REVIEW

Suka Retro Arcade Beat 'Em Up? PPKP Wajib Dicoba!

Andy Chan   11 Mar 2019
Suka Retro Arcade Beat 'Em Up? PPKP Wajib Dicoba!

Di suatu pagi yang cerah, mendadak kota diserang oleh Monster Corps dan menyebabkan kehancuran di seluruh pelosoknya. Sang jagoan yang tidur di pagi cerah tersebut pun terbangun menemukan rumahnya dan seluruh kota sudah porak-poranda. Ikutilah kisah sang jagoan mengalahkan para monster yang menguasai kota dan memperbaiki semua bangunan di kota tersebut satu per satu dalam sebuah game unik berjudul PPKP karya Toshihiro App.

PPKP? Apakah itu?

PPKP adalah sebuah game arcade beat'em up di mana pemain berperan sebagai seorang jagoan pembasmi monster. Judulnya memang agak aneh ya, "PPKP", namun apabila diperhatikan dari cara main game ini, terlihatlah bahwa PPKP sepertinya adalah singkatan dari Punch, Punch, Kick, Punch, alias sebuah kombo.

2 Tombol untuk Bertarung

Pemain bertarung melawan para monster di dalam PPKP dengan menggunakan dua tombol saja, satu tombol Punch, dan satu tombol Kick. Sang jagoan memiliki sejumlah energi setiap turn yang bisa digunakan untuk menyerang lawan menggunakan kombo. Sekali tekan tombol Punch atau Kick, energi pun berkurang satu, dan begitu energinya habis, giliran pun berpindah ke sang monster.

Bertahan dari Serangan dengan Timing yang Tepat

Ketika sang monster menyerang, pemain harus menebak apakah dia mau menyerang menggunakan pukulan atau tendangan. Begitu serangan hampir mengenai sang jagoan, sentuhlah tombol Punch atau Kick sesuai tipe serangan untuk bertahan. Timing di sini sangat penting, karena selain bisa menahan serangan secara efektif, apabila timing-nya tepat, maka sang jagoan bisa melakukan serangan counter.

Kombo untuk Melakukan Jurus Keren

Seiring berjalannya permainan, sang jagoan pun bisa mempelajari jurus-jurus keren yang bisa diaktifkan dengan melakukan sebuah kombo spesifik. Salah satu kombo yang didapatkan adalah PKPP di mana dengan menyerang monster menggunakan urutan Punch, Kick, Punch, Punch, akan menyebabkan sang jagoan mengeluarkan tinju cepat berkali-kali.

Sistem HP Pertarungan

Baik sang jagoan maupun monster memiliki meteran HP yang akan berkurang setiap kali mereka kena pukul. Habisi HP monster, dan sang jagoan pun bisa melangkah maju ke daerah berikutnya, sementara kalau HP sang jagoan habis, maka dia pun akan mental balik ke markasnya kembali. Untuk mengembalikan HP ini, pemain bisa meninggalkan game-nya agar sang jagoan istirahat, atau bisa juga dengan membeli makanan yang akan menambah HP serta experience di sebuah restoran.

Membangun Kota Kembali

Tidak hanya membasmi monster saja, pemain juga bertugas untuk membangun kembali seluruh kota yang sudah porak-poranda, dimulai dari rumahnya sendiri. Sang jagoan tinggal ke scrapyard untuk menghancurkan mobil untuk mendapatkan material yang bisa digunakan untuk memperbaiki bangunan-bangunan di kota.

Berbagai Fasilitas Unik

Setelah pemain berhasil membangun kembali lingkungan hidupnya, mereka pun bisa memanfaatkan layanan yang disediakan oleh fasilitas-fasilitas tersebut. Ada restoran yang menjual makanan penyembuh HP, ada Dojo yang mengajarkan jurus baru, ada laboratorium yang menjual power up, dan sebagainya.

Tampilan bergaya Retro

PPKP tampil dengan grafis bergaya retro, di mana semua karakternya dianimasikan menggunakan pixel art. Meskipun begitu, pertarungan dalam game ini terasa seru dan menyenangkan. Proses membangun kembali kota dari porak-poranda sampai kembali menjadi sebuah kota cantik pun sangatlah menarik.

Free-to-Play dengan Sistem Stamina

Game ini memang hadir secara free-to-play, namun pemain membutuhkan satu tangki bensin untuk bisa pergi bertarung melawan monster. Tangki bensin ini lah yang berfungsi sebagai sistem stamina, karena jumlahnya terbatas, hanya lima buah saja, dan begitu habis, pemain harus menunggu beberapa waktu sebelum bisa bertarung lagi. PPKP sendiri tidak perlu koneksi Internet, meskipun begitu, game-nya menyediakan mikrotransaksi untuk pemain membeli mata uang premium, Diamond, yang bisa digunakan untuk membeli karakter baru atau jurus sangat keren di dojo.

Tidak disangka PPKP yang tampil retro dan sederhana dan berukuran 93MB ini ternyata seru dan adiktif dengan jurus-jurus kerennya. Ayo bantu sang jagoan membasmi monster dan bangun kembali kota yang sudah hancur ini!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top