berperang, unit yang ada di medan tempur lebih banyak.

Sistem Khusus Super Robot Wars DD

Masing-masing game Super Robot Wars memiliki sistem sendiri, dan game ini pun bukanlah pengecualian. Baru untuk Super Robot Wars DD adalah sistem Break Meter, di mana musuh akan memiliki kekebalan sampai Break Meter ini bisa dihancurkan. Selain itu, ada juga sistem Auto Play, sehingga pemain bisa menyuruh game ini berjalan sendiri tanpa input pemain. Tersedia juga sistem upgrade unit yang menggunakan Remodeling Parts, serta sistem upgrade senjata yang bisa memperkuat serangan.

Beranimasi Keren layaknya Game Konsol

Salah satu kelebihan Super Robot Wars DD dibandingkan Super Robot Wars X-Omega adalah keberadaan animasi serang yang dibuat persis seperti game konsolnya. Setiap pemain menyerang, mereka akan disuguhkan sebuah animasi serang dari robot yang bersangkutan, baik itu Black Getter melempar Tomahawk, atau Mazinger Z menembakkan Rocket Punch, semuanya dianimasikan dengan menawan, meskipun tidak semegah animasi versi konsolnya. Sayangnya, transisi antar musuh menyerang dan unit pemain menyerang sedikit terganggu dengan layar hitam, padahal di versi konsol, tidak ada layar loading singkat seperti itu.

Tanpa Lagu Theme Song Anime

Bagi kalian yang mengharapkan mendengar lagu opening Mazinger Z atau lagu "Heats" dari Shin Getter Robo Armageddon, terpaksa harus kecewa karena ternyata game ini tidak menggunakan OST aslinya, melainkan menggunakan lagu generik yang cenderung tidak seru. Harus diakui, ketidakhadiran lagu theme song anime tersebut membuat game-nya terasa tidak afdol. Tapi untunglah, masing-masing karakter tetap disuarakan dengan seiyuu aslinya.

Harus Online

Biasanya game Super Robot Wars tidak pernah mewajibkan pemainnya untuk online, namun berhubung Super Robot Wars DD adalah sebuah game free-to-play di mobile, sama seperti Super Robot Wars X-Omega, pemain wajib online untuk bisa memainkannya. Tidak ada sistem stamina / energi di sini, namun terdapat sebuah mata uang premium bernama D Crystals yang fungsinya adalah untuk melakukan continue atau membeli Gacha. D Crystal inilah yang dijadikan mikrotransaksi oleh game-nya.

Hanya Berbahasa Jepang

Satu lagi yang mungkin bisa jadi penghalang bagi para fans adalah bahasanya yang semuanya menggunakan bahasa Jepang. Untuk saat ini, game Super Robot Wars DD belum tersedia dalam bahasa Inggris, dan untuk meng-install-nya pun masih harus menggunakan jalan samping. Mudah-mudahan dalam waktu dekat akan hadir versi Asia yang berbahasa Inggris.

Jika dibandingkan dengan versi konsolnya, masih banyak kekurangan yang dimiliki oleh Super Robot Wars DD, apalagi di masa-masa awal seperti ini, server-nya pun masih sering melakukan maintenance sehingga kenikmatan bermain akan sering terganggu. Tapi jika dibandingkan dengan Super Robot Wars X-Omega yang boleh dibilang sudah agak basi, Super Robot Wars DD adalah suatu kesegaran tersendiri yang wajib dicoba oleh semua fans SRW, apalagi ini adalah debut Mobile Suit Gundam Iron Blooded Orphan serta Devilman di SRW lho!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top