REVIEW

Suka Nge-Gym? Yuk, Coba Jalankan Bisnis Gym dalam Idle Fitness Gym Tycoon

Andy Chan   15 Nov 2019
Suka Nge-Gym? Yuk, Coba Jalankan Bisnis Gym dalam Idle Fitness Gym Tycoon

Nge-gym adalah aktivitas yang paling menyehatkan bagi kita yang sehari-hari jarang bergerak. Tapi harus diakui, kalau keanggotaan sebuah gym itu cukup mahal, dan kalau tidak dimanfaatkan dengan baik, akan terasa rugi. Apakah kalian ingin merasakan bagaimana menjalankan sebuah gym? Itulah yang ditawarkan oleh Codigame dalam gaem simulasi mereka, Idle Fitness Gym Tycoon.

Jadilah Fitness Tycoon!

Dalam Idle Fitness Gym Tycoon, pemain telah membuka sebuah gym dan dia harus menjalankan bisnis tersebut secara mendetail, mulai dari menambahan peralatan gym, membuat aktivitas lebih banyak, mengembangkan kelas Aerobik, hingga mengundang selebritis demi menambah prestise gym-nya.

Permainan yang Otomatis

Bagi yang pernah memainkan game idle, tentu tahu kalau game-nya sebagian besar akan berjalan secara otomatis. Para pengunjung gym akan datang ke pintu masuk, lalu pergi ke ruang loker dan kemudian masuk ke area olah raga untuk melakukan aktivitas gym mereka. Semua itu akan menghasilkan uang, di mana pemain bisa menggunakan uangnya untuk melakukan upgrade pada fasilitas-fasilitas yang ada atau menambahkan fasilitas baru. Bahkan pemain tidak perlu menyalakan game-nya, dan tinggal membukanya setiap beberapa saat sekali untuk melihat kemajuan dari gym miliknya.

Upgrade Gym

Semakin baik peralatan gym yang dimiliki oleh pemain, semakin tinggi pula nilai yang ditawarkannya. Oleh karena itu, pemain harus senantiasa meng-upgrade segala aspek dari gym-nya agar pendapatan yang masuk menjadi lebih tinggi. Mulai dari menambahkan loker agar pengunjung bisa lebih banyak masuk, hingga menambahkan jumlah peralatan gym agar bisa melayani lebih banyak pengunjung, semua tanggung jawab tersebut ada di tangan pemain.

Berbagai Macam Aktivitas Gym

Pada mulanya, gym milik pemain hanya memiliki satu aktivitas saja, yaitu sebuah treadmill. Namun begitu pemain berhasil mengumpulkan uang cukup, maka mereka akan mulai bisa membuka aktivitas-aktivitas baru, seperti Bench Press, Sepeda Olah Raga, Boxing, Angkat Beban, Martial Arts, hingga Spa. Setiap aktivitas bisa di-upgrade juga agar lebih efisien dan tentunya menghasilkan lebih banyak uang.

Renovasi Gym

Apabila kalian sudah sukses menjalankan Gym, disediakan sebuah fitur bernama Renovasi. Dengan melakukan renovasi ini, pemain akan membuka sebuah gym baru dan semua yang sudah dibangun akan kembali reset seperti awal lagi, tentunya dengan bonus penghasilan yang berlipatganda. Ya, ini adalah fitur "Prestise" seperti yang ada pada game-game idle lainnya. Bedanya, pemain hanya bisa melakukan renovasi dua kali saja, sekali untuk membuka Urban Gym, dan sekali lagi untuk membuka sebuah Gym Misterius.

Bergaya Semi Realistik

Uniknya, Idle Fitness Gym Tycoon tampil dengan grafik semi realistik. Tidak ada boneka lucu seperti pada Idle Supermarket Tycoon atau Idle Theme Park Tycoon yang tidak memiliki tangan dan kaki, kini mereka tampil seperti layaknya manusia. Gaya ini lebih masuk akal karena mereka tentunya harus memiliki animasi berolahraga menggunakan peralatan gym, jadi kalau hanya boneka bulat lucu saja akan terlihat aneh. Tentu saja, dengan tampilan isometrik, game ini masih tetap terlihat seperti kartun yang tetap menawan untuk dilihat.

Tetap Wajib Online

Seperti game-game idle Codigames lainnya Idle Fitness Gym Tycoon tetap mewajibkan pemainnya untuk main secara online. Game free-to-play ini akan mengeluh dan tidak mau jalan kalau pemain tidak tersambung ke Internet via WiFi atau mobile data. Ini agak mengurangi kenikmatan bermain karena loading di awal jadi terasa lama. Game-nya menyediakan mikrotransaksi untuk pembelian mata uang premium Gems, yang bisa digunakan untuk melakukan Epic Upgrade serta membeli uang in-game. Pemain juga bisa membeli seorang general manager bernama Dwayne Diesel yang akan menghasilkan uang secara pasif selama 10 jam setiap kali game-nya tidak dimainkan.

Sebenarnya Idle Fitness Gym Tycoon masih kurang lebih mirip dengan game-game Codigames lainnya, malah mirip sebuah reskin saja. Namun faktor tampilan yang kali ini menggunakan manusia sesungguhnya, serta tema gym dari game-nya, membuat permainan ini lebih menarik dari biasanya. Ingat, tidak ada istilah rugi dalam game seperti ini. Nah, jika kalian adalah gym-nut, pastikan kalian coba Idle Fitness Gym Tycoon.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top