REVIEW

Sulap Potongan Kayu jadi Benda Cantik dalam Woodturning

Andy Chan   17 Nov 2020
Sulap Potongan Kayu jadi Benda Cantik dalam Woodturning

Hasil karya dari kayu adalah seni tersendiri yang banyak diperjualbelikan di tanah air, baik itu membuat patung dari kayu, bidak catur, gilingan adonan roti, dan lain sebagainya. Bisakah kalian mencoba untuk membuat sendiri hasil karya yang terbuat dari kayu tersebut? Mari cari tahu caranya dengan memainkan game berjudul Woodturning ini!

Menjadi Tukang Kayu

Dalam game simulasi woodturning karya Voodoo ini, pemain berperan sebagai seorang tukang kayu yang akan dikunjungi oleh para konsumen yang ingin menciptakan benda spesifik. Tugas pemain adalah untuk mewujudkan pesanan mereka dengan memutar balok kayu menggunakan sebuah alat dan menyulapnya menjadi benda yang diinginkan.

Cara memotong Kayu

Cara bermainnya pun sangat mudah. Mula-mula pemain didatangi konsumen yang memesan sebuah benda, lalu pemain pun bisa langsung masuk ke proses pembuatan benda tersebut dari sebilah kayu.

Menggunakan Alat Potong

Kayu akan diputar-putar secara otomatis menggunakan sebuah mesin bubut, sehingga pemain tinggal menggunakan sebuah alat pahat untuk memotong kayu tersebut sesuai outline benda yang disediakan. Pengendalian alat pahat ini cukup mudah, tinggal digerakkan saja menggunakan layar sentuh mengikuti outline, dan jangan sampai kelebihan. Untuk presisi pahatan, pemain bisa memilih dari beberapa jenis alat pahat sesuai kebutuhan, ada yang lebar, ada yang tajam, dan lain sebagainya.

Penggunaan Spons

Setelah selesai dipahat, pemain pun bisa menggunakan sebuah spons untuk membersihkan hasil pahatannya. Sponsnya bisa diatur ukurannya sesuai dengan kebutuhan.

Sentuhan Akhir menggunakan Warna

Setelah pemain berhasil membersihkan benda yang dia buat, maka pengerjaan ini pun bisa masuk ke tahap akhirnya, yaitu pemberian warna menggunakan cat. Pemain cukup menyemprot benda tersebut menggunakan cat yang warnanya bisa dipilih sesuka hati. Dan kemudian menggunakan sebuah stencil untuk memberikan benda tersebut corak yang menarik.

Kepuasan Konsumen

Setelah benda pesanan selesai, pemain akan diberikan penilaian mengenai hasil karyanya. Yang dinilai adalah seberapa sama antara benda yang dibuatnya dengan bentuk yang diminta oleh konsumen. Lalu pemain akan diberikan bayaran atas jasa pembuatan pesanan konsumen tersebut.

Penggunaan Uang

Uang yang dikumpulkan oleh pemain, bisa digunakan untuk melakukan upgrade pada ruangan kerja serta mesin bubut yang digunakan untuk memutar-mutar kayu.

Demikianlah siklus permainan Woodturning yang memang boleh juga disebut sebagai proses grinding demi mendapatkan uang. Ya, persis seperti manusia yang sibuk kerja untuk mendapatkan uang.

Berbentuk 3D

Woodturning hadir dengan grafis 3D, meskipun mungkin model karakternya tidak secantik game-game kelas atas. Tapi yang menarik di sini adalah kemampuan pemain untuk membuat benda tiga dimensi dengan bentuk yang khas menggunakan mesin bubut dan pahat tersebut. Membuat bidak catur, pot kembang, dan lain sebagainya bisa diwujudkan di sini. Sedikit kustomisasi bisa dibeli oleh pemain untuk mendapatkan alat pahat baru atau spons model baru.

Wajib Dimainkan Offline

Woodturning adalah game gratisan yang wajib dimainkan secara offline. Ini dikarenakan pengembangnya adalah Voodoo yang sudah dikenal membombardir pemainnya menggunakan iklan, sehingga bisa jadi pemain lebih banyak menghabiskan waktu melihat iklan daripada main. Game-nya juga mengunci beberapa kustomisasi menggunakan iklan, seperti warna cat baru, dan satu-satunya mikrotransaksi dalam game ini adalah pembelian "No Ads" saja.

Woodtruning sangatlah mudah, sehingga bisa dibilang tidak ada kata game over dalam game ini, kecuali memang pemain dengan sengaja merusak hasil karyanya sendiri. Tapi game-nya sendiri agak monoton dan pada akhirnya, cepat membuat bosan.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top