REVIEW

SumiKen : Ink Samurai Run, Endless Runner ala Lukisan Sumi-e yang Artistik

Andy Chan   07 Nov 2019
SumiKen : Ink Samurai Run, Endless Runner ala Lukisan Sumi-e yang Artistik

Tujuh orang samurai, musuh yang tiada akhir. Bisakah mereka selamat dari serbuan musuh? Ikutlah pertempuran Sumi dan teman-teman samurainya menebas gerombolan musuh yang tiada akhir ini. Apakah kalian akan menjadi samurai legendaris? Atau musnah menjadi tinta yang pudar? Itulah sekilas mengenai SumiKen: Ink Samurai Run, sebuah game unik persembahan dari Sia Ding Shen.

Game Runner yang Bergaya Lukisan

SumiKen : Ink Samurai Run adalah sebuah game endless runner di mana pemain berperan sebagai seorang samurai yang menebas musuhnya menggunakan sebuah pedang katana. Game ini bertempo cepat dengan latar belakang pegunungan Jepang yang indah, digambarkan dalam artsyle bergaya lukisan tinta Sumi-e.

Mudah tapi Menantang

Cara mengendalikan sang samurai sebenarnya cukup mudah, karena Sumi akan selalu berlari ke arah kanan tanpa ada input apa-apa dari pemain. Untuk menebas ke depan, pemain cukup mengetuk layar di bagian kanan, sementara untuk melompat, cukup mengetuk layar di sebelah kiri. Ketika sedang melompat, ketuk layar sebelah kanan untuk menebas ke depan atau bisa juga mengetuk layar sebelah kiri untuk menebas ke bawah.

Tiga Jenis Musuh

Sepanjang larinya Sumi, dia akan berhadapan dengan tiga macam musuh, yaitu pendekar pedang, ninja, serta pasukan tombak. Masing-masing musuh memiliki trik tersendiri untuk dibunuh. Pendekar pedang cukup mudah, tinggal ditebas saja, sementara ninja akan melompat, sehingga pemain harus ikut melompat untuk membunuh mereka, dan terakhir, pasukan tombak akan menusuk pemain apabila dia tidak melompat, sehingga pemain harus melompat lalu menebas ke bawah untuk bisa membunuhnya.

Ink Mode

Selama pemain menebas musuh-musuh dan bambu yang ada di medan permainan, meteran Ink Bar yang berada di sebelah kiri akan pelan-pelan terisi. Begitu Ink Bar ini penuh, pemain bisa mengaktifkan Ink Mode dengan cara menyentuh di layar. Ketika Ink Mode aktif, sang samurai akan terbalut dalam putaran tinta yang mematikan, sehingga dirinya pun menjadi tidak terkalahkan dalam perang, sampai meteran Ink Bar tersebut habis dan mulai diisi lagi.

Cantik dalam Artwork bergaya Sumi-e

Sumi-e adalah seni kaligrafi Asia Timur di mana sang artis menggunakan sebuah tinta berwarna hitam di atas sebuah kanvas putih untuk menghasilkan gambar artistik. Gaya itulah yang digunakan dalam game SumiKen : Ink Samurai Run, sehingga medan permainan tampak cantik, bahkan ketujuh samurai yang bisa digunakan oleh pemain pun dianimasikan menggunakan gaya Sumi-e. Dengan dukungan lagu bergaya Jepang kuno yang otentik, hasilnya adalah sebuah game yang tampak seperti sebuah lukisan bergerak yang sangat artistik,

Offline Samurai

SumiKen : Ink Samurai Run disajikan secara free-to-play, dan pemain sama sekali tidak membutuhkan koneksi Internet untuk main game ini. Tidak ada sistem stamina / energi sama sekali, tetapi pemain bisa menonton sebuah iklan jika ingin melakukan continue. Mikrotransaksi tersedia bagi mereka yang ingin meng-unlock samurai baru lebih cepat, serta melipatgandakan uang dalam game agar bisa meng-upgrade skill tanpa grinding.

SumiKen : Ink Samurai Run sebenarnya game yang gampang-gampang susah. Pemain membutuhkan kecekatan, ketepatan, serta kejelian dalam bermain karena salah langkah sedikit saja akan membuat sang samurai tewas. Nah, jika kalian membutuhkan sebuah game endless runner artistik yang tidak ada duanya, SumiKen : Ink Samurai Run wajib dicoba!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top