REVIEW

Stress? Ini Game Menyenangkan untuk Menghilangkannya, Fish Out of Water!

Andy Chan   13 Apr 2018
Stress? Ini Game Menyenangkan untuk Menghilangkannya, Fish Out of Water!

Kesibukan sehari-hari seringkali membuatmu menjadi stress, namun jangan sampai stress tersebut membuatmu menjadi gila. Kini hadir sebuah game penghilang stress yang sangat menyenangkan yang berjudul Fish Out Of Water! Game ini adalah game yang benar-benar baru dari Halfbrick Studios, yang dikenal dengan game tenar mereka Fruit Ninja serta Jetpack Joyride.

Fish Out Of Water! mengisahkan mengenai enam ekor ikan penuh semangat, Errol, Finlay, Micro, Rocket, The Brothers, serta Olympus. Mereka gemar sekali terbang di angkasa untuk kemudian memantul-mantul dari permukaan air. Nah, agar mereka bisa terbang setinggi dan sejauh mungkin itulah, bantuan dari pemain dibutuhkan.

Pemain hanya perlu mengangkat salah satu dari enam ikan yang tersedia dengan cara menyentuh dan melakukan drag. Kemudian untuk melemparnya, pemain hanya perlu melakukan swipe ke arah kanan, dan kemudian sang ikan pun akan terlempar dan memantul-mantul sampai kecepatan mereka habis dan mereka pun kembali berenang di dalam air. Lakukan ini tiga kali dengan tiga ekor ikan yang berbeda, kemudian di penghujung lemparan, akan ada sekelompok kepiting yang bertindak sebagai juri dan siap memberikan nilai kepada hasil lemparanmu tersebut. Gampang dan asyik, bukan?

Tapi jangan kira melempar sembarangan bisa memberikanmu nilai yang tinggi. Masing-masing ikan memiliki berat, ukuran, dan kemampuan yang berbeda-beda. Micro, misalnya, adalah iklan terbesar yang ada di kawanan tersebut, dan pemain mungkin harus melemparnya jauh lebih tinggi dibandingkan yang lain. The Brothers lebih unik lagi, karena dia sebenarnya adalah gabungan dari empat ekor ikan kembar, dan ketika dilempar, dia pun akan pecah menjadi empat ekor ikan. Ada lagi Finlay sang lumba-lumba yang bisa berenang naik turun permukaan air, dan sebagainya. Pemain juga harus memperhatikan cuaca, karena ada efeknya terhadap lemparan juga.

Selain masing-masing ikan memiliki keahlian yang unik, ternyata masing-masing kepiting yang bertindak sebagai juri pun memiliki selera yang berbeda. Distance Dorothy misalnya, dia sangat senang lemparan yang benar-benar jauh, sementara Skippy Steve paling suka melihat ikan memantul-mantul dari permukaan air, dan berbagai sifat unik lainnya.

Untuk membantu pemain dalam melempar ikan, terdapat Crystal yang bisa digabungkan untuk mendapatkan efek khusus. Dengan cara menggabungkan crystal besar dan crystal kecil membentuk sebuah ikan, maka akan hadirlah efek seperti menambah jumlah pantulan, menambah jarak tempuh ikan, atau bahkan menambah skor akhir. Selain itu, crystal juga bisa digunakan untuk mendapatkan kostum ikan yang unik.

Ada semacam sistem challenge di mana pemain menyelesaikan tiga buah quest dan kemudian naik level. Quest ini sifatnya kumulatif, kecuali ada yang meminta "Lempar Micro 180m dalam satu lemparan" atau sejenisnya. Setiap pemani naik level, dia pun akan mendaptatkan sejumlah crystal. Namun sayangnya, kadang quest ini ada yang sangat sulit untuk dilewati.

Uniknya, Fish Out of Water! ini ternyata memiliki grafis yang imut dan menawan. Masing-masing ikan baik Errol, Finlay, Micro, Rocket, The Brothers, serta Olympus memiliki tampilan yang unik, seperti Micro yang gendut sekali, The Brothers yang kecil, dan lainnya. Medan permainan di atas laut ini pun memiliki variasi tergantung dari cuaca dan waktu yang sedang dilewati. Jadi ada masa siang, ada masa malam juga yang terlihat cantik, diiringi dengan nuansa efek suara ambiens laut yang khas. Terkadang malah melihat keenam ikan ini berkeliaran di ujung pulau juga cukup menghibur hati.

Yang paling asyiknya, Fish Out of Water! ternyata bisa dimainkan secara free-to-play tanpa perlu koneksi Internet, tidak ada gangguan iklan, serta tidak ada sistem stamina / energi. Meskipun begitu, apabila pemain menyalakan Internet, maka dia pun bisa ikut sebuah liga untuk mengadu skor dengan pemain lain. Mikrotransaksi disediakan untuk pemain membeli crystal serta untuk meng-unlock kostum-kostum untuk ikan, meskipun kostum sendiri bisa diunlock dengan cara membelinya menggunakan crystal.

Sebagai game penghilang stress, Fish Out of Water! tidak diragukan lagi kemampuannya. Game yang berukuran hanya 70MB ini cukup pantas berada di jejeran game-game mobile yang menarik, dan dengan sistem yang tidak intrusif, sangat cocok untuk dimainkan kapan pun, di mana pun kamu berada. Apakah kamu senang lempar-lempar ikan? Mainkan Fish Out of Water sekarang juga!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top